Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu teori tentang masuknya Islam di Indonesia menyatakan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat yang dapat dibuktikan dengan keberadaan batu nisan makam Sultan Malik Al Saleh. SEBAB Islam yang diajarkan para wali memiliki kesamaan dengan yang ada di India.

Salah satu teori tentang masuknya Islam di Indonesia menyatakan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Gujarat yang dapat dibuktikan dengan keberadaan batu nisan makam Sultan Malik Al Saleh.

SEBAB

Islam yang diajarkan para wali memiliki kesamaan dengan yang ada di India.

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat

  3. jika pernyataan benar, alasan salah

  4. jika pernyataan salah, alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena salah satu teori masuknya Islam adalah berasal dari Gujarat.Menurut teori ini, Islam masuk ke Nusantara sekitar abad ke-13 dan dibawa oleh para pedagang Gujarat. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan batu nisan makam Sultan Malik Al-Saleh (Sultan Samudra Pasai) yang bercorak Gujarat, India. Teori ini didukung oleh Snouck Hurgronje, W.F. Sutterheim, dan B.H.M. Vlekke. Alasan salah karena Islam yang disebarkan oleh para wali bukan berasal dari Gujarat.. Islam di Indonesia kemungkinan besar berasal dari Mekkah yang bermahzab Syafi’i. Wali berasal dari bahasa Arab yang berarti orang-orang yang mencintai dan dicintai Allah. Wali memiliki peran besar dalam penyebaran Islam di Indonesia. Menurut Babad Tjerbon , dikatakan bahwa Sunan Gunung Jati adalah ahli sunni. Seperti yang kita ketahui ahli sunnah wal jama’ah di Indonesia bermahzab Syafi’i. Hingga saat ini seperti yang sudah diketahui sebagian masyarakat Indonesia menganut mahzab Syafi’i. Berdasarkan penjelasan ini berarti pernyataan benar sedangkan alasan salah.

Pernyataan benar karena salah satu teori masuknya Islam adalah berasal dari Gujarat. Menurut teori ini, Islam masuk ke Nusantara  sekitar abad ke-13 dan dibawa oleh para pedagang Gujarat. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan batu nisan makam Sultan Malik Al-Saleh (Sultan Samudra Pasai) yang bercorak Gujarat, India. Teori ini didukung oleh Snouck Hurgronje, W.F. Sutterheim, dan B.H.M. Vlekke.

Alasan salah karena Islam yang disebarkan oleh para wali bukan berasal dari Gujarat.. Islam di Indonesia kemungkinan besar berasal dari Mekkah yang bermahzab Syafi’i. Wali berasal dari bahasa Arab yang berarti orang-orang yang mencintai dan dicintai Allah. Wali memiliki peran besar dalam penyebaran Islam di Indonesia. Menurut Babad Tjerbon, dikatakan bahwa Sunan Gunung Jati adalah ahli sunni. Seperti yang kita ketahui ahli sunnah wal jama’ah di Indonesia bermahzab Syafi’i. Hingga saat ini seperti yang sudah diketahui sebagian masyarakat Indonesia menganut mahzab Syafi’i.

Berdasarkan penjelasan ini berarti pernyataan benar sedangkan alasan salah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Faryz

Makasih ❤️ Mudah dimengerti Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Bantu banget

Dimas Hp

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Jawa karena bisa beradaptasi dengan budaya lokal. SEBAB Para wali menggunakan kesenian lokal sebagai media penyebaran Islam di tanah Jawa. (SBMPTN 2...

30

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia