Roboguru

Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang mer...

Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang merupakan proses penafsiran fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut sehingga menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal, disebut..

Jawaban:

Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yaitu interpretasi. Pengertian interpretasi sendiri adalah seni menjelaskan untuk memberikan gambaran pada suatu hal. Interpretasi adalah bentuk penafsiran dalam proses komunikasi. Interpretasi bisa dilakukan secara lisan, tulisan, dan gerakan. Menurut pernyataan para ahli, interpretasi bukan hanya berkaitan dengan logika. Interpretasi berkaitan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan bidang salah satunya sejarah. Interpretasi memiliki tujuan untuk memahamkan lawan bicara, agar bisa berpikir dan tergugah untuk melakukan atau memahami sesuatu. 
Interpretasi dilakukan untuk meningkatkan pemahaman. Kata interpretasi ditafsirkan untuk menjelaskan mengenai suatu objek yang masih belum jelas. Hingga interpretasi membantu dalam meminimalisir ketidaksesuaian arti dan makna sesuatu. Selain itu juga untuk mendorong penggunaan sebuah data. Dalam melakukan interpretasi, analisis dilakukan untuk memberikan penjelasan. Analisis hanya bisa dilakukan bila data bisa ditemukan dan digunakan dengan benar. Interpretasi adalah mampu mendorong sebuah penjelasan logis karena basisnya data. Dan membantu meminimalisir salah tafsir sesuatu. Hal ini selaras dengan makna interpretasi yang merupakan seni menjelaskan, menggambarkan, dan menjelaskan sesuatu.

Dengan demikian, salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang merupakan proses penafsiran fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut sehingga menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal disebut interpretasi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved