Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu sumber asing yang berasal dari Arab memuat informasi mengenai Kepulauan Indonesia. Sumber tersebut menyebutkan tentang ...

Salah satu sumber asing yang berasal dari Arab memuat informasi mengenai Kepulauan Indonesia. Sumber tersebut menyebutkan tentang ...

  1. Keberadaan Kerajaan Zabaq atau Sribuza atau Sriwijaya

  2. Penyerangan pasukan Jawa kepada saudagar-saudagar Arab

  3. Catatan perjalanan saudagar Arab di daerah Pantai Barat Sumatera

  4. Kesan saudagar Arab terhadap bandar-bandar dagang kuno di Sumatera

  5. Keberadaan jalur lalu lintas perdagangan kuno yang dikuasai Kerajaan Jawa

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah A.

opsi jawaban benar adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pada Masa Hindu Buddha di Nusantara, pernah berdiri suatu kerajaan maritim besar bercorak Buddha bahkan menjadi salah satu pusat penyebaran agama Buddha, yaitu Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan sriwijayadiperkirakan berdiri pada abad ke-7 masehi dan runtuh pada abad ke-15 masehi. Kerajaan ini terletak di sekitar Kota Palembang sekarang. Letaknya yang strategis sebagai bagian dari aktivitas perdagangan menjadikan kerajaan ini sebagai salah satu kerajaan yang berbasis pada ekonomi perdagangan. Adapun bukti pendirikan kerajaan ini, bersumber dari catatan tertulis berupa prasasti baik dalam ataupun luar negeri, dan berbagai berita (informasi) asing. Salah satu sumber berita yang menyebutkan bahwa telah ada kerajaan Sriwijayaadalah berita dari Arab yangditulis oleh tokoh bernama Al Beruni dan Hordadheh. Dalam sumber tersebut berisi mengenaikemakmuran kerajaan Sriwijaya "Zabag". Lebih lanjut dikatakan, bahwa Kerajaan Zabag mampu menghasilkan emas yang sangat banyak setiap tahunnya. Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Pada Masa Hindu Buddha di Nusantara, pernah berdiri suatu kerajaan maritim besar bercorak Buddha bahkan menjadi salah satu pusat penyebaran agama Buddha, yaitu Kerajaan Sriwijaya.  Kerajaan sriwijaya diperkirakan berdiri pada abad ke-7 masehi dan runtuh pada abad ke-15 masehi. Kerajaan ini terletak di sekitar Kota Palembang sekarang. Letaknya yang strategis sebagai bagian dari aktivitas perdagangan menjadikan kerajaan ini sebagai salah satu kerajaan yang berbasis pada ekonomi perdagangan. 

Adapun bukti pendirikan kerajaan ini, bersumber dari catatan tertulis berupa prasasti baik dalam ataupun luar negeri, dan berbagai berita (informasi) asing. Salah satu sumber berita yang menyebutkan bahwa telah ada kerajaan Sriwijaya adalah berita dari Arab yang ditulis oleh tokoh bernama Al Beruni dan Hordadheh. Dalam sumber tersebut berisi mengenai kemakmuran kerajaan Sriwijaya "Zabag". Lebih lanjut dikatakan, bahwa Kerajaan Zabag mampu menghasilkan emas yang sangat banyak setiap tahunnya. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

49

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur-unsur apa saja yang harus dikuasai, agar sebuah kerajaan mampu menjadi kerajaan maritim?

9

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia