Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu persebaran Islam melalui kebudayaan, adalah ...

Salah satu persebaran Islam melalui kebudayaan, adalah ...

  1. Pernikahan

  2. Pagelaran wayang

  3. Perdagangan

  4. Mendirikan masjid

  5. Pendidikan pesantren

Iklan

D. Setiadi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah B.

opsi jawaban benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pada masa sekarang Indonesia dikenal dengan negeri penganut Islam terbanyak di dunia. Islam sebagai agama dan kebudayaan di Indonesia sejatinya menampilkan wajah yang damai, sejuk dan unik, dalam arti kebudayaan Islam ditampilkan dengan ragam percampuran dengan kebudayaan pra Islam, sehingga banyak peninggalan kebudayaan Islam seperti masjid yang memberikan nuansa akulturasi dengan kebudayaan lain seperti kepercayaan animisme, dinamisme, Hindu dan Buddha. Hal tersebut dipahami, sebab dalam proses penyebaran Islam ke Nusantara, sejatinya dilakukan dengan pendekatan-pendekatan kebudayaan dan sosial masyarakat, terutama sebagaimana diterapkan oleh para Wali Songo. Adapun di antara saluran penyebaran Islam tersebut: (1) perdagangan, yakni melalui interaksi para pedagang, (2) pendidikan, yakni pendirian pesantren sebagaimana didirikannya pesantren Ampel Denta di Surabaya oleh Sunan Ampel, (3) Kesenian, yakni menggunakan media kesenian seperti tembang, pagelaran wayang yang diubah lakon dan ceritanya menyesuaikan ajaran Islam. Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

Pada masa sekarang Indonesia dikenal dengan negeri penganut Islam terbanyak di dunia. Islam sebagai agama dan kebudayaan di Indonesia sejatinya menampilkan wajah yang damai, sejuk dan unik, dalam arti kebudayaan Islam ditampilkan dengan ragam percampuran dengan kebudayaan pra Islam, sehingga banyak peninggalan kebudayaan Islam seperti masjid yang memberikan nuansa akulturasi dengan kebudayaan lain seperti kepercayaan animisme, dinamisme, Hindu dan Buddha.
Hal tersebut dipahami, sebab dalam proses penyebaran Islam ke Nusantara, sejatinya dilakukan dengan pendekatan-pendekatan kebudayaan dan sosial masyarakat, terutama sebagaimana diterapkan oleh para Wali Songo.
Adapun di antara saluran penyebaran Islam tersebut: (1) perdagangan, yakni melalui interaksi para pedagang, (2) pendidikan, yakni pendirian pesantren sebagaimana didirikannya pesantren Ampel Denta di Surabaya oleh Sunan Ampel, (3) Kesenian, yakni menggunakan media kesenian seperti tembang, pagelaran wayang yang diubah lakon dan ceritanya menyesuaikan ajaran Islam. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

Latihan Bab

Kerajaan Maritim Islam

Pengaruh Kerajaan Maritim Islam

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ketika agama Islam berkembangdi Indonesia, pertunjukan wayanglebih ditekankan pada ....

22rb+

4.4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia