Roboguru

Salah satu perbedaan masyarakat Hindu dengan bangsa lain adalah ...

Pertanyaan

Salah satu perbedaan masyarakat Hindu dengan bangsa lain adalah ...

  1. Sistem pemerintahan demokrasi

  2. Sistem kepercayaan yang monotheisme

  3. Adanya sistem kasta

  4. Sifat kesombongan bangsanya

  5. Pengakuan atas kekuasaan dewa

Pembahasan Soal:

Agama dan kebudayaan Hindu lahir pertama kali di India sekitar tahun 1500 SM. Dalam perkembangannya, terjadi percampuran (asimilasi) antara Arya dan Dravida. Percampuran budaya itu melahirkan kebudayaan Weda. Kebudayaan inilah yang melahirkan agama dan kebudayaan Hindu atau Hinduisme. Daerah perkembangan pertamanya di lembah Sungai Gangga yang kemudian disebut Aryawarta (negeri orang Aria) atau Hindustan (tanah milik orang Hindu). Dalam sistem masyarakat kebudayaan India yang membedakan dengan bangsa lainnya, yakni terdapat sistem kasta. Sistem kasta ini pada awalnya merupakan usaha bangsa Arya untuk tidak bercampur dengan bangsa Dravida yang merupakan penduduk asli India. Mereka menyebut bangsa Dravida anasah, artinya tidak berhidung atau berhidung pesek dan dasa yang berarti raksasa. Untuk memelihara kemurnian keturunannya, diadakan sistem pelapisan (kasta) yang dikatakannya bersumber pada ajaran agama. Selain itu, sistem kasta ini dilakukan untuk mempertahankan kekuasaan bangsa Arya di tengah kehidupan masyarakat. Sistem kasta didasarkan pada kedudukan, hak dan kewajiban seseorang dalam masyarakat. Pembagian golongan atau tingkatan dalam masyarakat Hindu terdiri dari empat kasta atau caturwarna, yakni.

  1. Brahmana (pendeta), bertugas dalam kehidupan keagamaan.
  2. Ksatria (raja, bangsawan dan prajurit), berkewajiban menjalankan pemerintahan termasuk mempertahankan negara.
  3. Waisya (pedagang, petani, dan peternak), dan Sudra (pekerja-pekerja kasar dan budak). Kasta Brahmana, Kastria, Waisya terdiri dari orang-orang Arya.
  4. Kasta Sudra terdiri dari orang-orang Dravida. Selain keempat kasta di atas, ada lagi kasta Paria/Candala atau Panchama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Analisislah kehidupan sosial masyarakat pada masa Kerajaan Hindu!

Pembahasan Soal:

Berkembangnya agama Hindu-Budha tentu membawa pengaruh diberbagai bidang. Salah satunya adalah dalam kehidupan sosial, pengaruh kebudayaan Hindu yang nyata adalah dikenalnya sistem pelapisan sosial di dalam masyarakat yang disebut kasta. Sistem kasta dibentuk berdasarkan pada pendudukan, hak dan kewajiban seseorang dalam masyarakat. Pembagian golongan menyebabkan masyarakat Hindu terbagi dalam empat kasta/golongan yang sering disebut catur warna. Kasta sendiri berasal dari bahasa Spanyol dan Portugis yaitu casta yang berarti pembagian dalam masyarakat. Dalam agama Hindu kasta merupakan pembagian tingkatan ataupun sekat yang membagi masyarakat kedalam empat sekat yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Tujuan dari sistem kasta yaitu agar menjaga kemurnian ras Arya yang dianggap paling baik dibandingkan dengan ras Dravida. Adapun jenis-jenis kasta/penggolongannya adalah.

  • Brahmana merupakan seorang tokoh pemuka agama atau disebut pendeta. Kaum Brahmana merupakan Kaum teratas pada masa kerajaan Hindu. Brahmana sendiri adalah golongan paling di hormati di kerajaan dan biasanya dijadikan penasehat raja. Kelebihan kaum brahmana juga dalam hal menghindukan seseorang dan orang yang berhak mendoakan dalam agama Hindu. Ranah dari kasta Brahmana adalah ranah agama.
  • Ksatria merupakan orang – orang dari golongan ningrat atau dari struktur kerajaan dan prajurit. Golongan ksatria memegang jalannya pemerintahan di agama hindu.
  • Waisya merupakan golongan masyarakat yang bermata pencaharian pedagang, petani serta pengusaha. Tugas dari waisya sendiri menyediakan perbekalan untuk semua golongan.
  • Sudra merupakan kasta paling bawah dalam tatanan kasta di agama Hindu. Kasta sudra sendiri terdiri dari rakyat jelata dan pekerja kasar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sistem dalam agama Hindu yang mengelompokkan orang-orang sesuai dengan tingkatan sosialnya dikenal dengan istilah ....

Pembahasan Soal:

Sistem kasta adalah suatu sistem di mana terdapat pengelompokan orang-orang sesuai dengan derajat atau tingkatan dalam masyarakat. adapun sistem sosial masyarakat dalam Agama Hindu dibedakan dalam empat kasta yang berbeda. Kasta tersebut diantaranya adalah:

  1. Kasta Brahmana, yaitu orang yang mengabdikan dirinya dalam urusan agama yaitu seorang pendeta. Seorang Brahmana adalah yang paling di hormati di kalangan masyarakat.
  2. Kasta Ksatria, yaitu para kepala dan anggota lembaga pemerintahan. Termasuk juga didalamnya adalah para golongan ningrat dan juga prajurit. 
  3. Kasta Waisya, yaitu orang yang telah memiliki pekerjaan dan harta benda sendiri misalnya petani, nelayan, pedagang, dan lain-lain.
  4. Kasta Sudra, berasal dari bangsa Dravida, mereka menjadi pelayan bagi ketiga kasta di atasnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Yang tidak termasuk karakteristik dari agama Hindu adalah ...

Pembahasan Soal:

Agama Hindu merupakan agama yang berkembang sekitar 2.300 sampai dengan 1.500 tahun sebelum maseh di India. Agama ini memiliki karakteristik khusus, yaitu:

  • Memuliakan Trimurti (Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa).
  • Mengenal sistem kasta (Kasta Brahmana, Kasta Ksatria, Kasta Waisya, dan Kasta Sudra).
  • Mengenal reinkarnasi atau kelahiran kembali.
  • Mengenal hukum karma atau sebab akibat.
  • Bersumber pada kitab suci Weda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Tradisi kasta pada masyarakat Hindu di India, pada awal mulanya ditujukan untuk ...

Pembahasan Soal:

Sistem kepercayaan Hindu lahir sebagai pengintegrasian antara kebudayaan Arya sebagai pendatang ke Peradaban India, terutama di Kota Mohenjodaro Harappa, pada sekitar 1.500 SM, melalui Celah Khyber. Pada awalnya, bangsa yang menetap adalah bangsa Dravida dengan kebudayaan Dravida dalam membangun peradabannya. Setelah bangsa Arya memasuki Kota Mohenjodaro Harappa dan menyingkirkan bangsa Dravida, terjadilah proses pengintegrasian, yaitu pencampuran antara kebudayaan Dravida dan kebudayaan Arya yang menghasilkan sistem kepercayaan Hindu.

Secara fisik, bangsa Arya memiliki tubuh tinggi, warna kulit putih dengan hidung mancung. Sementara bangsa Dravida memiliki warna kulit hitam dan hidung pesek. Perbedaan ciri-ciri ini dengan dominasi bangsa Arya membuat sistem kasta atau dibaginya golongan dalam masyarakat berdasarkan kriteria tertentu, dalam istilah lain dikenal caturwarna. Hal ini  dimaksudkan untuk menjaga kemurnian bangsa Arya sekaligus mempertahankan kekuasaan Arya di tengah kehidupan masyarakat. 

Jadi, jawaban benar adalah C.

0

Roboguru

Salah satu perbedaan masyarakat Hindu dengan bangsa lain adalah ...

Pembahasan Soal:

Kepercayaan Hindu, yang lahir bersamaan dengan datangnya bangsa Arya ke Lembah Sungai Indus pada sekitar tahun 1.500 SM. Kepercayaan Hindu lahir setelah terjadinya percampuran kebudayaan dengan bangsa setempat, yakni Dravida. Seiring dengan perkembangannya kemudian, kepercayaan yang pada awalnya ditujukan bagi bangsa Arya tersebut menyebar ke seluruh dunia sebagai akibat dari salah satunya adalah aktivitas perdagangan laut. Hal ini mengakibatkan Agama Hindu menjadi salah satu agama terbesar di dunia. 

Agama Hindu memiliki keunikannya tersendiri yang membedakannya dengan agama lain. Salah satunya adalah  keyakinan terhadap dewa yang diakuinya, yaitu meskipun bersifat politeisme tetapi berwujud pada tiga dewa utama (henoteisme) dengan Dewa Brahma sebagai pencipta, Siwa sebagai perusak, dan Wisnu sebagai pelindung. Selain itu, ciri lain yang melekat pada umat Hindu adalah dikenalnya sistem caturwarna, yakni pembagian masyarakat berdasarkan bakat (guna) dan keterampilan (karma), sehingga dalam umat Hindu dikenal pembagian yang mencakup:

  • golongan brahmana, yang bertugas mengenai hal-hal kerohanian,
  • golongan ksatria, yang bersifat pertahanan dan kepemimpinan
  • golongan waisya, yang bersifat kesejahteraan dan perekonomian, dan
  • golongan sudra, yang bersifat ketenagakerjaan dan pelayanan. 

Dengan begitu, opsi jawaban benar adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved