Roboguru

Salah satu penerapan bioteknologi dibidang kedokteran adalah pembuatan antibiotik. Mikroorganisme berikut yang dimanfaatkan sebagai penghasil antibiotik adalah ....

Pertanyaan

Salah satu penerapan bioteknologi dibidang kedokteran adalah pembuatan antibiotik. Mikroorganisme berikut yang dimanfaatkan sebagai penghasil antibiotik adalah ....undefined 

  1. Penicillium chrysogenum, Penicillium notatum, dan Fusarium graminearumundefined 

  2. Cephalosporium sp., Streptomyces griseus, dan Penicillium chrysogenumundefined 

  3. Streptomyces griseus, Candida utilis, dan Fusarium graminearumundefined 

  4. Fusarium graminearum, Cephalosparium sp., dan Candida utilisundefined 

  5. Candida utilis, Penicillium notatum, dan Streptomyces griseusundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan organisme atau bagian-bagian organisme untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Aplikasi bioteknologi terdapat dalam berbagai bidang seperti bidang pangan, bidang pertanian, bidang pertambangan, bidang lingkungan, dan bidang kedokteran dan farmasi.

Salah satu aplikasi dalam bidang kedokteran dan farmasi adalah pembuatan antibiotik. Antibiotik adalah senyawa yang dihasilkan bakteri atau jamur yang membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Contoh jamur dan bakteri yang dapat menghasilkan antibiotik diantaranya :

  • Penicillium chrysogenum adalah jamur yang dapat menghasilkan penisilin. Penisilin berfungsi untuk kondisi yang terkena infeksi bakteri seperti infeksi meningitis, faringitis, dan pencegahan endokarditis. Antibiotik ini juga baik digunakan untuk penederita gangguan ginjal disertai dengan anjuran dan pengawasan dokter
  • Streptomyces griseus adalah bakteri yang dapat menghasilkan antibiotik streptomisin. Streptomisin adalah obat golongan antibiotik aminoglikosida yang berfungsi untuk mengatasi sejumlah infeksi bakteri, salah satunya tuberkulosis. Obat ini bekerja dengan membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.
  • Cephalosparium sp., adalah jamur yang dapat menghasilkan antibiotik kloramfenikol. Kloramfenikol berfungsi untuk menghambat sintesis protein agar bakteri tidak berkembang biak. Obat ini bisa digunakan untuk menyembuhkan demam tifus dan infeksi pada mata dan telinga.

Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa mikroorganisme yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil antibiotik adalah Cephalosporium sp., Streptomyces griseus, dan Penicillium chrysogenumspace

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Dwi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan pemanfaatan bioteknologi dalam bidang farmasi!

0

Roboguru

Menurutmu apa yang akan timbul pada tatanan masyarakat jika bioteknologi berhasil mengkloning manusia dengan sifat-sifat yang dikehendaki? Jelaskan jawabanmu!

0

Roboguru

Sebutkan 3 aplikasi Bioteknologi dalam bidang kesehatan!

0

Roboguru

Penerapan bioteknologi teknik bayi tabung dapat disalahgunakan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab terhadap moralitas kemanusiaan. Jelaskan dampak negatifnya.

0

Roboguru

Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena . . . .

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved