Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu kondisi fisik geografis yang memengaruhi kebudayaan di Indonesia, yaitu iklim. Deskripsikan pengaruh iklim terhadap kegiatan pertanian masyarakat di Indonesia!

Salah satu kondisi fisik geografis yang memengaruhi kebudayaan di Indonesia, yaitu iklim. Deskripsikan pengaruh iklim terhadap kegiatan pertanian masyarakat di Indonesia! 

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Iklim adalah kondisi cuaca di wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama. Iklim sangat penting dan berpengaruh besar terhadpa kehidupan manusia. Indonesia dikenal memiliki tiga macam iklim, yaitu iklim musim, iklim tropis, dan iklim laut. Iklim musim adalah iklim yang dipengaruhi oleh angin musin pada periode tertentu. Iklim tropis adalah iklim yang terjadi pada zona tropis dan mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun. Iklim laut adalah iklim yang terjadi karena wilayah dikelilingi oleh laut sehingga proses penguapan air banyak dan berdampak pada curah hujan tinggi. Ketiga iklim tersebut membuat Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Pada kedua musim tersebut, Indonesia tetap mendapat sinarmatahari sepanjang tahun. Penyinaran matahari ini sangat dibutuhkan pertanian (tumbuhan) dalam proses fotosintesis. Selain sinar matahari, curah hujan yang tinggi juga sangat bermanfaat dalam pertumbuhan tanaman. Penyinaran matahari yang cukup dan curah hujan tinggi mengakibatkan tanah subur dan banyak tanaman yang cocok ditanam.

Iklim adalah kondisi cuaca di wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama. Iklim sangat penting dan berpengaruh besar terhadpa kehidupan manusia. Indonesia dikenal memiliki tiga macam iklim, yaitu iklim musim, iklim tropis, dan iklim laut. Iklim musim adalah iklim yang dipengaruhi oleh angin musin pada periode tertentu. Iklim tropis adalah iklim yang terjadi pada zona tropis dan mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun. Iklim laut adalah iklim yang terjadi karena wilayah dikelilingi oleh laut sehingga proses penguapan air banyak dan berdampak pada curah hujan tinggi.

Ketiga iklim tersebut membuat Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Pada kedua musim tersebut, Indonesia tetap mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Penyinaran matahari ini sangat dibutuhkan pertanian (tumbuhan) dalam proses fotosintesis. Selain sinar matahari, curah hujan yang tinggi juga sangat bermanfaat dalam pertumbuhan tanaman. Penyinaran matahari yang cukup dan curah hujan tinggi mengakibatkan tanah subur dan banyak tanaman yang cocok ditanam.undefined 

Latihan Bab

Gambaran Umum Tentang Budaya

Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia

Pembentukan Kebudayaan Nasional

295

Humairah ARS

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️

Angelica Jessie

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor yang menghambat pemanfaatan hasil pertanian di Indonesia adalah ...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia