Roboguru

Salah satu fungsi sejarah yang paling utama adalah sebagai media untuk mengetahui masa lampau dan sebagai ilmu. Hal ini merupakan fungsi sejarah secara....

Pertanyaan

Salah satu fungsi sejarah yang paling utama adalah sebagai media untuk mengetahui masa lampau dan sebagai ilmu. Hal ini merupakan fungsi sejarah secara....

  1. Umum

  2. Keseluruhan

  3. Intrinsik

  4. Ekstrinsik

  5. Pendidikan

Pembahasan Soal:

Menurut Kuntowijoyo, manfaat sejarah dapat dibagi menjadi dua, yaitu secara intrinsik dan ekstrinsik. Secara intrinsik sejarah berguna sebagai pengetahuan dan secara ekstrinsik berguna sebagai pendidikan moral. Nilai ekstrinsik utamanya adalah mengambil kearifan dari peristiwa masa lalu dengan tujuan masa kini seperti pengambilan kebijakan publik, mengambil nilai-nilai kepahlawanan, dan mencari latarbelakang dari suatu kelompok.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri-ciri berikut, kecuali....

Pembahasan Soal:

Sejarah sebagai ilmu mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian dan pengkajian mengenai peristiwa cerita sejarah.

Sejarah disusun secara sistematis dengan metode kajian yang ilmiah, kemudian menggunakan pemikiran yang rasional serta bersifat objektif untuk mendapatkan kebenaran dan fakta.

Sejarah sebagai ilmu memiliki ciri yaitu:

  • Empiris
  • Memiliki metode
  • Memiliki objek
  • Mempunyai generalisasi
  • Mempunyai teori

Dengan demikian subjektifitas merupakan unsur yang berlawanan dengan prinsip sejarah sebagai ilmu. Dalam penerapan metode sejarah untuk menekan subjektifitas terdapat metode verifikasi dengan membandingkan sejarah dari beberapa sumber baik tulisan maupun kesaksian.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Sejarah memberikan pelajaran bagaimana hari ini dikelola dan bagaimana hari esok dirancang agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan masa lalu. Dengan begitu sejarah memiliki nilai guna ….

Pembahasan Soal:

Menurut Nugroho Notosusanto terdapat empat fungsi sejarah yaitu rekreatif, edukatif, instruktif, dan inspiratif.

  • Fungsi rekreatif 

yaitu sejarah sebagai pendidikan keindahan. Fungsi rekreatif ini menekankan pada upaya untuk menumbuhkan rasa senang untuk belajar dan menulis sejarah. Kalau yang dipelajari berkait dengan sejarah naratif dan isi kisahnya mengandung hal-hal yang terkait dengan keindahan, dengan romantisme, maka akan melahirkan kesenangan astetis.

  • Fungsi inspiratif

Fungsi ini terkait dengan suatu proses untuk memperkuat identitas dan mempertinggi dedikasi sebagai suatu bangsa. Dengan menghayati berbagai peristiwa dan kisah-kisah kepahlawanan, memperhatikan karya-karya besar dari para tokoh, akan memberikan kebanggaan dan makna yang begitu dalam bagi generasi muda. Karena itu, dengan mempelajari sejarah akan dapat mengembangkan inspirasi, imajinasi dan kreativitas generasi yang hidup sekarang dalam rangka hidup berbangsa dan bernegara.

  • Fungsi instruktif. 

Yaitu sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini sejarah dapat berperan dalam upaya penyampaian pengetahuan dan keterampilan kepada subjek belajar. Fungsi ini sebenarnya banyak dijumpai, tetapi nampaknya kurang dirasakan, atau kurang disadari, karena umumnya terintegrasi dengan bahan pelajaran teknis yang bersangkutan

  • Fungsi edukatif. 

adalah bahwa sejarah dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan keseharian bagi setiap manusia. Sejarah juga mengajarkan tentang contoh yang sudah terjadi agar seseorang menjadi arif, sebagai petunjuk dalam berperilaku.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Berikut ini tidak termasuk kegunaan sejarah adalah ….

Pembahasan Soal:

Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki empat fungsi, yakni fungsi rekreatif, edukatif, instruktif dan inspiratif. Fungsi rekreatif artinya adalah sejarah dapat menjadi sarana hiburan. Fungsi edukatif berarti sejarah dapat menjadi sarana pembelajaran dan pendidikan. Fungsi instruktif berarti sejarah dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Sementara fungsi inspiratif berarti sejarah dapat memberikan nilai-nilai inspirasi dan motivasi bagi generasi muda. 
Dengan demikian, yang tidak termasuk dalam fungsi atau kegunaan sejarah adalah menghafal tahun-tahun terjadinya peristiwa sejarah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Empiris berasal dari bahasa Yunani, yaitu Empeiria (epiria) yang artinya ….

Pembahasan Soal:

Ciri yang pertama sejarah sebagai ilmu, yaitu sejarah bersifat empiris. Empiris berasal dari bahasa Yunani, yaitu Empeiria (epiria) yang artinya pengalaman. Jadi, sejarah sangat bergantung dengan pengalaman manusia yang terjadi pada masa lampau. Peristiwa bersejarah dapat diamati dan ditelusuri berdasarkan dari sumber sejarah, peninggalan atau bukti yang masih bisa ditemukan hingga saat ini.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Keterkaitan sejarah sebagai peristiwa dengan sejarah sebagai ilmu adalah ….

Pembahasan Soal:

Sejarah sebagai Peristiwa adalah suatu kejadian, aktualitas atau kebenaran yang telah terjadi pada kehidupan manusia di masa lampau. suatu peristiwa bisa dikatakan sebagai peristiwa sejarah, apabila memiliki empat syarat, yaitu abadi, unik, objektif, dan penting. Untuk membuktikan kebenaran bahwa suatu peristiwa terjadi di masa lalu, dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian sejarah.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved