Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu fungsi DPR sebagai badan legislatif adalah membuat UU bagi pelaksanaan jalannya pemerintahan. Tujuan lembaga politik tersebut adalah ....

Salah satu fungsi DPR sebagai badan legislatif adalah membuat UU bagi pelaksanaan jalannya pemerintahan. Tujuan lembaga politik tersebut adalah ....

  1. mengatur perilaku masyarakat agar tidak melakukan penyimpangan dalam bertindak

  2. memulihkan ketentraman dan ketertiban umum dalam segala bidang kehidupan masyarakat

  3. menjaga keseimbangan antara pemerintah dan DPR dalam menjalankan kekuasaan negara

  4. agar komunikasi antara rakyat dan pemerintah berjalan sesuai aturan yang berlaku

  5. mengatur kekuasaan aparat pemerintahan agar sesuai harapan masyarakat dan aturan yang berlaku

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

DiIndonesia lembaga legislatif lebih dikenal dengan nama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara. Anggota DPR berasal dari anggota partai politik peserta pemilu yang dipilih berdasarkan hasil pemilu.Lembaga negara DPR yang bertindak sebagai lembaga legislatif mempunyai fungsi berikut ini : Fungsi legislasi , artinya DPR berfungsi sebagai lembaga pembuat undang-undang. Fungsi anggaran , artinya DPR berfungsi sebagai lembaga yang berhak untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Fungsi pengawasan , artinya DPR sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang menjalankan undang-undang. Fungsi-fungsi tersebut tentunya agar pemerintah atau badan eksekutif yang bertugas menerapkan dan melaksanakan undang-undang tetap pada koridornya, yaitu sesuai dengan harapan rakyat dan aturan yang berlaku.

Di Indonesia lembaga legislatif lebih dikenal dengan nama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara. Anggota DPR berasal dari anggota partai politik peserta pemilu yang dipilih berdasarkan hasil pemilu.Lembaga negara DPR yang bertindak sebagai lembaga legislatif mempunyai fungsi berikut ini :

  1. Fungsi legislasi, artinya DPR berfungsi sebagai lembaga pembuat undang-undang.
  2. Fungsi anggaran, artinya DPR berfungsi sebagai lembaga yang berhak untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  3. Fungsi pengawasan, artinya DPR sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang menjalankan undang-undang.

Fungsi-fungsi tersebut tentunya agar pemerintah atau badan eksekutif yang bertugas menerapkan dan melaksanakan undang-undang tetap pada koridornya, yaitu sesuai dengan harapan rakyat dan aturan yang berlaku.

181

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu fungsi DPR sebagai badan legislatif adalah membuat UU bagi pelaksanaan jalannya pemerintahan. Tujuan lembaga politik tersebut adalah ….

19

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia