Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu faktor yang rnemengaruhi interaksi sosial adalah simpati. Contoh sikap simpati terdapat pada pernyataan . . . .

Salah satu faktor yang rnemengaruhi interaksi sosial adalah simpati. Contoh sikap simpati terdapat pada pernyataan . . . . 

  1. Dito rnerasa kagum dengan Sita yang mampu rnemenangi Olimpiade. 

  2. Winda rnenyurnbangkan baju layak pakai kepada warga korban banjir. 

  3. Soni ingin rnerniliki kemampuan seperti pelatih renangnya yang sudah andal. 

  4. Renata giat belajar agar rnernperoleh peringkat pertarna di kelas. 

  5. Salah satu kelornpok boyband Indonesia rneniru gaya penampilan boyband Korea. 

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Simpati adalah kemampuan seseorang untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan yang dirasakan atau yang dialami oleh orang lain, namun tidak mengubah keadaan fisik atau jiwa dirinya dan tidak berdampak langsung bagi orang lain. Berbeda dengan simpati, empati merupakan kelanjutan rasa simpati yang berupa perbuatan nyata untuk mewujudkan rasa simpatinya. Sebagai contohnya, ketika melihat para korban bencana gempa di Yogya, tanpa sadar air mata kita menetes, seolah-olah kita merasakan penderitaan mereka. Segala bentuk bantuan akan kita lakukan untuk menolong mereka. Tindakan ini dalam sosiologi dinamakan empati. Oleh karena itu, sikap Dito yang rnerasa kagum dengan Sita yang rnarnpu rnemenangi Olimpiade merupakan bentuk simpati. Berbeda halnya dengan sikap Winda rnenyurnbangkan baju layak pakai kepada warga korban banjir yang merupakan bentuk empati. Kemudian, sikap Soni yang ingin rnerniliki kemampuan seperti pelatih renangnya yang sudah andal didasari oleh sugesti. Selain itu, sikap Renata giat belajar agar rnernperoleh peringkat pertarna di kelas didasari oleh motivasi. Dan salah satu kelornpok boyband Indonesia rneniru gaya penampilan boyband Korea didasari oleh imitasi.

Simpati adalah kemampuan seseorang untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan yang dirasakan atau yang dialami oleh orang lain, namun tidak mengubah keadaan fisik atau jiwa dirinya dan tidak berdampak langsung bagi orang lain. Berbeda dengan simpati, empati merupakan kelanjutan rasa simpati yang berupa perbuatan nyata untuk mewujudkan rasa simpatinya. Sebagai contohnya, ketika melihat para korban bencana gempa di Yogya, tanpa sadar air mata kita menetes, seolah-olah kita merasakan penderitaan mereka. Segala bentuk bantuan akan kita lakukan untuk menolong mereka. Tindakan ini dalam sosiologi dinamakan empati.

 

Oleh karena itu, sikap Dito yang rnerasa kagum dengan Sita yang rnarnpu rnemenangi Olimpiade merupakan bentuk simpati. Berbeda halnya dengan sikap Winda rnenyurnbangkan baju layak pakai kepada warga korban banjir yang merupakan bentuk empati.

 

Kemudian, sikap Soni yang ingin rnerniliki kemampuan seperti pelatih renangnya yang sudah andal didasari oleh sugesti. Selain itu, sikap Renata giat belajar agar rnernperoleh peringkat pertarna di kelas didasari oleh motivasi. Dan salah satu kelornpok boyband Indonesia rneniru gaya penampilan boyband Korea didasari oleh imitasi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

50

Andri Fizal

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang siswa merasa tidak bisa bernyanyi dengan bagus, sehingga dia kurang percaya diri pada saat praktik pelajaran seni musik. Keseriusan berlatih secara rutin dengan mendorong dirinyasambil membaya...

278

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia