Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu faktor yang menyebabkan indeks pembangunan manusia di negara berkembang masih rendah seperti negara Indonesia adalah ....

Salah satu faktor yang menyebabkan indeks pembangunan manusia di negara berkembang masih rendah seperti negara Indonesia adalah ....space

  1. tingginya angka kelahiran 

  2. kurangnya pembangunan industri 

  3. masih tingginya masyarakat yang putus sekolah 

  4. sumber daya alam belum dikelola dengan baik 

  5. rendahnya pendapatan di sektor pertanian 

Iklan

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Indeks pembangunan manusia (IPM) yaitu pengukuran perbandingan dari harapan hidup (kesehatan), pendidikan, dan standar hidup (ekonomi) untuk semua negara.Indeks pembangunan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut. Kesehatan, kesehatan dan umur panjang diukur dengan angka harapan hidup saat kelahiran. Angka harapan hidup ini mencerminkan usia maksimum yang diharapkan seseorang untuk bisa bertahan hidup. Tingkat pendidikan , pendidikan merupakan unsur dasar dari pembangunan manusia. Tingkat pendidikan yang tinggi akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan karena masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya alam secara signifikan. Indikator dari pendidikan/pengetahuan yaitu diukur dari angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, angka partisipasi sekolah, dan angka putus sekolah. Ekonomi, standar hidup yang layak/ekonomi dapat dilihat dari daya beli masyarakat yaitu jumlah yang bekerja, jumlah pengangguran terbuka, jumlah dan persentase penduduk miskin, dan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) riil per kapita. Dengan demikian, faktor yang menyebabkan indeks pembangunan manusia di negara berkembang masih rendah seperti Indonesia adalah masih tingginya masyarakat yang putus sekolah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Indeks pembangunan manusia (IPM) yaitu pengukuran perbandingan dari harapan hidup (kesehatan), pendidikan, dan standar hidup (ekonomi) untuk semua negara. Indeks pembangunan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut. 

  1. Kesehatan, kesehatan dan umur panjang diukur dengan angka harapan hidup saat kelahiran. Angka harapan hidup ini mencerminkan usia maksimum yang diharapkan seseorang untuk bisa bertahan hidup. 
  2. Tingkat pendidikan, pendidikan merupakan unsur dasar dari pembangunan manusia. Tingkat pendidikan yang tinggi akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan karena masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya alam secara signifikan. Indikator dari pendidikan/pengetahuan yaitu diukur dari angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, angka partisipasi sekolah, dan angka putus sekolah. 
  3. Ekonomi, standar hidup yang layak/ekonomi dapat dilihat dari daya beli masyarakat yaitu jumlah yang bekerja, jumlah pengangguran terbuka, jumlah dan persentase penduduk miskin, dan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) riil per kapita. 

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan indeks pembangunan manusia di negara berkembang masih rendah seperti Indonesia adalah masih tingginya masyarakat yang putus sekolah. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Bab

Gambaran Umum Tentang Negara

Klasifikasi Negara Maju dan Negara Berkembang

Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang

Regionalisasi Kawasan Dunia Berdasarkan Pusat Pertumbuhan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

451

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ukuran pencapaian rata-rata dalamdimensi kunci pembangunan manusia yang digunakan PBB sebagai acauan pengelompokan negara-negara adalah ....

619

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia