Roboguru

Salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan masyarakat dari tradisional ke modern adalah …

Pertanyaan

Salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan masyarakat dari tradisional ke modern adalah …space 

  1. sikap memegang teguh tradisiundefined 

  2. pola pikir masyarakat yang tidak rasionalundefined 

  3. konflik sosialundefined 

  4. perkembangan teknologiundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan satu faktor pendorong perubahan sosial. Faktor pendorong perubahan sosial yang terjadi di masyarat bermacam-macam, di antaranya:
 

1. Kontak dengan kebudayaan lain

2. Heterogenitas di dalam masyarakat

3. Penghargaan sebuah karya

4. Kemajuan sistem pendidikan

5. Perkembangan tekonologi
 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.Perkembangan tekonologiundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan hal-hal berikut! Toleransi Primordialisme yang kuat Penghargaan terhadap suatu karya Kurangnya hubungan dengan masyarakat Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial di masyarakat ...

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara yang terdiri atas beberapa ras, suku bangsa maupun agama, atau dapat kita sebut sebagai masyarakat majemuk atau heterogen. Heterogenitas atau keberagaman masyarakat ternyata dapat memberikan perubahan sosial di masyarakat melalui pengenalan terhadap identitas kebudayaan daerah masing-masing melalui beberapa cara seperti tepat wisata, festival kebudayaan. Hal ini dapat menghasilkan keuntungan tersendiri dan juga menunjukkan jika masyarakat semakin beragam dan tentunya diperlukan sikap toleransi yang dimiliki tiap individu. Selain itu, penghargaan terhadap suatu karya dapat menjadi faktor pendorong perubahan sosial. Karena melalui penghargaan orang akan memengaruhi masyarakat agar terus bisa menghasilkan suatu karya yang tentunya akan berdampak kepada masyarakat. sehingga jawaban yang benar adalah nomor 1 dan 3. Sedangkan rasa primordialisme adalah paham yang dimiliki seseorang terhadap nilai yang dibawa orang tersebut sejak kecil. Jika primordialisme ini terlalu besar akan memengaruhi individu maupun kelompok akan merasa sulit berbaur dalam lingkungan heterogen sehingga berpotensi memunculkan pandangan negatif terhadap kelompok lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah Bundefined 

Roboguru

​​​​​​Salah satu faktor pendorong perubahan sosial adalah adanya bentuk penghargaan suatu karya atau penemuan. Hal tersebut dikarenakan ....

Pembahasan Soal:

Bentuk penghargaan akan membentuk suatu prestise bagi orang yang menghasilkan suatu karya. Prestise inilah yang kemudian mendorong atau memotivasi masyarakat untuk terus menghasilkan suatu karya atau penemuan. Oleh karena itu, bentuk penghargaan terhadap suatu karya merupakan salah satu faktor pendorong perubahan sosial. Meskipun tidak dapat dikatakan bahwa tanpa adanya penghargaan, maka suatu penemuan tidak akan dihasilkan, tetapi, dengan adanya penghargaan tersebut setidaknya akan mendorong banyak masyarakat untuk berlomba-lomba menghasilkan suatu penemuan yang berkualitas dan tentunya berdampak positif bagi masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space spacespace spaceundefinedundefinedspace spacespace space

Roboguru

Perhatikan faktor terjadinya perubahan sosial berikut!   Kontak dengan kebudayaan lain.   Penemuan dan inovasi-inovasi baru.   Penghargaan sebuah karya.   Pengaruh dari kebudayaan lain.    Kema...

Pembahasan Soal:

Terdapat faktor-faktor terjadinya perubahan sosial, yaitu faktor penyebab internal maupun eksternal, faktor pendorong, hingga faktor penghambat. Berdasarkan faktor penyebabnya, perubahan sosial tidak datang dengan sendirinya, melainkan ada proses yang menyebabkannya. Namun perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tidak selalu menghasilkan laju kecepatan yang sama. Oleh karena itu, perubahan sosial di masyarakat juga dipengaruhi oleh faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong perubahan sosial yaitu sebagai berikut:

  • Kontak dengan kebudayaan lain
  • Heterogenitas
  • Toleransi
  • Penghargaan terhadap sebuah karya, dan
  • Kemajuan sistem pendidikan

Berdasarkan hal tersebut, maka faktor pendorong perubahan sosial ditunjukkan pada nomor 1, 3, dan 5. Sementara nomor 2 dan 4 merupakan faktor penyebab internal dan eksternal terjadinya perubahan sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

Roboguru

Sebutkan lima faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya!

Pembahasan Soal:

Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial, antara lain:

  1. Kontak dengan budaya lain, penyampaian pengetahuan tentang ide, keyakinan, dan hasil-hasil budaya. Adanya kontak dengan budaya lain menjadikan satu kebudayaan bertemu dan saling bertukar pengetahuan.
  2. Sistem pendidikan yang maju, pendidikan mengajarkan manusia untuk berpikir ilmiah dan objektif sehingga manusia dapat menilai bentuk kebudayaan yang sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  3. Sikap menghargai hasil karya orang lain, dengan menghargai hasil karya individu lain, maka mendorong individu tersebut untuk berinovasi.
  4. Sistem masyarakat terbuka, memungkinkan terjadinya gerak sosial vertikal yang lebih tinggi sehingga memberi kesempatan kepada individu untuk maju.
  5. Ketidakpuasan terhadap bidang-bidang tertentu, dilatarbelakangi oleh rasa ketidakpuasan terhadap situasi dan kondisi saat itu hingga menimbulkan kekecewaan dan berujung pada revolusi dalam tubuh masyarakat.
  6. Toleransi dalam perubahan sosial, menjadikan masyarakat lebih mudah menerima hal-hal baru.
  7. Heterogenitas masyarakat dalam perubahan sosial, keberagaman dapat menimbulkan konflik antarkelompok dan konflik mendorong terjadinya perubahan sosial. 
Roboguru

Budi dan Irwan adalah sosok anak muda yang mendapatkan penghargaan sebagai pecinta lingkungan. Dalam kesehariannya mereka berdua selalu meneliti kerusakan lingkungan dan melakukan tindakan agar lingku...

Pembahasan Soal:

Penghargaan yang diberikan kepada Budi dan Irwan sebagai pecinta lingkungan yang selalu meneliti kerusakan lingkungan dan melakukan tindakan agar lingkungan tetap asri berhubungan dengan sikap terhadap perubahan sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved