Roboguru

Salah satu dampak aktifitas pertanian adalah terjadinya eutrofikasi pada sebuah danau, sungai atau waduk. Akibatnya pertumbuhan tumbuhan permukaan sangat pesat sehingga air kekurangan oksigen. Peristiwa ini disebabkan karena ....

Pertanyaan

Salah satu dampak aktifitas pertanian adalah terjadinya eutrofikasi pada sebuah danau, sungai atau waduk. Akibatnya pertumbuhan tumbuhan permukaan sangat pesat sehingga air kekurangan oksigen. Peristiwa ini disebabkan karena ....space 

  1. penggunaan bibit unggul hasil persilangan space 

  2. penggunaan pestisida untuk memberantas hamaspace 

  3.  penggunaan pupuk buatan yang tidak terkendali space 

  4. saluran irigasi yang tidak teratur baikspace 

  5. Pengolahan lahan untuk pertanian monokulturspace 

Pembahasan Soal:

Eutrofikasi merupakan kondisi ledakan alga atau tumbuhan air sehingga menutupi permukaan perairan. Kondisi ini akan menyebabkan matinya organisme lain karena berkurangnya oksigen terlarut dan terhalangnya sinar matahari untuk masuk ke dasar perairan. Eutrofikasi disebabkan karena limpahan nutrisi yang masuk ke dalam perairan. Hal ini disebabkan karena penggunaan pupuk berlebihan. Kelebihan pupuk yang tidak diserap oleh tumbuhan akhirnya terbawa air dan terakumululasi di perairan. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan tiga cara untuk mengurangi dampak negatif penggunaan pestisida

Pembahasan Soal:

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak penggunaan pestisida adalah:

  • Menggunakan pemberantas hama mekanik maupun biologis
  • Tidak mencuci peralatan bekas pemakaian pestisida di sungai atau sumur
  • Tidak membuang sisa pestisida sembarangan
  • Tidak memakai pestisida melebihi takaran space 

 

0

Roboguru

Dampak yang tidak diharapkan dari intensifikasi pertanian adalah ....

Pembahasan Soal:

Intensifikasi pertanian yaitu mengusahakn pertanian secara intensif agar diperoleh hasil yang optimal (hasil yang seharusnya, bukan hasil yang maksimal). Dalam intensifikasi pertanian, biasanya diperhatikan masalah pengadaan bibit, pengolahan tanah, penanaman, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, pemanenan, dan kegiatan pascapanen. Jika dilakukan tanpa kendali, upaya peningkatan hasil dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu :

  1. Pencemaran pestisida. Terjadi akibat pengelolaan pertanian yang tidak mempertimbangkan aspek lingkungan sehingga menyebabkan permasalahan lingkungan, misalnya matinya serangga yang menguntungkan serta tercemarnya air dan tanah oleh pestisida.
  2. Adanya larutan nitrit dan penyuburan air. Hal tersebut dapat menyebabkan eutrofikasi. Eutrofikasi terjadi akibat pupuk yang berlebihan yang kemudian larut ke dalam air dan menyebabkan alga dan tumbuhan air dapat tumbuh dengan sangat cepat.
  3. Tingkat kestabilan ekosistem rendah. Penanaman monokultur menyebabkan terbentuknya lingkungan pertanian yang tidak stabil. Tanah pertanian harus diolah, dipupuk, dan disemprot dengan insektisida. Jika tidak, tanaman pertanian mudah terserang hama dan penyakit sehingga menimbulkan gagal panen.
  4. Pencucian tanah, menyebabkan kesuburan sawah semakin berkurang akibat unsur hara yang terbawa aliran air.

Berdasarkan uraian tersebut, dampak yang tidak diharapkan dari intensifikasi pertanian adalah monokultur menjadikan lingkungan tidak stabil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Jika terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, dalam beberapa tahun kadar insektisida yang paling tinggi akan ditemukan di dalam ....

Pembahasan Soal:

Penggunaan insektisida yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya pencermaran terhadap lingkungan. Salah satu yang terdampak dari penggunaan pestisida secara berlebihan adalah ekosistem air tawar. Penggunaan insektisida secara terus-menerus akan menyebabkan terjadinya akumulasi insektisida pada tubuh makhluk hidup dalam ekosistem air tawar. Akumulasi tertinggi terdapat pada makhluk hidup yang menempati tingkat trofik tertinggi dalam rantai makanan. Makhluk hidup tersebut tercemar insektisida yang berasal dari makhluk hidup yang telah dimakan. Pencemaran pertama kali dialami oleh produsen, ketika produsen dimakan oleh hewan herbivora, maka insektisida akan berpindah ke dalam tubuh hewan herbivora. Hewan herbivora yang telah tercemar oleh insektisida, ketika hewan tersebut dimangsa oleh hewan karnivora, maka insektisida akan berpindah ke dalam tubuh hewan karnivora, begitu seterusnya dan berakhir pada tingkat trofik paling tinggi (konsumen puncak).space 

0

Roboguru

Apa dampak penggunaan pestisida bagi lingkungan?

Pembahasan Soal:

Pestisida adalah bahan atau zat kimia yang digunakan untuk membunuh hama, baik yang berupa tumbuhan, serangga, maupun hewan lain di lingkungan. Penggunaan pestisida akan menimbulkan dampak pencemaran lingkungan. Bentuk pencemaran lingkungan yang diakibatkan dari penggunaan pestisida yaitu:

  1. Pencemaran air. Perairan yang terkontaminasi zat kimia pestisida dapat berdampak pada kematian biota-biota perairan. Pestisida dapat terakumulasi di perairan dalam jangka panjang dan mampu membunuh organisme-organisme di dalamnya.
  2. Pencemaran tanah. Penggunaan pestisida yang terakumulasi pada tanah dapat mengurangi kesuburan tanah, dikarenakan pestisida dapat membunuh mikroorganisme yang bermanfaat bagi tanah. Selain itu pestisida yang terakumulasi pada tanah dapat menghalangi penguraian unsur hara dalam tanah.

Dengan demikian, penggunaan pestisida dapat mengakibatkan pencemaran air dan tanah.space 

0

Roboguru

Pupuk diperlukan untuk menyuburkan tanaman, tetapi penggunaannya yang berlebihan mengakibatkan sisa pupuk terpuji oleh air hujan, masuk ke saluran irigasi, kemudian terkumpul di sungai . . . Fenomena ...

Pembahasan Soal:

Salah satu penyebab pencemaran air adalah limbah pertanian. Limbah pertanian, yaitu limbah dari kegiatan pertanian berupa pupuk kimia dan pestisida. Kelebihan pupuk di lahan pertanian akan tercuci oleh hujan dan masuk ke saluran irigasi, sungai, dan danau, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan unsur hara di badan perairan yang disebut eutrofikasi. Peningkatan unsur hara menyebabkan terjadinya blooming, yaitu pertumbuhan ganggang atau enceng gondok secara cepat sehingga menutup permukaan air. Permukaan air yang tertutup ganggang atau enceng gondok akan menghambat masuknya cahaya matahari ke dalam perairan dan menurunkan oksigen terlarut di air. Akibatnya, banyak organisme air yang mati kekurangan oksigen. Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved