Roboguru

Salah satu contoh zat aditif bensin adalah MTBE. Rumus struktur MTBE adalah ....

Pertanyaan

Salah satu contoh zat aditif bensin adalah MTBE. Rumus struktur MTBE adalah ....  

  1.   

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

Pembahasan Soal:

MTBE kepanjangan dari Metil Tersier Butil Eter yaitu senyawa yang ditambahkan ke dalam bensin sebagai pengganti TEL untuk menghindari adanya timbal yang dapat mencemari udara. MTBE merupakan zat antiketukan yang dapat meningkatkan bilangan oktan. Gambar struktur dari senyawa tersebut adalah sebagai berikut.  

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!  Mengubah gas buang beracun menjadi gas yang lebih aman.  Meningkatkan angka oktan bensin.  Meningkatkan daya dorong mesin.  Mencegah korosi pada tangki d...

Pembahasan Soal:

Viscon merupakan zat aditif yang ditambahkan pada bensin. Tujuan penambahan viscon pada bensin adalah:

  • menambah bilangan oktan pada bensin.
  • mengurangi emisi CO,HC,danNOx.
  • meningkatkan daya dorong mesin.
  • menurunkan suhu gas pembakaran sampai maksimal 50C

Dengan demikian, penambahan viscon pada bensin memiliki tujuan menambah bilangan oktan pada mesin dan meningkatkan daya dorong mesin yang ditunjukkan oleh angka 2 dan 3.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Tujuan penambahan senyawa asam karboksilat pada bensin adalah ....

Pembahasan Soal:

Bensin merupakan salah satu fraksi minyak bumi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bensin mengandung beberapa zat aditif untuk meningkatkan kualitasnya. Asam karboksilat merupakan zat aditif yang ditambahkan sebagai bensin sebagai antikorosi. Antikorosi berfungsi mencegah korosi pada logam yang bersentuhan dengan bensin, seperti logam tangki dan saluran bensin.  

Jadi, tujuan penambahan asam karboksilat adalah untuk mencegah korosi pada logam.

0

Roboguru

Mobil milik seorang pengemudi diuji kualitas bensinnya dan hasilnya setara dengan angka oktan 95. Akan tetapi, bensin dengan angka oktan 95 sudah tidak dijual di Indonesia. Untuk memperoleh bensin den...

Pembahasan Soal:

Gasohol adalah bahan bakar campuran antara bensin dengan alkohol. Penentuan angka oktan campuran dilakukan dengan menjumlahkan masing-masing angka oktan yang dikalikan dengan persentasenya.

Dimisalkan persentase bensin = y% sehingga persentase etanol = (100-y)%.
 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row bensin equals cell angka space oktan space bensin cross times persentase space bensin end cell row bensin equals cell 92 cross times y percent sign end cell row bensin equals cell 92 y percent sign end cell row blank blank blank row etanol equals cell angka space oktan space etanol cross times persentase space etanol end cell row etanol equals cell 118 cross times left parenthesis 100 minus sign y right parenthesis percent sign end cell row etanol equals cell left parenthesis 118 minus sign 118 y right parenthesis percent sign end cell end table end style


Komposisi campuran bensin dan etanol untuk memperoleh bensin dengan angka oktan 95 dapat dihitung sebagai berikut.
 

Error converting from MathML to accessible text.


Komposisi bensin dan etanol yang digunakan adalah sebagai berikut.
 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell persentase space bensin end cell equals cell y percent sign end cell row cell persentase space bensin end cell equals cell 88 comma 46 percent sign end cell row blank blank blank row cell persentase space etanol end cell equals cell left parenthesis 100 minus sign y right parenthesis percent sign end cell row cell persentase space etanol end cell equals cell left parenthesis 100 minus sign 88 comma 46 right parenthesis percent sign end cell row cell persentase space etanol end cell equals cell 11 comma 54 percent sign end cell end table end style


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tuliskan tiga cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan bilangan oktan.

Pembahasan Soal:

Bensin yang merupakan bahan bakar kendaraan bermotor terdiri dari dua zat, yaitu isooktana dan n-heptana. Bilangan oktan adalah bilangan yang menunjukkan persentase isooktana di dalam suatu bensin. Isooktana bersifat baik bagi mesin, sehingga semakin tinggi bilangan oktan, maka kualitas bensin akan semakin baik.

Bilangan oktan bensin harus ditingkatkan sebelum dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Reforming
    Reforming adalah suatu proses untuk mengubah alkana rantai lurus menjadi rantai bercabang sehingga akan menaikkan bilangan oktan. Contohnya adalah dengan mengubah n-oktana menjadi isooktana.
  2. Menambahkan hidrokarbon siklik/aromatik ke dalam campuran akhir fraksi bensin.
  3. Menambahkan zat anti ketukan.
    Bensin yang memiliki kualitas yang buruk akan mengakibatkan ketukan di dalam mesinnya, sehingga untuk menaikkan kualitasnya adalah dengan cara menambahkan zat anti ketukan.
    Zat anti ketukan yang dapat digunakan diantaranya TEL (Tetra Ethyl Lead) atau MTBE (Methyl Tertiary Buthyl Eter)

Jadi, cara untuk menaikkan bilangan oktan adalah reforming, menambahkan hidrokarbon siklik/aromatik ke dalam campuran akhir fraksi bensin, dan menambah zat anti ketukan.

0

Roboguru

Bagaimana cara meningkatkan mutu bahan bakar? Tuliskan zat-zat aditif yang dapat digunakan beserta keuntungan dan kerugiannya.

Pembahasan Soal:

Bahan bakar seperti bensin dapat ditingkatkan mutu kualitasnya dengan cara meningkatkan bilangan oktan bensin tersebut. Bilangan oktan menyatakan banyaknya kandungan isoktana dalam bensin, semakin besar kandungan isoktana maka semakin besar bilangan oktannya dan semakin baik mutu bahan bakar tersebut. cara meningkatkan bilangan oktan adalah dengan menambahkan zat aditif kedalam bensin yaitu:

  • TEL (tetra etil lead)
    TEL adalah zat aditif yang dapat meningkatkan bilangan oktan pada bensin, namun bahan ini mengandung timbal (Pb) yang merupakan polutan beracun.
  • MTBE (metil tersier butil eter)
    MTBE merupakan zat aditif yang dapat meningkatkan bilangan oktan pada bensin dan lebih ramah lingkungan.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved