Roboguru

Salah satu ciri-ciri industri yang berorientasi pa...

Salah satu ciri-ciri industri yang berorientasi pada pasar pada umumnya ….space space 

  1. Barang mudah rusak

  2. Barang tahan lama

  3. Barang mudah didapat

  4. Barang membutuhkan tenaga kerja yang banyak

Jawaban:

Industri adalah suatu kegiatan manusia yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Berdasarkan pada pemilihan lokasi atau orientasi industri nya, industri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Industri berorientasi bahan baku (supply oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan sumber bahan baku. Contohnya adalah industri semen yang memiliki berat bahan baku lebih besar dibandingkan berat barang jadi.
  • Industri berorientasi tenaga kerja (employee oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan lokasi tenaga kerja. Contohnya adalah industri rokok dan tekstil yang memerlukan tenaga kerja dalam jumlah yang besar.
  • Industri berorientasi pasar (market oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan pasar. Contohnya adalah industri makanan dan minuman.

Ciri-ciri industri berorientasi pasar antara lain: hasil produksinya mudah rusak, hasil produksinya cepat berubah, dan mementingkan sifat gengsi konsumen. Hal ini dikarenakan lokasi industri dekat dengan permukiman barangnya cenderung rusak. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved