Roboguru

Salah satu cara pengolahan limbah kertas yaitu dengan membuat kertas daur ulang. Kegiatan pembuatan kertas daur ulang tersebut menunjukkan usaha ....

Pertanyaan

Salah satu cara pengolahan limbah kertas yaitu dengan membuat kertas daur ulang. Kegiatan pembuatan kertas daur ulang tersebut menunjukkan usaha .... space 

  1. pemanfaatan secara langsung limbah organik space 

  2. pemanfaatan secara langsung limbah anorganik space 

  3. pemanfaatan secara tidak langsung limbah organik space 

  4. pemanfaatan limbah organik dengan cara fermentasi space 

  5. pemanfaatan secara tidak langsung limbah anorganikspace 

Pembahasan Soal:

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi, baik oleh industri maupun domestik atau rumah tangga. Limbah yang tidak memiliki nilai ekonimis dapat didaur ulang (recycle) dan dimanfaatkan ulang (reuse), baik yang berupa limbah organik maupun anorganik. Kertas merupakan limbah organik karena mudah terurai di alam. Daur ulang kertas merupakan upaya pemanfaatan limbah secara tidak langsung. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 24 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan konsep ekoefisiensi untuk menanggulangi dampak negatif limbah!

Pembahasan Soal:

Ekoefisiensi merupakan singkatan dari kata ekologi dan efisiensi dimana kata ini menggambarkan bahwa peningkatan efisiensi berasal dari perbaikan lingkungan. Kegiatan meminimalkan limbah berpedoman pada konsep ekoefisiensi. Penanggulangan dampak negatif limbah dapat dilakukan melalui cara-cara berikut:

  1. Reuse (memanfaatkan kembali barang bekas tanpa harus memprosesnya terlebih dahulu), misalnya menggunakan gelas air mineral bekas untuk tempat pembibitan tanaman.
  2. Reduce (mengurangi limbah yang dihasilkan dengan cara meminimumkan penggunaan bahan baku dan energi per unit produksi), misalnya dengan membawa tas belanja dari rumah saat berbelanja di pasar sehingga mengurangi penggunaan kantong plastik.
  3. Recycle (mendaur ulang limbah hingga menjadi barang yang bermanfaat), misalnya mendaur ulang kertas bekas.

Dengan demikian, konsep ekoefisiensi untuk menanggulangi dampak negatif limbah dilakukan dengan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle).space 

0

Roboguru

Yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah … Daur ulang kertas Memanfaatkan gelas air mineral sebagai wadah pembibitan tanaman Pembuatan pupuk kompos Pembuatan tas dari bahan kantong pl...

Pembahasan Soal:

Recycle merupakan proses pengumpulan dan pemrosesan limbah menjadi produk baru yang berdaya guna. Kegiatan tersebut masuk ke dalam tiga langkah pengolahan limbah yaitu reducereuse, dan recycleRecycle bertujuan untuk kelestarian lingkungan dan hasilnya juga dapat dimanfaatkan kembali. Dengan adanya kegiatan tersebut produksi limbah dapat ditekan.

Limbah padat merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat terdiri atas bahan organik dan bahan anorganik yang dianggap tidak berguna lagi dan harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan. Berdasarkan komposisinya, limbah padat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Limbah padat basah → berbentuk bahan-bahan organik yang mudah terurai oleh mikroorganisme. Pada umumnya dimanfaatkan sebagai kompos. Contoh: sisa makanan, sayuran, kulit buah lunak, dan daun.
  • Limbah padat kering → berbentuk bahan organik dan anorganik yang tidak cepat terurai mikroorganisme sehingga sulit mengalami pembusukan. Limbah padat kering anorganik dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk lain yang bermanfaat. Contoh: kertas, plastik, wadah pembungkus makanan atau minuman, kaleng, kayu, logam, dan gelas atau kaca.

Dengan demikian, yang merupakan tindakan recycle limbah padat adalah 1, 3, dan 4. Nomor 2 tidak termasuk recycle karena gelas air mineral yang dimanfaatkan untuk wadah pembibitan tanaman digunakan dalam bentuk aslinya, sehingga nomor 2 merupakan contoh reuse.space

0

Roboguru

Kantong plastik yang digunakan sebagai wadah berbagai barang belanjaan biasanya dibuang setelah digunakan. Akibatnya, semakin banyak sampah plastik yang mencemari lingkungan Usaha paling tepat untuk m...

Pembahasan Soal:

Plastik yang sering digunakan sebagai wadah barang belanjaan merupakan bahan yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Oleh karena itu, keberadaannya di lingkungan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Usaha untuk mengatasi keadaan tersebut yang paling tepat adalah mendaur ulang kantong plastik bekas. Daur ulang limbah atau sampah plastik ini mengacu pada menyimpan serta memproses ulang plastik tersebut sehingga menjadi produk lain yang memiliki kegunaan. Contohnya tempat plastik dari botol plastik, tempat lilin dari botol plastik, serta tas dari plastik kemasan.

0

Roboguru

Contoh tindakan recycle limbah padat adalah . . . . daur ulang kertas memanfaatkan gelas air mineral sebagai wadah pembibitan tanaman pembuatan pupuk kompos pembuatan tas dari bahan kantong plas...

Pembahasan Soal:

Secara singkat, recycle dapat diartikan sebagai daur ulang. Pengertian ini berarti merupakan sebuah proses mengolah kembali sampah atau benda-benda bekas menjadi barang atau produk baru yang memiliki nilai manfaat. Dengan melakukan recycle atau daur ulang, benda-benda yang sebelumnya tidak bermanfaat dan menjadi sampah bisa diolah menjadi barang-barang baru yang memiliki manfaat dan kegunaan baru. Fungsi barang pada saat sebelum dan sesudah melalui proses recycle bisa jadi akan berbeda.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan manfaat dengan dilaksanakannya daur ulang limbah padat!

Pembahasan Soal:

Limbah padat sering disebut sebagai sampah, yang meliputi sampah organik (dapat terurai secara alami) maupun sampah anorganik (tidak dapat diuraikan secara alami). Berdasarkan sumbernya, limbah padat dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu limbah padat domestik dan limbah padat nondomestik. Limbah padat domestik adalah limbah padat yang berasal dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, perdagangan, dan rumah sakit. Limbah padat nondomestik adalah limbah padat yang berasal dari kegiatan pertanian dan perkebunan, industri konstruksi gedung, dan industri umum.

Salah satu penanganan limbah padat yaitu dengan melakukan daur ulang. Manfaat yang diperoleh dengan dilaksanakannya daur ulang limbah padat yaitu:

  1. Mengurangi pencemaran akibat limbah padat, dapat menghemat energi, dan menjaga sumber daya alam.
  2. Mencegah timbulnya penyakit akibat penumpukan limbah padat.
  3. Secara ekonomi, limbah padat daur ulang dapat memiliki nilai jual, sehingga dapat memberikan penghasilan bahkan membuka lapangan kerja baru.

Dengan demikian, berbagai manfaat dapat diperoleh dengan dilaksanakannya daur ulang limbah padat sebagaimana yang tertera di atas.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved