Roboguru

Salah satu cara pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan terutama untuk hasil pertanian adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami. Cara ini disebut dengan pertanian ....

Pertanyaan

Salah satu cara pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan terutama untuk hasil pertanian adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami. Cara ini disebut dengan pertanian ....space 

  1. talunspace 

  2. organikspace 

  3. teraseringspace 

  4. berkelanjutanspace 

  5. tumpang sarispace 

Pembahasan Soal:

Sistem budi daya pertanian merupakan sistem pemanfaatan sumber daya alam hayati dalam memproduksi komoditas pertanian guna memenuhi kebutuhan manusia secara lebih baik. Pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upaya pemanfaatan lingkungan hidup untuk meningkatkan produksi di bidang pertanian adalah....

Pembahasan Soal:

Upaya pemanfaatan lingkungan hidup untuk meningkatkan produksi di bidang pertanian adalah ekstensfikasi pertanian. Ekstensifikasi pertanian adalah perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan manusia. Sasarannya adalah ke lahan hutan, padang rumput steppe, lahan gambut, atau bentuk-bentuk lain lahan marginal (terpinggirkan).

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Berdasarkan peta ketahanan pangan dan kerentanan pangan 2015 yang dibuat pemerintah Republik Indonesia dan World Food Programme (WFP), sekira 15% kabupaten di Indonesia masuk kategori rentan kerawanan...

Pembahasan Soal:

Provinsi Papua merupakan wilayah dengan tingkat kerawanan pangan yang paling tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha agar provinsi ini bisa mendapatkan persediaan pangan yang cukup dan juga agar masyarakat Papua dapat menjangkau bahan pangan dengan mudah. Salah satunya adalah meningkatkan produksi dan kualitas pertanian lokal. Dengan peningkatan produktivitas dan kualitas pada pertanian lokal, maka ketersediaan dan keterjangkauan bahan pangan di sana semakin meningkat tanpa harus menunggu bantuan dari wilayah lain ke Papua. Jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan pelestarian sumber daya lahan pertanian ?

Pembahasan Soal:

Pelestarian Sumber Daya Lahan Pertanian (SDLP) merupakan seluruh upaya pengelolaan sumber daya lahan pertanian untuk mewujudkan pertanian yang produktif, menguntungkan, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pelestarian dan keseimbangan ekologis agar tercipta sistem produksi pertanian yang berkelanjutan. Upaya pelestarian Sumber Daya Lahan Pertanian sangat penting di Indonesia karena terjadi penurunan mutu sumber daya lahan, curah hujan yang tinggi berpotensi merusak lahan, serta tingginya jumlah penduduk dan tingkat kemiskinan yang menimbulkan sistem pertanian eksploitatif.

0

Roboguru

Pohon ini menghasilkan buah yang kaya akan karbohidrat dan dikenal sebagai breadfruit oleh orang-orang Eropa. Pohon yang dimaksud adalah ....

Pembahasan Soal:

Pohon yang menghasilkan karbohidrat dan dikenal sebagai breadfruit oleh orang-orang Eropa. Pohon yang dimaksud adalah pohon sukun. Pohon sukun adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijumpai di Indonesia dan banyak digunakan terutama dalam pengolahan makanan tradisional.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan bahan baku tepung tapioka adalah ....

Pembahasan Soal:

Tepung tapioka adalah salah satu jenis tepung yang berasal dari Ketela atau singkong. Tepung tapioka pada umunya digunkan untuk bahan makanan dan jajanan tradisional.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved