Roboguru

Salah satu cara mencari dan mengumpulkan sumber sejarah adalah ....

Pertanyaan

Salah satu cara mencari dan mengumpulkan sumber sejarah adalah ....

  1. Melakukan kritik terhadap dokumen.

  2. Melakukan sintesis terhadap sumber sejarah.

  3. Memilah berita surat kabar yang sesuai dengan sejarah.

  4. Melakukan penafsiran terhadap sumber sejarah.

  5. Menyeleksi sumber sejarah yang benar dan salah.

Pembahasan Soal:

Heuristik dalam metode penelitian sejarah merupakan tahap mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber-sumber atau data yang relevan dengan topik penelitian untuk mengetahui berbagai peristiwa di masa lampau. Pengumpulan sumber dapat berupa sumber lisan, sumber tertulis, maupun sumber benda. Salah satu contoh dalam mengumpulkan sumber sejarah adalah dengan memilah sumber tertulis seperti surat kabar yang sesuai dengan peristiwa sejarah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini merupakan contoh langkah heuristik dalam metode sejarah ....

Pembahasan Soal:

Tahap penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo terbagi menjadi lima, yakni pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Tahap heuristik merupakan tahap pencarian atau pengumpulan sumber. Pencarian sumber berguna untuk menetapkan masa sumber yang berkaitan dan yang tidak. Setelah sumber terkumpul, selanjutnya dilakukan verifikasi atau kritik sumber. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Pemilihan bukti yang dianggap penting dalam historiografi disebut...

Pembahasan Soal:

Setelah pemilihan topik maka langkah selanjutnya yang diambil dalam metode penelitian sejarah yaitu mengumpulkan sumber (Heuristik). Tahapan ini berperan penting untuk mengetahui fakta-fakta baru tentang sebuah peristiwa. Adapun sumber-sumber yang biasa digunakan dalam penelitian sejarah, yaitu:

  1. Sumber lisan, Sumber lisan merupakan keterangan yang didapat dari orang-orang yang mengalami kejadian atau peristiwa tersebut secara langsung. Jenis sumber lisan juga bisa didapatkan dari orang yang berada di sekitar tokoh yang mengalami peristiwa sejarah, seperti kerabat dekat, tetangga, atau tokoh lainnya. Contoh sumber ini adalah wawancara.
  2. Sumber tulisan, Sumber tulisan berasal dari catatan-catatan mengenai suatu kejadian di masa lampau yang sampai saat ini masih dapat ditemukan. Beberapa contoh sumber tulisan dalam penelitian sejarah yaitu dokumen, prasasti, piagam, naskah, surat kabar, dan laporan.
  3. Sumber benda, Selain sumber lisan dan tulisan, sejarah juga dapat diketahui dari sumber benda. Sumber ini didapatkan dari benda-benda asli yang berasal dari suatu zaman atau peristiwa tertentu. Benda yang biasanya menjadi sumber sejarah yaitu bangunan, senjata, perkakas, patung, candi, serta perhiasan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan informasi berikut “Sinta rajin mengunjungi perpustakaan untuk mencari sumber tentang peristiwa pertempuran Bojong Kokosan di Jawa Barat” Kegiatan yang dilakukan Sinta adalah merupakan ran...

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan semua kejadian atau peristiwa masa lalu, yang bertujuan untuk memahami perilaku masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Kuntowijoyo dalam Pengantar Ilmu Sejarah (2010) menjelaskan bahwa penelitian sejarah mempunyai 5 tahapan, yaitu pemilihan topik, heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan penulisan. Ada beberapa sejarawan yang menyatakan bahwa terdapat 4 tahapan penelitian sejarah yaitu heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan penulisan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Heuristik : tahap untuk mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber-sumber berbagai data agar dapat mengetahui segala bentuk peristiwa atau kejadian sejarah  masa lampau yang relevan dengan topik/judul penelitian.
  2. Verifikasi : penilaian terhadap sumber-sumber sejarah. Verifikasi dalam sejarah memiliki arti pemeriksaan terhadap kebenaran laporan tentang suatu peristiwa sejarah.
  3. Interpretasi : menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal. Interpretasi dalam sejarah dapat juga diartikan sebagai penafsiran suatu peristiwa atau memberikan pandangan teoritis terhadap suatu peristiwa. 
  4. Historiografi adalah penulisan sejarah.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa langkah yang dilakukan Sinta adalah Heuristik

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Pelaku sejarah memiliki peran penting dalam penelitian sejarah karena ....

Pembahasan Soal:

Dalam tahap heuristik metode penelitian sejarah, pelaku sejarah memiliki peran penting. Heuristik adalah pengumpulan data dari sumber sejarah. Sumber tersebuh dapat berupa tulisan, lisan, dan benda sejarah. Karena pelaku sejarah adalah orang yang terlibat langsung dalam peristiwa sejarah, pelaku sejarah dapat menjadi salah satu sumber sejarah yang dapat dipercaya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Vii pergi mengunjungi perpustakaan Kota Bogor untuk mencari buku tentang sejarah kota Bogor. Selanjutnya, Vii juga mengunjungi Museum Perjuangan Kota Bogor untuk melihat berbagai koleksi benda sejarah...

Pembahasan Soal:

Kegiatan yang dilakukan oleh Vii dalam langkah-langkah penelitian sejarah yaitu heuristik atau pengumpulan data. Ketika Vii mengunjungi perpustakaan Bogor, ia mendapatkan sumber berupa buku-buku tentang sejarah kota Bogor. Vii juga menemukan sumber lainnya berupa koran lama. Sumber buku dan koran lama merupakan sumber tertulis yang ditemukan Vii. Sedangkan sumber benda sudah didapatkan setelah Vii mengunjungi Museum Perjuangan Kota Bogor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved