Roboguru

Salah satu bangsa yang menjadi pelopor penjelajahan samudra bangsa-bangsa Barat adalah Spanyol. Rute yang ditempuh bangsa Spanyol untuk menemukan kepulauan rempah-rempah yaitu...

Pertanyaan

Salah satu bangsa yang menjadi pelopor penjelajahan samudra bangsa-bangsa Barat adalah Spanyol. Rute yang ditempuh bangsa Spanyol untuk menemukan kepulauan rempah-rempah yaitu...

  1. Menyeberangi Samudra Atlantik

  2. Mengitari pantai Tanjung Harapan

  3. Menyusuri Samudra Hindia

  4. Menyusuri pantai barat Afrika

  5. Menyebrangi Samudra Hindia

Pembahasan Soal:

Mulai tahun 1451 masehi atas perintah Ratu Isabella bangsa Spanyol mengadakan penjelajahan samudra. Tokoh-tokoh penjelajahan samudra bangsa Spanyol sebagai berikut :

  1. Christophorus Columbus (1451-1506)
  2. Ferdinand Magelhaens (1480-1521)
  3. Juan Sebastian del Cano (1480-1522)

Penjelajahan Samudra oleh bangsa Spanyol di awali dengan penjelajan yang dilakukan Christopher Columbus pada tanggal 3 agustus 1492. Bermodal tiga butir kapal yg bernama pinta, nina serta maria, menggunakan awak 88 orang pelaut yang merupakan pemberian dari Ratu Issabella penguasa spanyol. Rute penjelajahan samudra Christophorus Columbus dimulai dari kota Lisbon berlayar kearah barat menyeberangi samudra Atlantik. Sesudah berlayar lebih asal 2 bulan mengarungi samudra Atlantik, sampailah columbus di kepulauan Bahama di Karibia. Beliau merasa sudah hingga di kepulauan hindia timur yg adalah sumber rempah-rempah. Dia menamai penduduk orisinil di tempat itu menjadi indian. Selanjutnya kepulauan Bahama dikenal menjadi hindia barat.

Penjelajahan Samudra selanjutnya di lakukan oleh Ferdinand Magelhaens (Magellan). Pada 10 agustus 1519, Magelhaens (magellan, keturunan portugis) menggunakan 5 butir kapal berawak 250 orang, berlayar ke barat mengikuti jejak columbus. Magelhaens didampingi Capt Juan Sebastian Del Cano serta seorang penulis berasal Italia yg bernama pigafetta. Penulis inilah yg mengisahkan bepergian magelhaens-del cano mengelilingi dunia yg menunjukan bahwa bumi itu bulat seperti bola. Rute penjelajahannya adalah bertolak dari Spanyol kearah barat mengarungi samudra Atlantik, menyusuri pantai timur Amerika, sampai diujung selatan benua Amerika, kemudian mengarungi samudra Pasifik yang sangat luas dan tenang, sampai di Massava (Pilifina), disana Ferdinand Magellan tewas oleh orang Mactan, kemudian sisa pasukan di bawah pimpinan Yuan Sebastian Del Canno melanjutkan perjalanan ke Kalimantan, Maluku, dan pulang ke Spanyol lewat Tanjung Harapan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved