Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu alasan Morgan memilih lalat buah ( Drosophila melanogaster ) sebagai objek penelitiannya adalah … .

Salah satu alasan Morgan memilih lalat buah (Drosophila melanogaster) sebagai objek penelitiannya adalah . 

  1. ukuran kromosom lalat buah sangat besar

  2. lalat buah memiliki sedikit varietas

  3. jumlah kromosom lalat buah 8 pasang

     

  4. jumlah keturunan lalat buah relatif sedikit

     

  5. siklus hidup lalat buah panjang

Iklan

F. Freelancer2

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Alasannya adalah: Lalat buah ( Drosophila melanogaster ) mudah dipelihara dalam laboratorium karena makanannya sangat sederhana (berupa buah, agar-agar, dan sejenisnya), hanya memerlukan sedikit ruangan dan tubuhnya cukup kuat. Pada temperatur kamar (suhu ruangan), Lalat buah ( Drosophila melanogaster ) dapat menyelesaikan siklus hidupnya kurang lebih dalam 12 hari. Jumlahnya di alam sangat berlimpah dan mudah didapati. Lalat buah ( Drosophila melanogaster ) dapat menghasilkan keturunan dalam jumlah yang besar. Jumlah kromosom relatif sedikit, yaitu 4 pasang dan memiliki “Giant Chromosme”. Kromosom ini terdapat dalam sel-sel kelenjar ludah yang besarnya 100 kali lipat dari kromosom biasa, sehingga mudah diamati di bawah mikroskop cahaya. Lalat buah ( Drosophila melanogaster ) memiliki berbagai macam perbedaan sifat keturunan yang dapat dikenali dengan pembesaran lemah. Lalat buah ( Drosophila melanogaster ) ini memiliki beberapa jenis mutan (individu yang dihasilkan karena adanya mutasi) yang dapat diamati dengan perbesaran yang lemah pula. Perkembangan dari siklus hidupnya mudah di amati, karena terjadi di luar tubuhnya mulai dari telur, larva, pupa hingga menjadi dewasa (imago). Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Alasannya adalah:

  1. Lalat buah (Drosophila melanogaster) mudah dipelihara dalam laboratorium karena makanannya sangat sederhana (berupa buah, agar-agar, dan sejenisnya), hanya memerlukan sedikit ruangan dan tubuhnya cukup kuat.
  2. Pada temperatur kamar (suhu ruangan), Lalat buah (Drosophila melanogaster) dapat menyelesaikan siklus hidupnya kurang lebih dalam 12 hari.
  3. Jumlahnya di alam sangat berlimpah dan mudah didapati.
  4. Lalat buah (Drosophila melanogaster) dapat menghasilkan keturunan dalam jumlah yang besar.
  5. Jumlah kromosom relatif sedikit, yaitu 4 pasang dan memiliki “Giant Chromosme”. Kromosom ini terdapat dalam sel-sel kelenjar ludah yang besarnya 100 kali lipat dari kromosom biasa, sehingga mudah diamati di bawah mikroskop cahaya.
  6. Lalat buah (Drosophila melanogaster) memiliki berbagai macam perbedaan sifat keturunan yang dapat dikenali dengan pembesaran lemah. Lalat buah (Drosophila melanogaster) ini memiliki beberapa jenis mutan (individu yang dihasilkan karena adanya mutasi) yang dapat diamati dengan perbesaran yang lemah pula.
  7. Perkembangan dari siklus hidupnya mudah di amati, karena terjadi di luar tubuhnya mulai dari telur, larva, pupa hingga menjadi dewasa (imago).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada suatu eksperimen dihasilkan keturunan hasil test cross (putih) dengan individu double heterozigot: 84 ekor Drosophyla tubuh kelabu sayap panjang 22 ekor Drosophyla tubuh kelabu sayap pen...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia