Roboguru

Salah satu alasan masyarakat desa dalam menentukan lokasi lahan permukiman adalah....

Pertanyaan

Salah satu alasan masyarakat desa dalam menentukan lokasi lahan permukiman adalah....space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Faktor masyarakat desa dalam menentukan lokasi lahan permukiman adalah tanah yang subur dan ketersediaan air yang cukup, hal ini berkaitan dengan karakteristik masyarakatnya yang masih bergantung pada alam. Selain itu, masyarakat desa akan memilih lokasi pemukiman yang saling berdekatan satu sama lain dengan sanak familinya agar mudah saling tolong-menolong, karena sifat mereka yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Walaupun pola keruangan permukiman desa mempunyai keberlanjutan tinggi, namun stabilitas ekosistem desa tetap rawan, karena…

Pembahasan Soal:

Hal yang menyebabkan stabilitas ekosistem desa tetap rawan meskipun pola keruangan pemukiman desa berkelanjutan adalah karena tingkat perekonomian desa rendah. Perbedaan perkembangan ekonomi wilayah diindikasikan dengan perbedaan perkembangan wilayah. Adanya kesenjangan wilayah desa dan kota tersebut terlihat dari padatnya bangunan-bangunan tinggi yang berorientasi sebagai tempat tinggal dan bangunan publik. Selain itu perkembangan ekonomi wilayah hasil dari pembangunan ekonomi wilayah, dianggap baik apabila pertumbuhan ekonomi wilayah dan pendapatan per kapita tinggi dan stabil, serta hasil pembangunan terdistribusi merata. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Desa Lebak terletak di daerah dataran rendah. Jaringan jalan di Desa Lebak sangat memadai sehingga memengaruhi pola permukimannya. Pola permukiman penduduk yang terbentuk di Desa Lebak adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Bintarto, desa merupakan perwujudan kesatuan geografis sosial ekonomi budaya yang terdapat pada suatu daerah. Desa-desa yang tersebar di suatu wilayah memiliki pola keruangan yang beragam dan unik mengikuti keadaan geografis wilayah tersebut. Pola persebaran desa berdasarkan ruangnya adalah sebagai berikut.

  • Pola desa memanjang atau linier. Pola ini memanjang mengikuti jaringan jalan, sungai dan pantai yang berada di dataran rendah.
  • Pola desa memusat. Pola ini mengelompok dan mengelilingi fasilitas tertentu seperti sumber air, bendungan, dan pusat pertokoan.
  • Pola desa menyebar. Pola ini menyebar dikarenakan terdapat di daerah kapur dan dataran tinggi, serta daerah pegunungan yang berelief kasar.

Dari penjelasan tersebut, pola persebaran permukiman di Desa Lebak yang mengikuti jaringan jalan adalah pola desa memanjang atau linier.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan tiga macam pola persebaran desa berikut ini! d. Pola desa yang mengelilingi suatu fasilitas

Pembahasan Soal:

Pola desa yang mengelilingi suatu fasilitas, biasanya terdapat di daerah dataran rendah yang mempunyai fasiltas-fasilitas umum, seperti pasar, sumber mata air atau termina;. Hal ini betujuan agar masyarakat mudah dalam memanfaatkan faslitas tersebut.

0

Roboguru

Pola keruangan permukiman desa di Pulau Kalimantan adalah ...

Pembahasan Soal:

Struktur ruang desa ditunjukkan oleh pola keruangan desa, yaitu pemanfaatan laban desa untuk berbagai keperluan penduduk. Pola keruangan atau permukiman desa diklasifikasikan menjadi tiga pola, yaitu:

  1. Pola Permukiman Menyebar. Pola ini biasanya terdapat di dataran rendah dengan topografi datar.
  2. Pola Permukiman Memanjang. Pola ini memanjang mengikuti jalur sungai, jalan, dan pantai. Pola permukiman di Kalimantan merupakan pola memanjang mengikuti tepi sungai seperti permukiman di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.
  3. Pola Permukiman Mengelompok atau Terpusat. Pola ini terpisat di simpangan jalan, mata air, atau muara sungai. Pola ini biasanya dapat ditemukan di daerah pegunungan.

Dari penjelasan tersebut, maka pola permukiman di Provinsi Kalimantan adalah pola permukiman memanjang mengikuti sungai. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Jelaskan pola-pola persebaran permukiman di desa!

Pembahasan Soal:

Menurut Daldjoeni (1987), bentuk pedesaan ditinjau dari pola tata guna lahannya. Pola persebaran permukiman pedesaan berbeda antara satu desa dengan desa lainnya. Perbedaan pola tersebut tergantung pada struktur dan aspek geografi pedesaan. Adapun pola persebaran permukiman di desa adalah sebagai berikut.

  • Pola memusat. Pola ini banyak dijumpai di wilayah pegunungan.
  • Pola mengelilingi fasilitas. Pola ini bayak dijumpai di wilayah dataran rendah dan terdapat fasilitas umum yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk setempat.
  • Pola memanjang mengikuti jalan raya atau alur sungai. Pola ini dapat dijumpai di daerah dataran rendah.
  • Pola memanjang mengikuti garis pantai.

space

 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved