Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu ajaran Sun Yat Sen yang berpandangan tentang semangat demokrasi berlandaskan kepada kedaulatan tertinggi yang berada di tangan rakyat adalah ...

Salah satu ajaran Sun Yat Sen yang berpandangan tentang semangat demokrasi berlandaskan kepada kedaulatan tertinggi yang berada di tangan rakyat adalah ...

  1. Min T'sen

  2. Chui T'sen

  3. Min Chu

  4. Tsen Min

  5. Min Sheng

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Dr. Sun Yat Sen sebagai tokoh intelektual dan revolusioner Cina memiliki ajaran serta pemikiran yang dikenal sebagai San Min Chu I . Ajaran tersebut merupakan gagasan dari dr. Sun Yat Sen tentang penyelenggaraan pemerintahan Cina yang didasarkan pada ide-ide nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme. Penjabaran terhadap ajaran San Min Chu I adalah sebagai berikut. Min Ts’u , berarti negara atau bangsa. Dr. Sun Yat Sen menginginkan Cina merdeka dari dominasi asing. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan rasa persatuan dan kesatuan atau nasionalisme Cina dari seluruh perbedaan etnis yang ada. Min Ch’uan , diartikan sebagai demokrasi. Ajaran ini menempatkan rakyat sebagai kekuatan tertinggi sehingga rakyat pula yang harus terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dr. Sun Yat Sen membagi kehidupan politik menjadi dua bagian yaitu kekuatan politik dan kekuatan pemerintahan. Min Sheng , berarti penghidupan ( people’s livelihood ), keberadaan sosial ( social existence ), ekonomi nasional ( national economy ), dan kebersamaan ( group life ). Dr. Sun Yat Sen menginginkan sosialisme sebagai asas penghidupan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Dr. Sun Yat Sen sebagai tokoh intelektual dan revolusioner Cina memiliki ajaran serta pemikiran yang dikenal sebagai San Min Chu I. Ajaran tersebut merupakan gagasan dari dr. Sun Yat Sen tentang penyelenggaraan pemerintahan Cina yang didasarkan pada ide-ide nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme. Penjabaran terhadap ajaran San Min Chu I adalah sebagai berikut.

  • Min Ts’u, berarti negara atau bangsa. Dr. Sun Yat Sen menginginkan Cina merdeka dari dominasi asing. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan rasa persatuan dan kesatuan atau nasionalisme Cina dari seluruh perbedaan etnis yang ada.
  • Min Ch’uan, diartikan sebagai demokrasi. Ajaran ini menempatkan rakyat sebagai kekuatan tertinggi sehingga rakyat pula yang harus terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dr. Sun Yat Sen membagi kehidupan politik menjadi dua bagian yaitu kekuatan politik dan kekuatan pemerintahan.
  • Min Sheng, berarti penghidupan (people’s livelihood), keberadaan sosial (social existence), ekonomi nasional (national economy), dan kebersamaan (group life). Dr. Sun Yat Sen menginginkan sosialisme sebagai asas penghidupan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

276

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pelopor gerakan nasionalisme di Cina adalah ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia