Iklan

Iklan

Pertanyaan

Saat turun hujan, terkadang diiringi guntur atau petir karena awan….

Saat turun hujan, terkadang diiringi guntur atau petir karena awan….space 

  1. Mengandung petirspace 

  2. Mengandung anginspace 

  3. Mengandung muatan listrikspace 

  4. Yang bertabrakanspace 

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Saat turun hujan, terkadang diiringi guntur atau petir karena awan muatan listrik. Hal ini terjadi karena muatan positif dan negatif listrik di awan merusak penghambat muatan, yaitu udara, sehingga terjadi pelepasan listrik. Petir yang terjadi saat hujan disebabkan karena adanya pertemuan banyak es di awan yang saling bergerak di udara. Pertemuan dan tabrakan ini kemudian menghasilkan muatan listrik, yang membuat awan jadi penuh dengan muatan listrik. Listrik yang menumpuk di awan kemudian dilepaskan, baik dari awan ke awan maupun dari awan ke tanah. Pelepasan listrik ini terjadi karena muatan positif dan negatif listrik di awan merusak penghambat muatan, yaitu udara, sehingga terjadi pelepasan listrik. Sedangkan suara keras yang kita dengar setelah terjadinya kilatan petir adalah guntur. Suara guntur yang menggelegar ini terjadi saat udara yang memuai secara tiba-tiba karena proses pemanasan oleh petir. Udara yang memuai ini kemudian menghasilkan suara besar, yang kita sebut guntur. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Saat turun hujan, terkadang diiringi guntur atau petir karena awan muatan listrik. Hal ini terjadi karena muatan positif dan negatif listrik di awan merusak penghambat muatan, yaitu udara, sehingga terjadi pelepasan listrik.

Petir yang terjadi saat hujan disebabkan karena adanya pertemuan banyak es di awan yang saling bergerak di udara. Pertemuan dan tabrakan ini kemudian menghasilkan muatan listrik, yang membuat awan jadi penuh dengan muatan listrik. Listrik yang menumpuk di awan kemudian dilepaskan, baik dari awan ke awan maupun dari awan ke tanah.

Pelepasan listrik ini terjadi karena muatan positif dan negatif listrik di awan merusak penghambat muatan, yaitu udara, sehingga terjadi pelepasan listrik. Sedangkan suara keras yang kita dengar setelah terjadinya kilatan petir adalah guntur. Suara guntur yang menggelegar ini terjadi saat udara yang memuai secara tiba-tiba karena proses pemanasan oleh petir. Udara yang memuai ini kemudian menghasilkan suara besar, yang kita sebut guntur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Fitria Sugiarti

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Awan cumulonimbus adalah awan yang mengandung….

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia