Iklan

Iklan

Pertanyaan

Saat menyapu halaman rumah. Anik melihat semut rangrang yang hidup pada tanaman jambu air. Selanjutnya, Anik mengamati kedua jenis makhluk tersebut. Berdasarkan ilmu yang di peroleh, Anik menyimpulkan bahwa antara semut rangrang dengan tanaman jambu air dapat terjalin suatu interaksi. Dari uraian tersebut, interaksi terjadi antara semut rangrang dengan tanaman jambu air adalah ....

Saat menyapu halaman rumah. Anik melihat semut rangrang yang hidup pada tanaman jambu air. Selanjutnya, Anik mengamati kedua jenis makhluk tersebut. Berdasarkan ilmu yang di peroleh, Anik menyimpulkan bahwa antara semut rangrang dengan tanaman jambu air dapat terjalin suatu interaksi. Dari uraian tersebut, interaksi terjadi antara semut rangrang dengan tanaman jambu air adalah ....space 

  1. simbiosis komensalisme space 

  2. simbiosis amensalismespace 

  3. simbiosis parasitismespace 

  4. simbiosis intraspesifikspace 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

interaksi antara semut rangrang dengan tanaman jambu air adalah Interaksi Protokooperasi.

interaksi antara semut rangrang dengan tanaman jambu air adalah Interaksi Protokooperasi.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Interaksi antar makhluk hidup yang terjadi pada sebuah ekosistem, berguna untuk menjaga kestabilan suatu ekosistem.Ada bermacam-macam jenis interaksi. Interaksi netral merupakan interaksi yang tidak mempengaruhi satu sama lain. Interaksi Predasi merupakan interaksi makan (pemangsa) dan dimakan (mangsa) . Interaksi Simbiosis merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda. Jenis-jenis simbiosis ada 4 yaitu simbiosis muatualisme, komensalisme, amensalisme dan parasitisme. Interaksi Antibiosis adalah interaksi yang menghambat pertumbuhan pihak lain . Interaksi Kompetisi adalah interaksi dalam memperebutkan hal yang sama . Interaksi Protokooperasi merupakan interaksi yang saling menguntungkan tetapi bukan suatu keharusan . Berdasarkan soal di atas interaksi antara semut rangrang yang hidup pada tanaman jambu air adalah Interaksi Protokooperaso. Jambu air digunakan oleh semut rangrang sebagai rumah/sarang semut. Sedangkan semut rangrang bermanfaat bagi jambu air karena berfungsi untuk mengusir hama. Tetapi, hubungan ini bukan suatu keharusan, bisa saja pohon jambu berinteraksi dengan jenis semut lain, ataupun semut rangrang berinteraksi dengan jenis pohon lain. Namun pada soal tidak terdapat jawaban interaksi protokooperasi. Jadi, interaksi antara semut rangrang dengan tanaman jambu air adalah Interaksi Protokooperasi.

Interaksi antar makhluk hidup yang terjadi pada sebuah ekosistem, berguna untuk menjaga kestabilan suatu ekosistem.Ada bermacam-macam jenis interaksi. Interaksi netral merupakan interaksi yang tidak mempengaruhi satu sama lain. Interaksi Predasi merupakan interaksi makan (pemangsa) dan dimakan (mangsa). Interaksi Simbiosis merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda. Jenis-jenis simbiosis ada 4 yaitu simbiosis muatualisme, komensalisme, amensalisme dan parasitisme. Interaksi Antibiosis adalah interaksi yang menghambat pertumbuhan pihak lain. Interaksi Kompetisi adalah interaksi dalam memperebutkan hal yang sama. Interaksi Protokooperasi merupakan interaksi yang saling menguntungkan tetapi bukan suatu keharusan.

Berdasarkan soal di atas interaksi antara semut rangrang yang hidup pada tanaman jambu air adalah Interaksi Protokooperaso. Jambu air digunakan oleh semut rangrang sebagai rumah/sarang semut. Sedangkan semut rangrang bermanfaat bagi jambu air karena berfungsi untuk mengusir hama. Tetapi, hubungan ini bukan suatu keharusan, bisa saja pohon jambu berinteraksi dengan jenis semut lain, ataupun semut rangrang berinteraksi dengan jenis pohon lain. Namun pada soal tidak terdapat jawaban interaksi protokooperasi.

Jadi, interaksi antara semut rangrang dengan tanaman jambu air adalah Interaksi Protokooperasi.

1rb+

Ramadhan Darin Ario

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Saling ketergantungan pada kedua makhluk hidup tersebut membentuk simbiosis ....

647

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia