Roboguru

Saat ini pembangunan wilayah desa telah didukung oleh dana desa. Dana ini bersumber dari APBN yang digunakan untuk penyelenggaraan pembangunan desa. Jika suatu desa menggunakan dana ini hanya untuk pembangunan fisik seperti jalan dan gedung pemerintahan desa, apakah Anda sepakat? Berikan alasannya!

Pertanyaan

Saat ini pembangunan wilayah desa telah didukung oleh dana desa. Dana ini bersumber dari APBN yang digunakan untuk penyelenggaraan pembangunan desa. Jika suatu desa menggunakan dana ini hanya untuk pembangunan fisik seperti jalan dan gedung pemerintahan desa, apakah Anda sepakat? Berikan alasannya!space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi Desa yang digunakan unuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan Dana Desa berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa adalah:

  1. Mengatasi kemiskinan dan mengurangi kesenjagan.
  2. Meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran pembangunan di tingkat desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
  3. Mendorong pembangunan infrastruktur pedesaan yang berlandaskan keadilan dan kearifan lokal.
  4. Meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan, sosial, budaya dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan sosial.
  5. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa
  6. Mendorong peningkatan keswadayaan dan gotong royong masyarakat desa.
  7. Meningkatakan pedapatan desa dan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa 

Pendapat : Tidak setuju, karena dana pembangunan desa tidak hanya digunakan untuk pembangunan fisik saja tetapi juga digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketimpangan pembangunan antarwilayah cenderung tinggi. Sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya. SEBAB  Mobilitas kurang lancar menyebabkan kelebihan produksi suatu daerah t...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar

Ketimpangan pembangunan antarwilayah cenderung tinggi. Sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya.

Alasan benar

Mobilitas kurang lancar menyebabkan kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat di jual ke daerah lain yang membutuhkan.

Jika mobilitas kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat di jual ke daerah lain yang membutuhkan. Hal tersebut mengakibatkan ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi, sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa alasan dan pernyataan menujnjukkan hubungan sebab akibat. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Kondisi alam pedesaan yang indah dan beragam dapat membantu upaya realisasi pemerataan pembangunan di desa, potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan cara ….

Pembahasan Soal:

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk merealisasikan pemerataan pembangunan adalah pemanfaatan pariwisata. Karena kekayaan alam desa yang indah dan beragam, banyak daerah di Indonesia memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata. Jika suatu daerah menjadi kawasan wisata yang layak, tentu akan mendatangkan banyak pengunjung dan memicu pembangunan infrastruktur serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi penduduk setempat. Hal ini akan membuat penduduk pedesaan di kawasan wisata mengalami peningkatan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan, serta menurunkan tingkat pengangguran. Dengan hal ini, diharapkan pembangunan akan menjadi lebih merata dan dapat menurunkan tingkat urbanisasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D. 

0

Roboguru

Tujuan pembangunan prasarana dan sarana transportasi antardesa dan kota merupakan ....

Pembahasan Soal:

Hal-hal yang menarik penduduk desa pindah ke kota (Pull Factor), antara lain sebagai berikut.

  • Ada anggapan di kota lebih banyak lapangan pekerjaan dan mudah mendapat penghasilan.
  • Lebih luas kesempatan untuk mengembangkan usaha kerajinan rumah menjadi industri kerajinan.
  • Banyak fasiltas tersedia di kota, seperti pendidikan, kesehatan dan transportasi serta sebagainya.
  • Tempat berkumpulnya penduduk dari segala budaya.

Berdasarkan penjelasan diatas maka pembangunan transportasi antar desa dan kota termasuk faktor penarik urbanisasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Upaya yang dilakukan untuk menekan tingginya laju urbanisasi dari desa ke kota besar di Indonesia adalah …. memperluas lapangan kerja di desa meningkatkan keterampilan masyarakat desa menambah sa...

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa upaya atau cara yang dapat dilakukan untuk menekan angka urbanisasi dari desa ke kota besar di wilayah Indonesia. Upaya-upaya yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut,

  • Meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan di desa
  • Memberikan pelatihan SDM tentang ekonomi kreatif dan sebagainya
  • Melengkapi sarana dan prasarana di desa
  • Memberikan bantuan pengembangan wilayah desa 

 Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut ini yang menjadi kendala bagi Indonesia sebagai sebuah negara dalam merealisasikan pemerataan pembangunan adalah ….

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara dengan jumlah pulau yang banyak, sumber daya alam melimpah dan iklim tropis yang relatif bersahabat. Namun, disisi lain terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh penduduk yang tinggal di dalamnya, tantangan tersebut salah satunya merupakan pemerataan pembangunan kota-kota yang terdapat di Indonesia. 
Dengan kondisi geografis negara kepulauan maka akan sulit merealisasikan pemerataan pembangunan, karena distribusi barang, jasa dan manusia harus melewati bentangan selat-selat yang memisahkan. Dengan terputus-putusnya jalur darat tersebut, maka untuk mempermudah pembangunan harus ditempuh dengan sarana transportasi lain seperti kapal maupun pesawat yang memerlukan sarana dan prasarana yang tidak murah untuk dibangun. Pembangunan infrastruktur seperti jembatan juga memerlukan dana dan waktu yang tidak sebentar. Oleh karenanya, bentuk Negara kepulauan memang merupakan suatu tantangan bagi Indonesia untuk merealisasikan pemerataan pembangunan di seluruh wilayahnya tanpa terkecuali. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved