Roboguru

Saat Bejo belajar biologi bersama tukiyem, Bejo menemukan soal seperti ini: "Ion kalsium (Ca2+) memiliki peran penting untuk kontraksi sel otot karena ..."

Pertanyaan

Saat Bejo belajar biologi bersama tukiyem, Bejo menemukan soal seperti ini: "Ion kalsium (Ca2+) memiliki peran penting untuk kontraksi sel otot karena ..."undefined 

  1. Dapat berikatan dengan troponinundefined 

  2. Mencegah pembentukan ikatan antara miosin dan filamen aktinundefined 

  3. Berperan untuk melepaskan ikatan miosin dari aktinundefined 

  4. Mengaktifkan ATPase pada miosinundefined 

Pembahasan Soal:

Mekanisme kontraksi otot diawali dengan penghantaran aksi potensial di sepanjang saraf dan berakhir pada membran otot. Pada ujung saraf dilepaskan neurotransmitter asetilkolin yang akan bekerja pada membran serabut otot dan membuka gate Natrium. Ion Natrium yang masuk dalam jumlah banyak akan memulai terjadinya aksi potensial pada membran otot. Aksi potensial dihantarkan sepanjang membran otot dan ketika sampai ke bagian otot akan menstimulasi retikulum sarkoplasma untuk melepaskan ion Kalsium. Ion Kalsium akan berikatan dengan troponin dan mengawali ikatan antara aktin dengan myosin. Ikatan antara aktin dan myosin menyebabkan kedua filamen saling menarik ke arah tengah. Peristiwa tersebut adalah peristiwa kontraksi otot. Jadi, ion kalsium berperan penting untuk kontraksi sel otot karena dapat berikatan dengan troponin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved