Iklan

Iklan

Pertanyaan

Rumus molekul dari asam sulfida, asam sulfat, dan asam pospat berturut-turut adalah ...

Rumus molekul dari asam sulfida, asam sulfat, dan asam pospat berturut-turut adalah ...

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

rumus molekul dari asam sulfida, asam sulfat, dan asam fosfat berturut-turut adalah , , dan .

rumus molekul dari asam sulfida, asam sulfat, dan asam fosfat berturut-turut adalah begin mathsize 14px style H subscript 2 S end stylebegin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style, dan begin mathsize 14px style H subscript 3 P O subscript 4 end style.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Asam sulfida, asam sulfat, dan asam fosfat merupakan senyawa asam. Untuk senyawa asam, penulisan rumus molekulnya sesuai dengan namanya yaitu asam (dengan rumus ) dilanjutkan dengan rumus untuk anionnya. Berikut adalah rumus kimia dan nama untuk beberapa anion. Asam sulfida terbentuk dari kation asam dengan rumus dan anion sulfida dengan rumus . Senyawa tidak bermuatan (netral), oleh sebab itu harus ada 2 ion dan 1 ion , dapat dituliskan: Asam sulfatterbentuk dari kation asam dengan rumus dan anion poliatomik sulfatdengan rumus . Senyawa tidak bermuatan (netral), oleh sebab itu harus ada 2 ion dan 1 ion , dapat dituliskan: Asam fosfat terbentuk dari kation asam dengan rumus dan anion poliatomik fosfatdengan rumus .Senyawa tidak bermuatan (netral), oleh sebab itu harus ada 3 ion dan 1 ion , dapat dituliskan: Dengan demikian, rumus molekul dari ketiga senyawa asam tersebut sebagai berikut. Asam sulfida = Asam sulfat = Asam pospat = Jadi, rumus molekul dari asam sulfida, asam sulfat, dan asam fosfat berturut-turut adalah , , dan .

Asam sulfida, asam sulfat, dan asam fosfat merupakan senyawa asam. Untuk senyawa asam, penulisan rumus molekulnya sesuai dengan namanya yaitu asam (dengan rumus H to the power of plus sign) dilanjutkan dengan rumus untuk anionnya. Berikut adalah rumus kimia dan nama untuk beberapa anion.

  1. Asam sulfida terbentuk dari kation asam dengan rumus begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan anion sulfida dengan rumus begin mathsize 14px style S to the power of 2 minus sign end style. Senyawa tidak bermuatan (netral), oleh sebab itu harus ada 2 ion begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan 1 ion begin mathsize 14px style S to the power of 2 minus sign end style, dapat dituliskan:

    2 H to the power of plus sign and S to the power of 2 minus sign yields H subscript 2 S
     
  2. Asam sulfat terbentuk dari kation asam dengan rumus begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan anion poliatomik sulfat dengan rumus begin mathsize 14px style S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent end style. Senyawa tidak bermuatan (netral), oleh sebab itu harus ada 2 ion begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan 1 ion begin mathsize 14px style S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent end style, dapat dituliskan:

    2 H to the power of plus sign plus S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent yields H subscript 2 S O subscript 4
     
  3. Asam fosfat terbentuk dari kation asam dengan rumus begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan anion poliatomik fosfat dengan rumus begin mathsize 14px style P O subscript 4 to the power of 3 minus sign end exponent end style. Senyawa tidak bermuatan (netral), oleh sebab itu harus ada 3 ion begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan 1 ion begin mathsize 14px style P O subscript 4 to the power of 3 minus sign end exponent end style, dapat dituliskan:

    3 H to the power of plus sign plus P O subscript 4 to the power of 3 minus sign end exponent yields H subscript 3 P O subscript 4

Dengan demikian, rumus molekul dari ketiga senyawa asam tersebut sebagai berikut.

  1. Asam sulfida = begin mathsize 14px style H subscript 2 S end style
  2. Asam sulfat = begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style
  3. Asam pospat = begin mathsize 14px style H subscript 3 P O subscript 4 end style

Jadi, rumus molekul dari asam sulfida, asam sulfat, dan asam fosfat berturut-turut adalah begin mathsize 14px style H subscript 2 S end stylebegin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style, dan begin mathsize 14px style H subscript 3 P O subscript 4 end style.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

43

Firdayani

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan rumus kimia dan reaksi ionisasi asam dan basa berikut. Asam asetat

30

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia