Iklan

Iklan

Pertanyaan

Rudi melakukan pelanggaran hak cipta dengan menggandakan keping DVD bajakan. Setelah dilakukan penggandaan ia menyewa stand toko di depan pasar swalayan untuk berjualan. Tindakan tersebut sudah lama berlangsung karena ia merasa mendapat dukungan dari oknum aparat yang nakal. Lembaga yang tepat dalam melakukan pengendalian sosial pada permasalahan tersebut adalah .....

Rudi melakukan pelanggaran hak cipta dengan menggandakan keping DVD bajakan. Setelah dilakukan penggandaan ia menyewa stand toko di depan pasar swalayan untuk berjualan. Tindakan tersebut sudah lama berlangsung karena ia merasa mendapat dukungan dari oknum aparat yang nakal. Lembaga yang tepat dalam melakukan pengendalian sosial pada permasalahan tersebut adalah ..... space 

  1. pendidikspace 

  2. kepolisianspace 

  3. pengadilanspace 

  4. pemuka agamaspace 

  5. tokoh masyarakatspace 

Iklan

W. Wahyuningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kepolisian merupakan lembaga aparat negara yang berwenang untuk menangkap pelaku-pelaku tindak pidana yang meresahkan masyarakat. karena lembaga ini bertugas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Berdasarkan soal terdapat pelanggaran hak cipta dengan menggandakan keping DVD bajakan sehingga lembaga yang tepat untuk melakukan pengendalian adalah kepolisian. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Pendidik bertuhas untuk memberikan nilai-nilai moral dan etika yang baik melalui lembaga pendidikan Pengadilan merupakan lembaga yang bertugas untuk memberikan hukuman dan menjatuhkan tindak pidanan kepada masyarakat yang terbukti melakukan kejahatan. Pemuka agama memberikan kontrol dengan nasihat nasihat sesuai dengan ajaran agama Tokoh masyarakat memberikan kontrol dalam masalah kehidupan masyarakat seperti konflik antarmasyarakat. Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Kepolisian merupakan lembaga aparat negara yang berwenang untuk menangkap pelaku-pelaku tindak pidana yang meresahkan masyarakat. karena lembaga ini bertugas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Berdasarkan soal terdapat pelanggaran hak cipta dengan menggandakan keping DVD bajakan sehingga lembaga yang tepat untuk melakukan pengendalian adalah kepolisian.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Pendidik bertuhas untuk memberikan nilai-nilai moral dan etika yang baik melalui lembaga pendidikan
  • Pengadilan merupakan lembaga yang bertugas untuk memberikan hukuman dan menjatuhkan tindak pidanan kepada masyarakat yang terbukti melakukan kejahatan.
  • Pemuka agama memberikan kontrol dengan nasihat nasihat sesuai dengan ajaran agama
  • Tokoh masyarakat memberikan kontrol dalam masalah kehidupan masyarakat seperti konflik antarmasyarakat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sekarang ini, penjahat semakin berani melakukan aksi penodongan dan perampokan di tempat-tempat ramai pada waktu siang hari. Lembaga sosial formal yangtepat untuk menangani kasus di atas adalah..

11

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia