Roboguru

RRC salah satu negara dengan jumlah penduduk yang relatif besar. Walaupun dengan jumlah penduduk yang luar biasa, RRC memiliki banyak sekali keunikan-keunikan. Salah satu keunikan terletak pada kondisi jalan kota metropolitan di RRC. Pada jam sibuk, saat berangkat dan pulang kerja, orang-orang begitu sibuk lalu lalang, khususnya di Nangkhing Rood.     Mereka berjalan dengan cepat seakan mengejar waktu, tetapi anehnya tidak pernah saling bertabrakan. Rupanya, pejalan kaki di sana patuh pada suatu pola, yaitu berjalan dengan kecepatan yang sama dengan orang yang berjalan di depannya, tidak mencoba mendahului apabila tidak terpaksa, dan waktu berjalan pandangan di arahkan ke depan. Sumber: The Small Stuff of Wisdom   Kaji dan analisislah kasus di atas! Adakah nilai-nilai sosial yang terkandung di dalamnya? Temukan nilai yang menjadi pedoman mereka bertingkah laku sehingga membentuk suatu kondisi yang teratur.

Pertanyaan

    RRC salah satu negara dengan jumlah penduduk yang relatif besar. Walaupun dengan jumlah penduduk yang luar biasa, RRC memiliki banyak sekali keunikan-keunikan. Salah satu keunikan terletak pada kondisi jalan kota metropolitan di RRC. Pada jam sibuk, saat berangkat dan pulang kerja, orang-orang begitu sibuk lalu lalang, khususnya di Nangkhing Rood.

    Mereka berjalan dengan cepat seakan mengejar waktu, tetapi anehnya tidak pernah saling bertabrakan. Rupanya, pejalan kaki di sana patuh pada suatu pola, yaitu berjalan dengan kecepatan yang sama dengan orang yang berjalan di depannya, tidak mencoba mendahului apabila tidak terpaksa, dan waktu berjalan pandangan di arahkan ke depan.

Sumber: The Small Stuff of Wisdom

 

Kaji dan analisislah kasus di atas! Adakah nilai-nilai sosial yang terkandung di dalamnya? Temukan nilai yang menjadi pedoman mereka bertingkah laku sehingga membentuk suatu kondisi yang teratur.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dari kasus diatas dapat dianalisis bahwa keteraturan sosial yang terjadi di RRC, khususnya di Nangking Rood terjadi karena telah tercipta suatu nilai yang dipatuhi oleh anggota masyarakatnya. Yaitu berjalan dengan kecepatan yang sama tanpa mendahului orang yang ada di depannya kecuali terpaksa seperti mengejar waktu, sehingga diantara mereka tidak ada yang bertabrakan meskipun dalam keadaan ramai di jam sibuk.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

​​​​​Jelaskan pengertian nilai disintegratif!

Pembahasan Soal:

Nilai disintegratif adalah nilai-nilai sosial yang berlaku hanya untuk sekelompok orang di wilayah tertentu. Jadi, sifat nilai disintegratif adalah lokal dan sangat etnosentris. Oleh karena itu, jika diterapkan pada lingkungan sosial budaya lain akan mengakibatkan konflik sosial, karena terjadi benturan-benturan nilai yang berbeda.

Roboguru

Sebutkan perbedaan dan persamaan spesifik antara nilai dan norma! (minimal 3)!

Pembahasan Soal:

Nilai adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan buruk di dalam masyarakat. Nilai dapat dijadikan dasar pertimbangan setiap individu dalam menentukan sikap serta mengambil keputusan. Norma adalah seperangkat aturan berupa perintah atau larangan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama.

Perbedaan dari nilai dan norma adalah sebagai berikut:

Nilai:

  1. Bentuk ekspresi mengenai suatu hal yang baik atau buruk, benar atau salah
  2. Membantu dalam mengambil keputusan atau tindakan
  3. Tidak ada sanksi yang jelas

Norma:

  1. Bentuk aturan
  2. Mengatur untuk bertindak sesuai dengan aturan
  3. Ada sanksi yang jelas

Persamaan dari nilai dan norma adalah sebagai berikut:

  1. Mengontrol perilaku masyarakat
  2. Melindungi masyarakat
  3. Membentuk keteraturan sosial.undefined 
Roboguru

Perubahan sosial diartika sebagai suatu proses di mana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial. Menurut Soekanto perubahan tersebut berkaitan dengan...

Pembahasan Soal:

Secara umum, perubahan sosial adalah suatu proses di mana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial. Menurut Soekanto, unsur-unsur yang mengalami perubahan dalam masyarakat, biasanya mengenai nilai-nilai sosial, pola perilaku, organisasi, stratifikasi sosial, kebiasaan, dan lain sebagainya. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dapat mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi, hukum, sosial, teknologi, dan sebagainya.

Roboguru

Ukuran-ukuran atau patokan-patokan yang dianut oleh masyarakat mengenai apa yang benar, pantas, dan luhur untuk dilakukan disebut ....

Pembahasan Soal:

Nilai sosial adalah ukuran-ukuran, patokan-patokan, anggapan-anggapan, keyakinan-keyakinan, yang hidup dan berkembang dalam masyarakat serta dianut oleh banyak orang dalam lingkungan masyarakat mengenai apa yang benar, pantas, luhur, dan baik untuk dilakukan. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Definisi nilai sosial menurut Soerjono Soekanto adalah ….

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto memiliki latar belakang pendidikan yang cukup menarik, yaitu lulus sarjana di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, gelar magister sosiologi didapatkan dari University of California Berkeley di Amerika Serikat, dan gelar Doktor Hukumnya didapatkan dari Universitas Indonesia. Soerjono Soekanto mendefinisikan nilai sebagai konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan buruk. Beliau juga berpendapat bahwa nilai sosial adalah nilai yang dianut oleh suatu kelompok masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved