Roboguru

Rongga yang berfungsi sebagai saluran cairan dari ginjal menuju kandung kemih sebelum dikeluarkan sebagai urin adalah ....

Pertanyaan

Rongga yang berfungsi sebagai saluran cairan dari ginjal menuju kandung kemih sebelum dikeluarkan sebagai urin adalah ....space 

Pembahasan Soal:

Sistem urinaria adalah sistem organ yang berfungsi untuk menyaring dan membuang zat limbah dengan cara menghasilkan urin. Jika fungsi sistem ini terganggu, limbah dan racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Komponen penyususn sistem urinaria adalah sebagai berikut.

  1. Ginjal, mengatur jumlah air dalam darah, menyaring zat limbah atau sisa metabolisme tubuh, menghasilkan hormon yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah dan produksi sel darah merah, serta mengatur pH atau tingkat keasaman darah. 
  2. Ureter adalah bagian dari sistem urinaria yang berbentuk menyerupai saluran pipa atau tabung. Ureter berfungsi untuk mengalirkan urine dari masing-masing ginjal untuk ditampung di kandung kemih.
  3. Kandung kemih berfungsi untuk menyimpan urin.
  4. Uretra atau saluran kencing adalah saluran yang menghubungkan antara kandung kemih ke lubang saluran kemih pada ujung penis atau vagina.

Jadi, rongga yang berfungsi sebagai saluran cairan dari ginjal menuju kandung kemih sebelum dikeluarkan sebagai urin adalah ureter. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 25 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved