Iklan

Iklan

Pertanyaan

Rino berusia 3 tahun sedang bermain dengan teman-teman sebayanya. Ia berperan sebagai dokter gigi sementara teman yang lain menjadi pasiennya. Tahap pembentukan kepribadian bagi Rino termasuk pada ......

Rino berusia 3 tahun sedang bermain dengan teman-teman sebayanya. Ia berperan sebagai dokter gigi sementara teman yang lain menjadi pasiennya. Tahap pembentukan kepribadian bagi Rino termasuk pada ......

  1. generalized others

  2. significant others

  3. personality stage

  4. game stage

  5. play stage

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan soal Rino yang berusia 3 tahun sedang bermain peran, ia berperan sebagai dokter sementara teman yang lain menjadi pasiennya, hal tersebut merupakan tahap Play stage. Tahap Play stage merupakan tahap bermain yang ditandai dengan terjadinya proses peniruan secara sempurna tetapi belum mengerti makna sepenuhnya yang ditirukan. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Generalized other merupakan tahap sosiallisasi yang ditandai dengan kesadaran akan status dan peran orang lain, sehingga mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sosialnya. Pada tahap ini seorang anak sudah dianggap dewasa karena seseorang belajar peran-peran yang ada dalam masyarakat secara lebih luas, selain itu tahap ini anak sudah mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Signifikan other, merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam proses sosialisasi seperti keluarga. Personality stage bukan merupakan tahap dalam proses sosialiasi. Game stage, merupakan tahap dimana anak mulai menyadari obyek permainan. Mereka menyadari bahwa permainan Tim terdapat peran-peran yang berbeda dan anak mulai mengetahui akan peran-peran dalam permainan itu.

Berdasarkan soal Rino yang berusia 3 tahun sedang bermain peran, ia berperan sebagai dokter sementara teman yang lain menjadi pasiennya, hal tersebut merupakan tahap Play stage. Tahap Play stage merupakan tahap bermain yang ditandai dengan terjadinya proses peniruan secara sempurna tetapi belum mengerti makna sepenuhnya yang ditirukan.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Generalized other merupakan tahap sosiallisasi yang ditandai dengan kesadaran akan status dan peran orang lain, sehingga mampu menempatkan diri sesuai dengan status dan peran sosialnya. Pada tahap ini seorang anak sudah dianggap dewasa karena seseorang belajar peran-peran yang ada dalam masyarakat secara lebih luas, selain itu tahap ini anak sudah mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
  • Signifikan other, merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam proses sosialisasi seperti keluarga.
  • Personality stage bukan merupakan tahap dalam proses sosialiasi.
  • Game stage, merupakan tahap dimana anak mulai menyadari obyek permainan. Mereka menyadari bahwa permainan Tim terdapat peran-peran yang berbeda dan anak mulai mengetahui akan peran-peran dalam permainan itu.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesadaran diri mulai diperoleh ketika pembentukan kepribadian pada tahap ....

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia