Roboguru

Ringkasan teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Ringkasan teks tersebut adalah ....space

 

Pembahasan Soal:

    Teks laporan observasi adalah suatu teks yang berfungsi untuk menginformasikan suatu objek yang telah diamati. Pengamatan dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada.

    Rangkuman disebut juga sebuah ringkasan. Rangkuman adalah hasil menyaring semua gagasan-gagasan pokok/intisari suatu karangan atau buku menjadi bentuk yang ringkas atau pendek. Rangkuman tidak boleh mengubah ide pokok (gagasan pokok) teks aslinya. Rangkuman sering disebut juga ringkasan.

    Langkah-langkah meringkas teks adalah sebagai berikut.

1. Membaca secara cermat seluruh teks asli untuk menangkap seluruh informasi teks.
    Membaca tulisan asli terkadang tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan berkali-kali. Membaca seluruh teks asli bertujuan menemukan kalimat/ ide pokok mana yang harus diambil dan dijadikan ringkasan. Membaca tulisan asli juga dapat membantu pembuat ringkasan dalam mengambil simpulan dan intisari teks.

2. Menuliskan gagasan atau ide-ide pokok teks.
    Pada saat membaca seluruh teks, pembuat ringkasan harus mencatat dan menuliskan ide-ide pokok atau gagasan utama paragraf. Ide-ide pokok inilah yang menjadi bahan untuk membuat ringkasan.

3. Menyusun ide-ide pokok paragraf menjadi ringkasan teks.
    Setelah mencatat ide-ide pokok paragraf, pembuat ringkasan dapat merangkai dan menyusun ringkasan berdasarkan ide-ide pokok tersebut menjadi paragraf baru yang lebih singkat dari tulisan aslinya.

     Jika dilihat dari hasil observasi mengenai sampah plastik yang dijelaskan pada teks di atas, maka dapat kita ringkas menjadi.

    Sampah plastik tergolong ke dalam sampah yang sulit terulai oleh proses alam. Untuk menanggulangi masalah tersebut, maka sampah plastik dapat ditanggulangi dengan membudayakan 3R yaitu reduce (mengurangi penggunaan plastik), reuce (menggunakan kembali barang-barang plastik yang masih bisa dipakai), dan recycle (mendaur ulang sampah sehingga mudah dimanfaatkan kembali).

Dengan demikian, untuk dapat meringkas suatu teks maka kita perlu memahami langkah-langkah meringkas teks yang tepat.space

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 11 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved