Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Ayah Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.
Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.
Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.space 

Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalah

Rincian teks “Ayah, Panutanku” adalahspace 

  1. ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladanspace 

  2. nama, wajahnya, orang Batakspace 

  3. rambutnya, dagunya, jenggotnyaspace 

  4. sabar, tidak pernah membentak, sangat pendiamspace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Teks deskripsi adalahparagraf yang berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis. Ciri-ciri teks deskripsi: Penggambaran yang dilakukan dengan melibatkan pancaindra. Menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk ukuran, warna atau suatu obyek dengan rinci. Pembaca dapat ikut mendengar, melihat atau merasaksan obyek yang sedang dideskripsikan oleh penulis. Memberikan gambaran tentang suatu benda. Analisis kalimat perincian pada teks deskripsi sejalan dengan pengertian teks deskripsi serta tujuan teks deskripsi. Intinya, perincian pada teks deskripsi berkaitan dengan penjabaran, penjelasan, serta rincian objek yang dideskripsikan . Berdasarkan penjelasan tersebut, rincian teks Ayah Panutanku adalah ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan. Perinciannya sebagai berikut: Ciri fisik dideskripsikan pada paragraf satu , dibuktikan dengan kutipan kalimat Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India. Sifat sabar ayahku dideskripsikan pada paragraf dua , dibuktikan dengan kalimat Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun . Memberi teladan dideskripsikan pada paragraf ketiga , dibuktikan dengan kalimat Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Teks deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis. 

Ciri-ciri teks deskripsi: 

  1. Penggambaran yang dilakukan dengan melibatkan pancaindra.
  2. Menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk ukuran, warna atau suatu obyek dengan rinci.
  3. Pembaca dapat ikut mendengar, melihat atau merasaksan obyek yang sedang dideskripsikan oleh penulis.
  4. Memberikan gambaran tentang suatu benda.

Analisis kalimat perincian pada teks deskripsi sejalan dengan pengertian teks deskripsi serta tujuan teks deskripsi. Intinya, perincian pada teks deskripsi berkaitan dengan penjabaran, penjelasan, serta rincian objek yang dideskripsikan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, rincian teks Ayah Panutanku adalah ciri fisik, sifat sabar ayahku, memberi teladan. Perinciannya sebagai berikut: 

  • Ciri fisik dideskripsikan pada paragraf satu, dibuktikan dengan kutipan kalimat Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.
  • Sifat sabar ayahku dideskripsikan pada paragraf dua, dibuktikan dengan kalimat Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun.
  • Memberi teladan dideskripsikan pada paragraf ketiga, dibuktikan dengan kalimat Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Deskripsi

Kebahasaan Teks Deskripsi

Menganalisis Teks Deskripsi

Membuat Teks Deskripsi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Warna merah dan warna biru adalah warna kesukaan ibuku dan juga adikku. Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut yang tepat adalah ….

784

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia