Iklan

Iklan

Pertanyaan

Rina yang berperingkat atas di kelas seringkali menyontek pada saat ujian, sehingga sering diejek dan disindir oleh teman-temannya. Rina kemudian mengubah kebiasaannya untuk tidak menyontek saat ujian. Sifat pengendalian sosial pada contoh tersebut adalah ....

Rina yang berperingkat atas di kelas seringkali menyontek pada saat ujian, sehingga sering diejek dan disindir oleh teman-temannya. Rina kemudian mengubah kebiasaannya untuk tidak menyontek saat ujian. Sifat pengendalian sosial pada contoh tersebut adalah ....

  1. persuasif

  2. preventif

  3. formal

  4. keorsif

  5. represif

Iklan

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Peter L. Berger mendefinisikan pengendalian sosial sebagai upaya masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang dari aturan yang berlaku. Bentuk-bentuk pengendalian sosial di masyarakat bisa bermacam-macam seperti ejekan, teguran, gosip, intimidasi, kekerasan, imbalan, dan lain sebagainya. Bentuk pengendalian sosial dapat dibagi berdasarkan sifat dan caranya. Berdasarkan sifatnya, pengendalian sosial terbagi menjadi pengendalian preventif dan represif. Preventif berarti pengendalian sosial yang dilakukan sebagai pencegahan agar perilaku menyimpang tidak terjadi. Kemudian represif merupakan sifat pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadinya penyimpangan. Berdasarkan pernyataan pada soal, ejekan dan sindiran yang dilakukan teman Rina terjadi setelah Rina melakukan tindakan menyimpang berupa menyontek. Oleh karena itu, sifat pengendalian yang tepat berdasarkan penjelasan sebelumnya adalah pengendalian represif. Adapun bentuk pengendalian sosial berdasarkan caranya dibedakan menjadi pengendalian persuasif dan koersif. Pengendalian persuasif dilakukan dengan cara mengajak/menyarankan/membimbing orang yang berperilaku menyimpang untuk mematuhi norma di masyarakat. Sedangkan, pengendalian koersif dilakukan dengan cara memaksa hingga menggunakan kekerasan untuk membentuk masyarakat yang tertib sosial.

Peter L. Berger mendefinisikan pengendalian sosial sebagai upaya masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang dari aturan yang berlaku. Bentuk-bentuk pengendalian sosial di masyarakat bisa bermacam-macam seperti ejekan, teguran, gosip, intimidasi, kekerasan, imbalan, dan lain sebagainya.

Bentuk pengendalian sosial dapat dibagi berdasarkan sifat dan caranya. Berdasarkan sifatnya, pengendalian sosial terbagi menjadi pengendalian preventif dan represif. Preventif berarti pengendalian sosial yang dilakukan sebagai pencegahan agar perilaku menyimpang tidak terjadi. Kemudian represif merupakan sifat pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadinya penyimpangan.

Berdasarkan pernyataan pada soal, ejekan dan sindiran yang dilakukan teman Rina terjadi setelah Rina melakukan tindakan menyimpang berupa menyontek. Oleh karena itu, sifat pengendalian yang tepat berdasarkan penjelasan sebelumnya adalah pengendalian represif.

Adapun bentuk pengendalian sosial berdasarkan caranya dibedakan menjadi pengendalian persuasif dan koersif. Pengendalian persuasif dilakukan dengan cara mengajak/menyarankan/membimbing orang yang berperilaku menyimpang untuk mematuhi norma di masyarakat. Sedangkan, pengendalian koersif dilakukan dengan cara memaksa hingga menggunakan kekerasan untuk membentuk masyarakat yang tertib sosial.

 

Latihan Bab

Mengenal Tindakan Konformitas dan Penyimpangan Sosial

Mengapa Perilaku Menyimpang Bisa Terjadi?

Bentuk Perilaku Menyimpang

Jenis Penyimpangan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

178

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rina yang beperingkat atas di kelas seringkali menyontek pada saat ujian, sehingga sering diejek dan disindir oleh teman-temannya. Rina kemudian mengubah kebiasannya untuk tidak menyontek saat ujian. ...

59

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia