Iklan

Iklan

Pertanyaan

Revolusi industri membawa pengaruh terjadinya permasalahan sosial di wilayah perkotaan Inggris pada abad ke-19, yaitu... 1. Meningkatnya angka pengangguran 2. Meningkatnya angka kriminalitas 3. Munculnya perkampungan kumuh 4. Munculnya tenaga kerja wanita dan anak-anak

Revolusi industri membawa pengaruh terjadinya permasalahan sosial di wilayah perkotaan Inggris pada abad ke-19, yaitu...

1.       Meningkatnya angka pengangguran

2.       Meningkatnya angka kriminalitas

3.       Munculnya perkampungan kumuh

4.       Munculnya tenaga kerja wanita dan anak-anak

  1. jika jawaban (1), (2), dan (3) benar

  2. jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. jika jawaban (4) saja yang benar

  5. jika semua jawaban benar

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Revolusi Industri membawa pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat perkotaan Inggris pada abad ke-19. Mulai timbul permasalahan sosial dalam masyarakat perkotaan, yaitu: 1.Meningkatnya angka pengangguran akibat digantikannya tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Industri-industri kecil gulung tikar semakin menyumbang tingginya angka pengangguran. 2. Meningkatnya angka kriminalitas akibat tingginya pengangguran. Selain itu gaji buruh-buruh pabrik yang tidak mencukupi kehidupan sehari-hari. 3. Munculnya perkampungan kumuh karena tingginya arus urbanisasi. Pemukinan kumuh ini dihuni oleh buruh-buruh pabrik. 4. Munculnya tenaga kerja wanita dan anak-anak. Rendahnya gaji untuk para buruh-buruh pabrik mendorong kaum wanita dan anak-anak untuk ikut bekerja di pabrik. Kondisi ini digambarkan dengan karya sastra yang ditulis oleh sastrawan Inggris bernama Charles Dickens berjudul Oliver Twist.

Revolusi Industri membawa pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat perkotaan Inggris pada abad ke-19. Mulai timbul permasalahan sosial dalam masyarakat perkotaan, yaitu:

1.  Meningkatnya angka pengangguran akibat digantikannya tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Industri-industri kecil gulung tikar semakin menyumbang tingginya angka pengangguran.  

2.  Meningkatnya angka kriminalitas akibat tingginya pengangguran. Selain itu gaji buruh-buruh pabrik yang tidak mencukupi kehidupan sehari-hari.

3.  Munculnya perkampungan kumuh karena tingginya arus urbanisasi. Pemukinan kumuh ini dihuni oleh buruh-buruh pabrik.

4.  Munculnya tenaga kerja wanita dan anak-anak. Rendahnya gaji untuk para buruh-buruh pabrik mendorong kaum wanita dan anak-anak untuk ikut bekerja di pabrik. Kondisi ini digambarkan dengan karya sastra yang ditulis oleh sastrawan Inggris bernama Charles Dickens berjudul Oliver Twist.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dampak positif perkembangan ilmu pengetahuian dan teknologi dalam bidang politik adalah ... (1) proses regenerasi kepemimpinan yang menekankan pada kebebasan dan persamaan (2) lahirnya negara-ne...

101

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia