Iklan

Iklan

Pertanyaan

Revolusi di Wuchang (Wuchang Day) yang dipimpin Li Yuan Hung terjadi pada 10 Okrober 1911 dan berhasil menggulingkan kekuasaan Manchu. SEBAB Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton pada bulan Agustus 1912 dan mendirikan Partai Kuo Min Tang yang berhaluan nasionalis.

Revolusi di Wuchang (Wuchang Day) yang dipimpin Li Yuan Hung terjadi pada 10 Okrober 1911 dan berhasil menggulingkan kekuasaan Manchu.
SEBAB
Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton pada bulan Agustus 1912 dan mendirikan Partai Kuo Min Tang yang berhaluan nasionalis.

 

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.
     

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.
     

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan pada soal yang menyatakan, Revolusi di Wuchang (Wuchang Day) yang dipimpin Li Yuan Hung terjadi pada 10 Okrober 1911 dan berhasil menggulingkan kekuasaan Manchu adalah benar . Atas peristiwa tersebut maka tanggal 10 Oktober 1911 dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan Tiongkok. Alasan pada soal ini juga benar, Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton pada bulan Agustus 1912 dan mendirikan Partai Kuo Min Tang yang berhaluan nasionalis. Setelah terjadinya Revolusi di Wuchang maka pada 1 Januari 1912, Sun Yat Sen dipilih sebagai Presiden Tiongkok. Saat itu, wilayah Tiongkok baru meliputi wilayah Tiongkok Selatan dengan Nanking sebagai ibu kotanya. Selanjutnya, pada 12 Februari 1912, Tiongkok Utara yang diperintah oleh Kaisar Hsuan Tsung yang masih belia menyerahkan kekuasaan kepada rakyat Tiongkok melalui utusannya Yuan Shih Kai. Yuan Shih Kai yang turut menandatangani penyerahan kekuasaan, ternyata juga berambisi besar untuk menjadi presiden. Demi tetap tegaknya Republik Tiongkok dan untuk mencegah perang saudara, Sun Yat Sen mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 15 Februari 1912 dan menyerahkannya kepada Yuan Shih Kai. Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton pada bulan Agustus 1912 dan mendirikan Partai Kuo Min Tang yang berhaluan nasionalis dengan tetap melanjutkan asas San Min Chu I. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan pada soal benar alasan juga benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Pernyataan pada soal yang menyatakan, Revolusi di Wuchang (Wuchang Day) yang dipimpin Li Yuan Hung terjadi pada 10 Okrober 1911 dan berhasil menggulingkan kekuasaan Manchu adalah benar. Atas peristiwa tersebut maka tanggal 10 Oktober 1911 dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan Tiongkok.

Alasan pada soal ini juga benar, Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton pada bulan Agustus 1912 dan mendirikan Partai Kuo Min Tang yang berhaluan nasionalis. Setelah terjadinya Revolusi di Wuchang maka pada 1 Januari 1912, Sun Yat Sen dipilih sebagai Presiden Tiongkok. Saat itu, wilayah Tiongkok baru meliputi wilayah Tiongkok Selatan dengan Nanking sebagai ibu kotanya. Selanjutnya, pada 12 Februari 1912, Tiongkok Utara yang diperintah oleh Kaisar Hsuan Tsung yang masih belia menyerahkan kekuasaan kepada rakyat Tiongkok melalui utusannya Yuan Shih Kai. Yuan Shih Kai yang turut menandatangani penyerahan kekuasaan, ternyata juga berambisi besar untuk menjadi presiden. Demi tetap tegaknya Republik Tiongkok dan untuk mencegah perang saudara, Sun Yat Sen mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 15 Februari 1912 dan menyerahkannya kepada Yuan Shih Kai. Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Kanton pada bulan Agustus 1912 dan mendirikan Partai Kuo Min Tang yang berhaluan nasionalis dengan tetap melanjutkan asas San Min Chu I.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan pada soal benar alasan juga benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tokoh nasionalis dari Cina yang mempengaruhi nasionalisme di Indonesia adalah....

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia