Roboguru

Revolusi Amerika diawali oleh ....

Pertanyaan

Revolusi Amerika diawali oleh ....

  1. The Boston Tea Party

  2. perang antar wilayah

  3. Bill of Right

  4. Articles of Confederation

  5. gerakan anti Inggris

Pembahasan Soal:

Peristiwa Boston (1773) akibat penempatan tentara Inggris di daerah koloni (1770) yang ditentang oleh koloni-koloni di bawah pimpinan Samuel Adams. Para koloni tersebut pada Desember 1773 menenggelamkan muatan kapal Inggris yang sedang berlabuh di Boston. Peristiwa itu dikenal dengan sebutan "Peristiwa Boston atau Boston Tea Partj', yang menimbulkan kemarahan di pihak Inggris.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junaedi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu peristiwa yang melatarbelakangi terjadinya Revolusi Amerika adalah terjadinya peristiwa pembongkaran Teh pada tiga kapal milik Inggris yang sedang berlabuh di pelabuhan Boston oleh penduduk...

Pembahasan Soal:

Tahun 1763, Inggris baru saja menang perang melawan Prancis. Peperangan ini dinamakan The Seven Year’s War. Hasil yang didapatkan Inggris dari perang adalah semua tanah dan koloni milik Prancis yang ada di tanah baru “Amerika”. Dalam hal ini  Inggris juga mendapat dampak buruk yaitu terkurasnya kas pemerintahan. Untuk menutup kas yang merugi, Inggris memberlakukan beberapa peraturan untuk menarik pajak dari koloni Inggris di Amerika. Pemerintah Inggris beranggapan bahwa koloni mereka adalah masyarakat yang makmur. Pada tahun 1773, masyarakat koloni yang frustasi atas kebijakan dan peraturan Inggris mengadakan gerakan protes bernama “The Boston Tea Party”. Massa yang menyamar sebagai suku Indian, membuang teh yang seharusnya mereka beli dari kerajaan Inggris ke dalam laut di pelabuhan kota Boston. Hal ini membuat Inggris harus mengambil tindakan tegas dan mencabut semua hak kepengurusan koloni secara mandiri pada tahun 1774. Boston Tea Party (Pesta Teh Boston) adalah salah satu peristiwa yang terjadi tanggal 16 Desember 1773, di mana kolonialis Amerika yang melakukan protes karena mereka harus membeli teh dari Britania Raya dan harus membayar pajak. Mereka lalu membuang teh-teh itu ke Boston Harbor. Hal ini merupakan salah satu penyebab dari revolusi Amerika.undefined

Dengan demikian, salah satu peristiwa yang melatarbelakangi revolusi Amerika adalah Boston Tea Party.

0

Roboguru

Peristiwa The Boston Tea Party terjadi pada tahun….

Pembahasan Soal:

Orang-orang yang tidak puas dengan kebijakan perdagangan teh kemudian memutuskan untuk bergabung dengan para pemberontak yang ingin memperjuangkan kemerdekaan Amerika. Pada tanggal 16 Desember 1773 kesempatan pemberontakan datang ketika tiga buah kapal Inggris dengan muatan teh yang penuh, berlabuh di pelabuhan Boston. Malam hari setelah kedatangan kapal bermuatan teh milik perusahaan Inggris, para pemberontak Boston yang dipimpin oleh, Samuel Adams melakukan penyamaran dengan berpakaian layaknya suku Indian. Mereka lalu menyelinap masuk ke dalam kapal-kapal Inggris yang tengah bersandar di dekat pelabuhan Boston.

0

Roboguru

Revolusi Amerika diawali oleh....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Boston (1773) akibat penempatan tentara Inggris di daerah koloni (1770) yang ditentang oleh koloni-koloni di bawah pimpinan Samuel Adams. Para koloni tersebut pada Desember 1773 menenggelamkan muatan kapal Inggris yang sedang berlabuh di Boston. Peristiwa itu dikenal dengan sebutan "Peristiwa Boston atau Boston Tea Party', yang menimbulkan kemarahan di pihak Inggris

0

Roboguru

Jelaskan sebab akibat terjadinya The boston tea party 1773?

Pembahasan Soal:

Boston Tea Party adalah nama dari sebuah peristiwa dimana kelompok pro kemerdekaan Amerika di tiga belas koloni Inggris, yakni Sons of Liberty melakukan aksi protes terhadap kebijakan pajak Inggris yang memungkinkan parlemen Inggris untuk memajaki wilayah kolonial Inggris tanpa adanya keterwakilan/representasi wilayah koloni di parlemen Inggris. Inilah yang menjadi semboyan perjuangan mereka, “No taxation without representation”.

Pada tanggal 16 Desember 1773, para anggota Sons of Liberty di Boston, Massachusetts menyelinap ke kapal dagang Inggris dan membuang 342 peti teh ke pelabuhan Boston. Peristiwa ini mengakibatkan reaksi keras dari pemerintah Inggris dengan diberlakukannya Intolerable Acts, yang mengarah pada terjadinya Revolusi Amerika.

Dengan demikian, penyebab terjadinya peristiwa Boston Tea Party adalah kebijakan pajak Inggris yang memungkinkan parlemen Inggris untuk memajaki wilayah kolonial Inggris tanpa adanya keterwakilan/representasi wilayah koloni di parlemen Inggris.

0

Roboguru

Revolusi Amerika diåwali oleh ....

Pembahasan Soal:

Revolusi Amerika mulai muncul ketika koloni di Amerika merasa pajak yang di terapkan terlalu tinggi. Sehingga tahun 1765, rakyat koloni mulai melakukan protes. Pada tahun 1773, masyarakat koloni yang frustasi atas kebijakan dan peraturan Inggris mengadakan gerakan protes bernama “The Boston Tea Party”. Massa yang menyamar sebagai suku Indian, membuang teh yang seharusnya mereka beli dari kerajaan Inggris ke dalam laut di pelabuhan kota Boston. Hal ini membuat Inggris harus mengambil tindakan tegas dan mencabut semua hak kepengurusan koloni secara mandiri pada tahun 1774.

Dengan demikian, jawabab yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved