Roboguru

Reproduksi seksual pada spermatophyta ada yang merupakan pembuahan tunggal, atau pembuahan ganda. Pembuahan tunggal tejadi pada tanaman…

Pertanyaan

Reproduksi seksual pada spermatophyta ada yang merupakan pembuahan tunggal, atau pembuahan ganda. Pembuahan tunggal tejadi pada tanaman…

Pembahasan Soal:

Spermatophyta merupakan kelompok tumbuhan yang menghasilkan biji, karena itu mereka juga sering disebut dengan tumbuhan berbiji. Spermatophyta merupakan kormophyta karena memiliki akar, batang, dan daun sejati. Spermatophyta juga dapat menghasilkan bunga sehingga termasuk ke dalam anthophyta. Habitat spermatophyta biasanya di darat, tetapi ada juga yang dapat ditemukan mengapung di daerah perairan (contohnya teratai). Spermatophyta dapat dibedakan menjadi tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dan tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae).

Proses pembuahan pada tumbuhan diperlukan sebagai upaya melakukan perkembangbiakan dan biasanya dilakukan melalui proses reproduksi generatif. Pembuahan ini melibatkan dua bagian penting pada bunga yaitu benang sari yang berperan sebagai alat kelamin jantan, dan putik yang berperan sebagai alat kelamin betina. Pada tumbuhan tingkat tinggi, pembuahan dibagi menjadi dua macam yaitu pembuahan tunggal dan pembuahan ganda.

Perbedaan pembuahan tunggal dan pembuahan ganda adalah pembuahan tunggal terjadi 1 kali fertilisasi antara inti sperma (n) dengan ovum (n) yang menghasilkan zigot (2n) yang dialami oleh tumbuhan gymnospermae. Sedangkan pembuahan ganda terjadi 2 kali fertilisasi yaitu antara inti sperma 1 (n) dengan ovum (n) yang menghasilkan zigot (2n) serta inti sperma 2 (n) dengan inti kandung lembaga sekunder (2n) yang menghasilkan endosperma (3n) yang dialami oleh tumbuhan angiospermae.

Jadi pembuahan tunggal terjadi pada tanaman gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 17 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved