Remaja putri lebih rentan mengalamai kejadian anemia gizi besi dikarenakan diet yang salah. Apakah pernyataan tersebut benar?

Pertanyaan

Remaja putri lebih rentan mengalamai kejadian anemia gizi besi dikarenakan diet yang salah. Apakah pernyataan tersebut benar?space 

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan tersebut adalah benar. space 

Pembahasan

Anemia merupakan masalah gizi yang paling umum di seluruh dunia, terutama disebabkan karena defisiensi besi. Kekurangan zat besi tidak terbatas pada remaja status sosial ekonomi pedesaan yang rendah tetapi menunjukkan peningkatan prevalensi di masyarakat yang makmur dan berkembang. Remaja putri banyak mengalami kekurangan zat-zat gizi dalam konsumsi makanan sehari-harinya. Kekurangan zat besi dianggap penyebab paling umum dari anemia secara global, tetapi beberapa lainnya kekurangan gizi (termasuk folat, vitamin B12 dan vitamin A), diet tidak sehat, akut dan peradangan kronis, parasit infeksi juga dapat menyebabkan anemia.

Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rentan menderita anemia. Remaja putri pada umumnya memiliki karakteristik kebiasaan makan tidak sehat. Pada saat remaja putri mengalami menstruasi yang pertama kali membutuhkan lebih banyak besi untuk menggantikan kehilangan akibat menstruasi tersebut. Namun, apabila tubuh tidak mampu memenuhi keanekaragaman zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuhnya untuk proses sintesis pembentukan hemoglobin (Hb). Maka dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kadar Hb terus berkurang dan menimbulkan anemia.

Dengan demikian, pernyataan tersebut adalah benar. space 

12

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tuliskan pengertian dan minimal 1 (satu) upaya pencegahan penyakit  anemia !

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia