Iklan

Iklan

Pertanyaan

Reaksi-reaksi yang menghasilkan ATP adalah....

Reaksi-reaksi yang menghasilkan ATP adalah....

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 4

  3. 1 dan 5

  4. 2 dan 3

  5. 4 dan 5

Iklan

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan diagram jalur reaksi respirasi sel, tahapan nomor 1 adalah jalur respirasi aerob dan anaerob yaitu glikolisis. Tahapan glikolisis merupakan tahapan yang menguraikan glukosa menjadi 2 molekul asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP. Reaksi glikolisis ini terjadi di dalam sitoplasma sel. Selanjutnya, untuk respirasi aerob masuk ke tahapan nomor 2 yaitu dekarboksilasi oksidatif, dimana terjadi penguraian asam piruvat menjadi asetil koenzim A dan terjadi di dalam mitokondria . Berikutnya tahapan nomor 5 yaitu siklus asam sitrat/siklus krebs, dimana asetil koenzim A akan masuk dan diuraikan menjadi 2 ATP, 6 NADH, 2 FADH 2 dan 4 CO 2 . Tahap akhir respirasi aerob yaitu transpor elektron (reaksi fosforilasi oksidatif) yang terjadi di membran dalam mitokondria dimana akan terjadi penguraian energi pada tahapan sebelumnya menjadi 36 ATP. Sedangkan untuk jalur respirasi anaerob, asam piruvat akan masuk ke jalur 2 yaitu menjadi asetaldehid dan CO 2 dibantu oleh enzim piruvat dehidrogenase. Selanjutnya, masuk ke jalur nomor 4 yaitu asetaldehid akan mengalami reduksi menjadi alkohol (etanol) dengan bantuan enzim alkohol dehidrogenase.

Berdasarkan diagram jalur reaksi respirasi sel, tahapan nomor 1 adalah jalur respirasi aerob dan anaerob yaitu glikolisis. Tahapan glikolisis merupakan tahapan yang menguraikan glukosa menjadi 2 molekul asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP. Reaksi glikolisis ini terjadi di dalam sitoplasma sel. Selanjutnya, untuk respirasi aerob masuk ke tahapan nomor 2 yaitu dekarboksilasi oksidatif, dimana terjadi penguraian asam piruvat menjadi asetil koenzim A dan terjadi di dalam mitokondria. Berikutnya tahapan nomor 5 yaitu siklus asam sitrat/siklus krebs, dimana asetil koenzim A akan masuk dan diuraikan menjadi 2 ATP, 6 NADH, 2 FADHdan 4 CO2. Tahap akhir respirasi aerob yaitu transpor elektron (reaksi fosforilasi oksidatif) yang terjadi di membran dalam mitokondria dimana akan terjadi penguraian energi pada tahapan sebelumnya menjadi 36 ATP. Sedangkan untuk jalur respirasi anaerob, asam piruvat akan masuk ke jalur 2 yaitu menjadi asetaldehid dan CO2 dibantu oleh enzim piruvat dehidrogenase. Selanjutnya, masuk ke jalur nomor 4 yaitu asetaldehid akan mengalami reduksi menjadi alkohol (etanol) dengan bantuan enzim alkohol dehidrogenase.  

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

36

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Menghasilkan energi sebanyak 36 ATP Merupakan proses memperoleh energi dari oksidasi gula menjadi karbon dioksida dna air melalui jalur pentosa fosfa...

31

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia