Roboguru

Reaksi ... merupakan reaksi yang membebaskan kalor. Pada reaksi tersebut, kalor berpindah dari ... ke ....

Pertanyaan

Reaksi ... merupakan reaksi yang membebaskan kalor. Pada reaksi tersebut, kalor berpindah dari ... ke ....

Pembahasan Soal:

Reaksi termokimia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu reaksi eksoterm dan reaksi endoterm. Keduanya dibedakan pada perpindahan kalor dan perubahan entalpinya.

Pada soal terdapat pernyataan membebaskan kalor, hal ini merupakan karakteristik dasar dari reaksi eksoterm. Dalam reaksi eksoterm nilai entalpi zat yang bereaksi (pereaksi) lebih besar daripada entalpi hasil reaksi (produk) sehingga terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan. 

Jadi, reaksi eksoterm merupakan reaksi yang membebaskan kalor. Pada reaksi tersebut, kalor berpindah dari sistem ke lingkungan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 09 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang siswa mengisi 5 buah gelas kimia dengan 50 mL air yang suhunya 25∘C. Setelah dimasukkan suatu zat pada masing-masing gelas, terjadi perubahan suhu seperti gambar berikut: Gambar yang menu...

Pembahasan Soal:

Reaksi eksoterm adalah reaksi yang ditandai dengan adanya pelepasan kalor/panas dari suatu sistem ke lingkungan, serta adanya perubahan entalpi (entalpi sistem berkurang). Dalam soal ini, yang dimaksud dengan sistem adalah gelas kimia berisi 50 mL air dengan suhu begin mathsize 14px style 25 space degree C end style, dan lingkungan adalah keadaaan/area di luar gelas tersebut. Saat dimasukkan suatu zat, terjadi perubahan suhu. Karena reaksi eksoterm merupakan reaksi yang melepaskan panas, maka akan terjadi kenaikan suhu pada sistem, dan kemudian panas dilepaskan ke lingkungan. Dari pilihan jawaban di atas, reaksi eksoterm terjadi pada gelas kimia 1 dan 2, dimana terjadi kenaikan suhu dari begin mathsize 14px style 25 space degree C end style ke begin mathsize 14px style 30 space degree C end style dan begin mathsize 14px style 28 space degree C end style

Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Proses perubahan uap air menjadi air merupakan proses eksoterm. Berdasarkan kenyataan sehari - hari, jelaskan bagaimana suhu udara apabila cuaca akan hujan.

Pembahasan Soal:

Proses terjadinya hujan merupakan reaksi eksotermis. Pada saat akan turun hujan, suhu udara meningkat atau terasa lebih panas. Hal ini karena, selama proses reaksi eksoterm, sistem akan mengalami kenaikan suhu, sehingga kalor akan terlepas dari sistem ke lingkungan agar suhu kembali ke keadaan awal. Itulah sebabnya saat hujan akan turun, suhu udara di sekitar akan terasa lebih panas.

Jadi, suhu udara meningkat saat akan turun hujan.space

2

Roboguru

Perhatikan diagram tingkat energi berikut ini, Berdasarkan diagram di atas, reaksi tersebut termasuk reaksi ....

Pembahasan Soal:

Reaksi eksoterm adalah reaksi yang melepas kalor dari sistim ke lingkungan sedangkan reaksi endoterm adalah reaksi yang memerlukan kalor dari lingkungan ke sistem.space 

Dari diagram di atas terlihat bahwa reaksi yang terjadi merupakan reaksi eksoterm karena begin mathsize 14px style H subscript 1 less than H subscript 2 end style dan akan menghasilkan begin mathsize 14px style increment H less than 0 end style.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Berikut ini beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari : Pembakaran sampah Es mencair Memasak air Pembuatan garam dari air laut Respirasi Pasangan peristiwa yang termasuk reaksi eksoterm ...

Pembahasan Soal:

Reaksi eksoterm adalah reaksi kimia dengan sistem melepaskan kalor. Pada reaksi eksoterm, suhu campuran reaksi akan naik dan energi potensial dari zat-zat kimia yang bersangkutan akan turun sehingga sistem melepaskan kalor ke lingkungannya. Dari beberapa reaksi berikut :

  1. Pembakaran sampah adalah reaksi melepas kalor ke lingkungan (eksoterm)
  2. Es mencair adalah reaksi menyerap kalor ke lingkungan (bukan eksoterm)
  3. Memasak air  adalah reaksi menyerap kalor ke lingkungan (bukan eksoterm)
  4. Pembuatan garam dari air laut  adalah reaksi menyerap kalor ke lingkungan (bukan eksoterm)
  5. Respirasi adalah reaksi melepas kalor ke lingkungan (eksoterm)

Jadi, jawaban benar adalah B.

 

 

0

Roboguru

Berikut persamaan reaksi pembakaran gas metana pada suhu 25∘C. CH4​(g)+2O2​(g)→CO2​(g)+2H2​O(g)△H=−750kJ Pernyataan yang tepat mengenai reaksi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Persamaan reaksi pembakaran metana tersebut menunjukan bahwa perubahan entalpi sebesar -750 kJ, yang artinya reaksi tersebut merupakan reaksi eksoterm karena nilai perubahan entalpinya negatif.   

Reaksi eksoterm merupakan reaksi yang melepaskan kalor, dimana kalor berpindah dari sistem ke lingkungan dan ditandai dengan menigkatnya suhu lingkungan.

Oleh karena itu, pernyataan yang tepat mengenai reaksi tersebut adalah bahwa pada reaksi pembakaran gas metana suhu lingkungan meningkat.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.undefinedundefined

3

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved