Iklan

Iklan

Pertanyaan

Reaksi berikut ini yang akan menghasilkan produk yang lebih banyak ketika tekanan diperbesar adalah ... N 2 ​ ( g ) + 3 H 2 ​ ( g ) ⇌ 2 NH 3 ​ ( g ) HI ( g ) ⇌ H 2 ​ ( g ) + I 2 ​ ( g ) C ( s ) + O 2 ​ ( g ) ⇌ CO 2 ​ ( g ) CO ( g ) + H 2 ​ O ( g ) ⇌ CO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ ( g )

Reaksi berikut ini yang akan menghasilkan produk yang lebih banyak ketika tekanan diperbesar adalah ...

  1. 1, 2, dan 3 benar  

  2. 1 dan 3 benar  

  3. 2 dan 4 benar  

  4. 4 saja  

  5. semua jawaban benar  

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah opsi B. Kesetimbangan kimia merupakan kondisi reaktan tidak lagi berkurang dan produk tidak lagi bertambah. Dalam suatu reaksi kimia setimbang memiliki dua arah reaksi ke kanan dan ke kiri. Karena kondisinya dalam keadaan setimbang maka jika ingin menambah kuantitas produk harus dilakukan perlakuan terhadap suhu, volume dan tekanan. Cara tersebut dapat dilakukan sebagai upaya menggeser keadaan kesetimbangan. Untuk menggeser kesetimbangan ke arah produk sehingga produk bertambah banyak berdasarkan tekanan maka carilah reaksi yang jumlah mol atau jumlah koefisien produknya lebih kecil daripada reaktan. Dengan begitu ketika tekanan dinaikan maka reaksi kesetimbangan akan bergeser ke arah kanan atau produk yang terbentuk akan semakin banyak.

Jawaban yang paling tepat adalah opsi B. 


Kesetimbangan kimia merupakan kondisi reaktan tidak lagi berkurang dan produk tidak lagi bertambah. Dalam suatu reaksi kimia setimbang memiliki dua arah reaksi ke kanan dan ke kiri. Karena kondisinya dalam keadaan setimbang maka jika ingin menambah kuantitas produk harus dilakukan perlakuan terhadap suhu, volume dan tekanan. Cara tersebut dapat dilakukan sebagai upaya menggeser keadaan kesetimbangan. Untuk menggeser kesetimbangan ke arah produk sehingga produk bertambah banyak berdasarkan tekanan maka carilah reaksi yang jumlah mol atau jumlah koefisien produknya lebih kecil daripada reaktan. Dengan begitu ketika tekanan dinaikan maka reaksi kesetimbangan akan bergeser ke arah kanan atau produk yang terbentuk akan semakin banyak.  blank

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembuatan asam sulfat menurut proses kontak, agar diperoleh hasil yang optimal dapat dilakukan dengan cara ....

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia