Roboguru

Rangkaian gunung api di kepulauan Filipina mendukung teori....

Pertanyaan

Rangkaian gunung api di kepulauan Filipina mendukung teori....space

  1. pengapungan benua

  2. continental drift theory

  3. Laurasia dan Gondwana

  4. konveksi

  5. lempeng tertonik

Pembahasan Soal:

Rangkaian gunung api di kepulauan Filipina merupakan salah satu bukti dari adanya teori tektonik lempeng. Teori tektonik lempeng adalah teori pergerakan lempeng tektonik yang dibagi dalam tiga jenis, yaitu konvergensi, divergensi, dan sesar mendatar atau transform. Rangkaian gunung api di Filipina adalah hasil dari gerak lempeng secara konvergensi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

P. Avivah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Daratan yang akan menjadi benua Asia pada gambar adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Teori Laurasia-Gondwana yang dikemukakan oleh Eduard Zuess dan frank B. Taylor, pada mulanya di bumi terdapat dua benua, yaitu Laurasia dan Gondwana. Kedua benua itu secara perlahan bergerak ke arah ekuator hingga terpecah-pecah dan membentuk benua-benua seperti yang ada sekarang. Pada gambar diatas Benua Laurasia dan Gondwana terpecah-pecah sebagai berikut.space

  1. Daratan Eurasia yang sekarang menjadi Benua Eropa dan Benua Asia
  2. Daratan Amerika Utara
  3. Daratan Amerika Selatan
  4. Daratan Afrika
  5. Daratan India, Antartika, dan Australia

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space
 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Coba jelaskan perkembangan benua-benua di dunia berdasarkan gambar di atas!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar tersebut, benua di dunia berkembang sebagai berikut.

  1. Pada mulanya, seluruh benua yang ada saat ini menyatu dalam sebuah benua tunggal yang bernama Pangea.
  2. Kemudian, karena ada arus konveksi atau tenaga tektonik, benua Pangea tersebut terpecah menjadi dua, yaitu Laurasia dan Gondwana.
  3. Arus konveksi atau tenaga tektonik yang terus berlangsung di bumi menyebabkan benua Laurasia dan Gondwana terus terpecah dan bergerak seperti keadaan benua saat ini. Benua Laurasia merupakan cikal bakal dari benua Eropa, benua Asia, dan Amerika Utara. Sementara itu, benua Gondwana merupakan cikal bakal dari benua Australia, benua Antartika, India, dan Amerika Selatan. 

0

Roboguru

Sebutkan beberapa teori tentang terbentuknya kulit bumi?

Pembahasan Soal:

Kulit bumi dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan.  Adapun berbagai teori terbentuknya kulit bumi yang dikemukakan para ahli diantaranya:

  1. Teori kontraksi (Contraction theory), Teori ini dikemukakan pertama kali oleh Descrates (1596-1650). Ia menyatakan bahwa bumi semakin lama semakin susut dan mengkerut yang disebabkan oleh terjadinya proses pendinginan, sehingga di bagian permukaannya terbentuk relief berupa gunung, lembah, dan dataran.
  2. Teori dua benua (Laurasia-Gondwana theory), Teori ini menyatakan bahwa pada awalnya bumi terdiri atas dua benua yang sangat besar, yaitu Laurasia di sekitar kutub utara dan Gondwana di sekitar kutub selatan bumi. Kedua benua tersebut kemudian bergerak perlahan ke arah equator bumi, sehingga akhirnya terpecah-pecah menjadi benua benua yang lebih kecil.
  3. Teori pengapungan benua (Continental drift theory), Teori pengapungan benua dikemukakan oleh Alfred Wegener pada 1912. Ia menyatakan bahwa pada awalnya di bumi hanya ada satu benua maha besar yang disebut Pangea. Menurutnya benua tersebut kemudian terpecahpecah dan terus bergerak melalui dasar laut.
  4. Teori konveksi (Convection theory), Menurut teori konveksi yang dikemukakan oleh Arthur Holmes dan Harry H. Hess, menyatakan bahwa di dalam bumi yang masih dalam keadaan panas dan berpijar terjadi arus konveksi ke arah lapisan kulit bumi yang berada di atasnya, sehingga ketika arus konveksi yang membawa materi berupa lava sampai ke permukaan bumi di mid oceanic ridge (punggung tengah samudera).
  5. Teori lempeng tektonik (Plate Tectonic theory), Teori lempeng tektonik dikemukakan oleh Tozo Wilso. Lempeng-lempeng tektonik pembentuk kulit bumi selalu bergerak karena pengaruh arus konveksi yang terjadi pada lapisan astenosfer yang berada di bawah lempeng tektonik kulit bumi

 

0

Roboguru

Arus konveksi yang mampu menggerakkan lempeng tektonik terdapat di stuktur bumi bagian...

Pembahasan Soal:

Arus konveksi yang mampu menggerakkan lempeng-lempeng benua berada pada bagian selimut bumi yaitu astenosfer. Lapisan selimut bumi terdiri dari tiga bagian, yaitu litosfer, astenosfer, dan mesosfer. Litosfer tersusun dari material-material padat dan membentuk lempeng-lempeng yang kaku. Lempeng-lempeng tersebut bergerak di atas lapisan astenosfer yang memiliki wujud lebih cair. Pada lapisan astenosfer, arus konveksi membawa panas dari inti bumi yang menyebabkan lempeng tektonik pada kerak bumi bergerak. Arus konveksi dapat memindahkan panas melalui zat cair atau gas. Sehingga, arus konveksi tersebut berada di lapisan astenosfer.

Maka, jawaban yang tepat adalah E. undefined

0

Roboguru

Gerakan tektonik menyebabkan terjadinya arus konveksi mantel Bumi yang ...

Pembahasan Soal:

Pergerakan lempeng tektonik menyebabkan pergerakan arus konveksi horizontal, hal ini dipicu karena didalam mantel bumi terdapat magma yang terus bergerak Oleh karena itu menyebabkan keadaan diatas permakaan bumi selalu bergerak. Hal itu yang akhirnya menyebabkan gempa bumi yang sering terjadi dibelahan bumi manapun. Oleh karena itu jawaban yang tepat untuk soal ini mendukung pergerakan lempeng bumi lainnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved