Roboguru

Raja Singasari yang mengirim ekspedisi Pamalayu adalah ...

Pertanyaan

Raja Singasari yang mengirim ekspedisi Pamalayu adalah ... space

  1. Ken Arok space

  2. Tohjaya space

  3. Anusapati space

  4. Kertanegara space

  5. Mahisa Cempaka space

Pembahasan Soal:

Ekspedisi Pamalayu merupakan sebuah usaha dari Kerajaan Sinagsari dalam memperluas wilayahnya. Ekspedisi ini dilakukan oleh Raja Kertanegara yang ingin menaklukan Kerajaan Melayu Dharmasraya di Sumatera. Penaklukan ini dilakukan untuk membendung serangan dari Mongol yang ingin menguasai perdagangan di Selat Malaka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan oleh Kerajaan Singhasari terjadi pada masa kekuasaan raja ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Singhasari didirikan oleh Ken Arok atau Sri Ranggah Rajasa Amurwabhumi pada tahun 1222 M setelah mengalahkan kerajaan Kadiri melalui pertempuran Ganter. Dari beberapa raja yang memerintah Singhasari, salah satu raja yang terkenal adalah Kertanegara yang berkuasa pada tahun 1268-1292 M. Raja Kertanegara bercita-cita agar Singhasari menjadi kerajaan yang besar dengan menguasai beberapa daerah di luar Jawa seperti Bali, Kalimantan Barat Daya, Maluku, Sunda dan Pahang. Pada tahun 1275 M, raja Kertanegara mengirimkan Ekspedisi Pamalayu dibawah pimpinan Mahesa Anabrang (Kebo Anabrang). Ekspedisi ini bertujuan unutk menguasai Sriwijaya dan mengimbangi pengaruh Kubilai Khan dari Cina.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Dalam Ekspedisi Pamalayu, Raja Kertanegara mengirimkan arca Amoghapasa yang melambangkan ....

Pembahasan Soal:

Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan Raja Kertanegara pada abad ke-13 Masehi ditandai dengan pengiriman arca Amoghapasa dari Kerajaan Singasari ke Kerajaan Malayu di Sumatra Selatan. Arca ini dikirim Raja Kertanegara sebagai bentuk persahabatan dari Kerajaan Singhasari untuk Kerajaan Malayu dalam rangka membangun kekuatan gabungan untuk menghadang pengaruh Kekaisaran Mongolia di Nusantara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Ekspedisi Pamalayu memang berhasil dilakukan, tetapi juga membawa dampak buruk bagi Kerajaan Singasari karena ....

Pembahasan Soal:

Raja Kertanegara berusaha untuk menaklukkan berbagai wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Singasari. Untuk mewujudkan cita-cita ini, Raja Kertanegara mengirim pasukan ke luar wilayah salah satunya dengan dikirimnya pasukan dalam Ekspedisi Pamalayu. Ekspedisi Pamalayu juga membawa dampak buruk terhadap Singasari karena semakin banyak pasukan yang dikirim ke luar wilayah Singasari menyebabkan pertahanan di ibu kota semakin melemah. Artinya tidak banyak pasukan yang menjaga wilayah ibu kota sehingga dapat diserang oleh pihak luar kapan saja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

Roboguru

Tujuan utama Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan oleh Raja Kertanegara pada tahun 1275-1286 adalah...

Pembahasan Soal:

Ekspedisi Pamalayu adalah upaya penaklukkan Kerajaan Melayu di Dharmasraya (Pulau Sumatera) yang dilakukan oleh Kerajaan Singhasari di bawah perintah Raja Kertanegara pada tahun 1275-1294. Latar belakang ekspedisi ini bermula pada tahun 1214, Mongol dibawah kepemimpinan Genghis Khan berhasil mendirikan Dinasti Yuan dan melebarkan sayap ekspansinya ke  (Korea, Rusia, Timur Tengah, Eropa Timur). Pada era-era berikutnya ketika Mongol dibawah kepemimpinan Kubilai Khan, ia menginginkan Kerajaan-Kerajaan di Asia Tenggara untuk tunduk kepadanya. Menanggapi hal tersebut, Raja Singhasari, yakni Kertanegara pantang untuk tunduk. 

Reaksi tersebut diwujudkan dalam pengiriman pasukan Singhasari yang dipimpin Kebo Anabrang ke Kerajaan Melayu tahun 1275 dalam ekspedisi yang disebut Pamalayu. Ekspedisi Pamalayu bertujuan untuk menjadikan Kerajaan Melayu sebagai sekutu guna membendung rencana serbuan bangsa Mongol. 

Dengan demikian, jawaban yang paling benar untuk pertanyaan di atas adalah B.

Roboguru

Tujuan ekspedisi militer Pamalayu Kertanegara yang dipimpin oleh Kemo Anabrang ke Sumatra bertujuan...

Pembahasan Soal:

Jawaban: tidak ada jawaban

Pembahasan: Pada masa pemerintahan Raja Kertanegara, kerajaan Singasari pernah mengirimkan tentaranya ke kerajaan Melayu. Pasukan ini dipimpin oleh Kebo Anabrang yang kemudian dikenal dengan peristiwa ekspedisi Pamalayu. Tujuan utama dari ekspedisi Pamalayu adalah untuk menjalin hubungan persahabatan dengan Kerajaan Melayu, dengan begitu Kerajaan Singasari dapat menghalau pasukan dari Mongol yang mengincarnya. Selain itu tujuan lainnya adalah untuk melemahkan kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Upaya ini dilakukan dengan cara mengirimkan arca Amoghapasa ke Kerajaan Melayu.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved