Roboguru

Raja Kediri yang terkenal dengan ramalannya adalah …

Pertanyaan

Raja Kediri yang terkenal dengan ramalannya adalah … space

  1. Jayabaya space

  2. Jayawarsa space

  3. Airlangga space

  4. Kertajaya space

  5. Dandang Gendis space

Pembahasan Soal:

Ramalan Jayabaya adalah ramalan yang terkenal dari Kerajaan Kediri. Ramalan ini ditulis oleh Raja Jayabaya yang memerintah Kerajaan Kediri sejak 1135-1157 Masehi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja...

Pembahasan Soal:

Ketika Kediri dipemerintah Jayabaya, terjadi kekacauan akibat pertentangan dengan Janggala yang telah berlangsung lama. Baru pada tahun 1135 M Jayabaya berhasil memadamkan kekacauan itu. Sebagai bukti, adanya kata-kata panjalu jayati pada Prasasti Hantang. Setelah kerajaan stabil, Jayabaya mulai menata dan mengembangkan kerajaannya. Kehidupan Kerajaan Kediri menjadi teratur. Rakyat hidup makmur, mata pencaharian yang penting adalah pertanian dengan hasil utamanya padi. Pelayaran dan perdagangan juga berkembang. Hal ini ditopang oleh Angkatan Laut Kediri yang cukup tangguh. Armada laut Kediri mampu menjamin keamanan perairan Nusantara. Di Kediri telah ada Senopati Sarwajala (panglima angkatan laut). Bahkan Sriwijaya pernah mengakui kebesaran Kediri, yang telah mampu mengembangkan pelayaran dan perdagangan. Barang perdagangan di Kediri antara lain emas, perak, gading, kayu cendana, dan pinang. Kesadaran rakyat tentang pajak sudah tinggi. Rakyat menyerahkan barang atau sebagian hasil buminya kepada pemerintah. Dengan demikian, kerajaan Kediri mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Jayabaya.

0

Roboguru

Selain karena mengeluarkan peraturan yang membatasi kewenangan para Brahmana, perselisihan antara Kertajaya dan kaum Brahmana dipicu oleh ...

Pembahasan Soal:

Sri Maharaja Kertajaya atau Raja Kertajaya, raja terakhir dari Kerajaan Kediri yang memerintah sejak 1194-1222. Selain pemimpin yang kejam, ia dikenal kurang bijaksana. Kertajaya kerap mengaku dirinya sebagai dewa, sehingga membenarkan segala tindakan kejam yang ia lakukan. Kertajaya membuktikan dirinya adalah dewa dengan duduk di atas tombak tanpa terluka sedikit pun. Kertajaya memaksa para brahmana dan rakyat untuk menyembahnya, apabila menolak ia tidak segan menyiksa hingga mendapat pengakuan sebagai dewa.
Dalam Pararaton dan Negarakertagama dikisahkan pada 1222, Kertajaya berselisih melawan kaum Brahmana. Perselisihan terjadi karena Raja Kertajaya memerintahkan kaum Brahmana untuk menyembahnya sebagai dewa. Namun permintaan itu di tolak oleh kaum Brahmana yang menganggap tindakan Kertajaya sebagai kesesatan. Akhirnya kaum Brahmana meminta perlindungan pada akuwu (bupati) Tumapel/ Singasari yang saat itu dijabat oleh Ken Arok. Kaum Brahmana juga mempengaruhi rakyat untuk menumbangkan Kertajaya. Perang antara Kerajaan Kediri dan Tumapel terjadi di dekat Desa Ganter. Perang berakhir dengan terbunuhnya Kertajaya oleh Ken Arok.

Dengan demikian, selain peraturan yang membatasi kewenangan para Brahmana, perselisihan antara Kertajaya dan kaum Brahmana dipicu oleh ambisi Kertajaya yang menginginkan disembah seperti dewa.

0

Roboguru

Pilihlah satu tokoh terkenal dari Kerajaan Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singhasari, atau Majapahit!

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan tokoh-tokoh yang terkenal dari Kerajaan Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singasari atau Majapahit.

  • Kerajaan Mataram Kuno memiliki tokoh yang terkenal, yaitu Raja Sanjaya. Ia merupakan pendiri Dinasti (Wangsa) Sanjaya dalam Kerajaan Mataram Kuno/ Medang. Hal ini tertulis dalam Prasasti Canggal dan Prasasti Mantyasih. Selain itu, kedua sumber ini juga menyebutkan seorang raja bernama Sanjaya yang memeluk agama Siwa (Hindu).
  • Kerajaan Medang Kamulan memiliki tokoh yang terkenal, yaitu Airlangga. Ia terkenal karena usahanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Medang, antara lain seperti : memperbaiki pelabuhan Ujung Galuh dan Tuban menjadi pelabuhan dagang yang ramai; membangun Waduk Waringin Sapta untuk mencegah banjir musiman; membangun jalan-jalan yang menghubungkan pesisir ke pusat kerajaan.
  • Kerajaan Kediri memiliki tokoh yang terkenal, yaitu Raja Jayabaya. Ia merupakan Raja Kediri yang sangat terkenal dengan ramalan-ramalannya. Selain itu, pada masa pemerintahannya Kediri mencapai puncak kejayaannya. Hal ini terbukti dengan berkembangnya Kediri dari kerajaan yang bercorak agraris menjadi maritim-agraris.
  • Kerajaan Singasari memiliki tokoh yang terkenal, yaitu Kertanegara. Ia merupakan raja yang memiliki cita-cita politik yang tinggi, seperti keinginan untuk meluaskan kekuasaannya ke seluruh Nusantara. Untuk itu, ia banyak mengirimkan utusan atau ekspedisi khususnya ke kerajaan-kerajaan di luar Jawa yang disebutknya politik cakrawala mandala.
  • Kerajaan Majapahit memiliki tokoh yang terkenal, yaitu Raja Hayam Wuruk. Pada masa Hayam Wuruk, Majapahit mencapai puncak kejayaannya seperti wilayahnya yang sangat luas, bahkan engaruhnya sampai ke beberapa negara lain di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, pada masa pemerintahan Hayam Wuruk pula karya sastra mengalami kemajuan pesat, seperti Kitab Negarakertagama dan kitab Sutasoma.

Dengan demikian, tokoh yang terkenal dari Kerajaan Mataram Kuno adalah Raja Sanjaya, Kerajaan Medang adalah Raja Airlangga, Kerajaan Kediri adalah Raja Jayabaya, Kerajaan Singasari adalah Raja Kertanegara, dan Kerajaan Majapahit adalah Raja Hayam Wuruk.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan faktor yang mendukung kejayaan Kerajaan Kediri ketika berada di bawah pemerintahan Raja Jayabaya !

Pembahasan Soal:

Jayabhaya adalah raja Kediri yang sangat terkenal dengan ramalan-ramalannya. Ia juga dikenal sebagai seorang sastrawan. Ramalan-ramalannya kemudian dibukukan dengan judul Jangka Jayabhaya. Pada masa pemerintahannya, Kediri mencapai puncak kejayaan. Tidak saja berkembang sebagai negara agraris, tetapi juga sebagai kerajaan maritim. Hal ini bisa terjadi karena adanya jabatan Senapati Sarwajala, yang dapat disamakan dengan laksamana atau panglima angkatan laut, menunjukkan kemajuan Kediri dalam bidang maritim.

Dengan demikian, faktor yang mendukung kejayaan Kerajaan Kediri di bawah pemerintahan Raja Jayabhaya karena dibentuknya jabatan Senapati Sarwajala sebagai panglima angkatan laut. Hal ini menandakan bahwa pada masa pemerintahan Jayabhaya, Kerajaan Kediri memiliki armada laut yang kuat. Sehinga bisa berkembang dari kerajaan bercorak agraris menjadi keraja maritim-agraris.

0

Roboguru

Tahun berapa kerajaan kediri didirikan?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kediri adalah salah satu kerajaan di Jawa yang bercorak Hindu. Kerajaan ini memiliki banyak nama lain, di antaranya adalah Kadiri, Daha, dan Panjalu. Kerajaan Kediri didirikan pada abad ke-11, lebih tepatnya pada tahun 1045 masehi, dengan pusat pemerintahan di Dahanapura, Kediri, Jawa Timur.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved