Iklan

Iklan

Pertanyaan

Radiasi kalor benda hitam mempunyai grafik antara E dan λ seperti gambar disamping. Perhatikan hubungan-hubungan berikut. (1) (2) (3) (4) λ 1 ​ λ 2 ​ ​ = E 1 ​ E 2 ​ ​ Pernyataan yang benar ditunjukan oleh nomor . . . .

Radiasi kalor benda hitam mempunyai grafik antara E dan  seperti gambar disamping. Perhatikan hubungan-hubungan berikut.

(1) E subscript 1 T subscript 1 greater than E subscript 2 T subscript 2

(2) T subscript 1 less than T subscript 2

(3) italic lambda subscript 1 over italic lambda subscript 2 equals fraction numerator T subscript 2 over denominator begin display style stack T subscript 1 with bar on top end style end fraction

(4) 

Pernyataan yang benar ditunjukan oleh nomor . . . .

  1. (1), (2), (3), dan (4)

  2. (1), (2), dan (3)

  3. (1) dan (3)

  4. (2) dan (4)

  5. (4)

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Untuk menjawab soal ini kalian harus memahami kesimpulan dari Hukum Wien yang menyatakan hubungan panjang gelombang dan suhu yang dipancarkan suatu benda hitam. Setelah memahami Hukum Wien kalian akan dapat membaca data pada grafik. Selain itu, kalian juga harus memahami hubungan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan menurut Teori kuantum Planck. Hukum Wien menyatakan bahwa perkalian panjang gelombang dengan suhu yang dipancarkan suatu benda hitam akan menghasilkan suatu nilai yang besarnya konstan, yang kemudian dikenal dengan istilah konstanta Wien yang besarnya 2,898 x 10 -3 mK. Persamaan yang berlaku adalah : Dari persamaan ini diketahui bahwa panjang gelombang berbanding terbalik dengan suhu yang dipancarkan. Apabila diperhatikan pada grafik, ternyata saat T 1 panjang gelombangnya lebih pendek dibanding saat T 2 . Artinya, T 1 > T 2 . Menurut hukum Planck, besarnya energi yang dibawa oleh sebuah foton yang dirumuskan dengan persamaan : Dari persamaan ini diketahui bahwa panjang gelombang dan energi foton berbanding terbalik. Dengan kata lain, semakin pendek panjang gelombang maka energi foton yang terpancar akan makin besar. Dari sini dapat dipahami bahwa pernyataan (2) dan (4) salah.

Untuk menjawab soal ini kalian harus memahami kesimpulan dari Hukum Wien yang menyatakan hubungan panjang gelombang dan suhu yang dipancarkan suatu benda hitam. Setelah memahami Hukum Wien kalian akan dapat membaca data pada grafik. Selain itu, kalian juga harus memahami hubungan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan menurut Teori kuantum Planck.

Hukum Wien menyatakan bahwa perkalian panjang gelombang dengan suhu yang dipancarkan suatu benda hitam akan menghasilkan suatu nilai yang besarnya konstan, yang kemudian dikenal dengan istilah konstanta Wien yang besarnya 2,898 x 10-3 mK.

Persamaan yang berlaku adalah :

Dari persamaan ini diketahui bahwa panjang gelombang berbanding terbalik dengan suhu yang dipancarkan. Apabila diperhatikan pada grafik, ternyata saat T1 panjang gelombangnya lebih pendek dibanding saat T2. Artinya, T1 > T2.

Menurut hukum Planck, besarnya energi yang dibawa oleh sebuah foton yang dirumuskan dengan persamaan :

Dari persamaan ini diketahui bahwa panjang gelombang dan energi foton berbanding terbalik. Dengan kata lain, semakin pendek panjang gelombang maka energi foton yang terpancar akan makin besar.

Dari sini dapat dipahami bahwa pernyataan (2) dan (4) salah.

Latihan Bab

Radiasi Benda Hitam

Spektrum Radiasi

Sifat Partikel Cahaya

Dualisme Gelombang Partikel

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

UN 2008 (soal tipe paham konsep) Manakah pernyataan berikut ini yang tidak menggambarkan teori kuantum Planck?

11rb+

4.9

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia