Roboguru

Raden Samudera sebelum mendirikan Kesultanan Banjar pernah meminta bantuan Kesultanan Demak guna menghadapi Kerajaan Daha yang bercorak Hindu. Setelah menang ia masuk Islam. Nama yang digunakan yaitu ....

Pertanyaan

Raden Samudera sebelum mendirikan Kesultanan Banjar pernah meminta bantuan Kesultanan Demak guna menghadapi Kerajaan Daha yang bercorak Hindu. Setelah menang ia masuk Islam. Nama yang digunakan yaitu ....

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Kesultanan Banjar merupakan salah satu kerajaan Islam di Nusantara yang terletak di Kalimantan Selatan. Kerajaan ini didirikan oleh Pangeran Samudera pada abad ke-16. Sejarah awal kerajaan tersebut bermula dari konflik suksesi kepemimpinan pada Kerajaan Daha. Pangeran Samudera sebagai salah satu pewaris tahta Kerajaan Daha berkonflik dengan Maharaja Pangeran Tumenggung. Untuk mengatasi hal tersebut, Pangeran Samudera meminta bantuan pada Kerajaan Demak dengan syarat beralih menjadi Kerajaan Islam. Setelah memperoleh kemenangan, Kerajaan Daha hancur pada 1526 dan berdirilah Kesultanan Banjar yang bercorak Islam pertama di Kalimantan Selatan yang dipengaruhi Kesultanan Demak. Pangeran Samudera mendapat gelar Sultan Suryanullah. Pada masa pemerintahannya Banjarmasin ditetapkan sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Banjar. Wilayah Banjarmasin juga berubah menjadi bandar perdagangan rempah-rempah di Kalimantan.

Dengan demikian, Sultan Suryanullah merupakan nama yang digunakan oleh Pangeran Samudera setelah masuk Islam dan mendirikan Kesultanan Banjar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan dan jelaskan kronologi masuknya Islam ke Kerajaan Banjar (Banjarmasin)!

Pembahasan Soal:

Ajaran Islam masuk ke Banjar, Kalimantan semasa Kesultanan Banjar pada abad ke-16, setelah masuknya pengaruh Kerajaan Demak. Di Kota Banjarmasin, pemeluk Islam yang pertama dari kalangan pedagang dan masyarakat yang bermukim di kawasan pelabuhan sebagai titik keluar-masuk jalur perdagangan. Eksistensi Islam di tanah Banjar semakin meningkat setelah berdirinya Kesultanan Banjar. Di bawah kepemimpinan Pangeran Samudera yang bergelar Sultan Suriansyah sebagai Sultan Banjar, agama Islam berkembang cepat di Tanah Banjar. Budaya Islam yang dibawa Kerajaan Demak cepat berakulturasi dengan kearifan lokal orang Banjar. 

Dengan demikian, Islamisasi di Banjar dibawa dari pengaruh Kerajaan Demak yang ada di Jawa dan kemudian berakulturasi dengan kebudayaan setempat. 

0

Roboguru

Pangeran Sukarama yang merupakan pemimpin Kerajaan Negara Dipa, mewariskan tahtanya kepada Raden Samudra yang merupakan anak dari….

Pembahasan Soal:

Kerajaan Negara Dipa merupakan kerajaan bercorak Hindu yang terletak di Kalimantan Selatan. Ketika itu, Kerajaan Negara Dipa sedang dipimpin oleh Pangeran Sukarama. Ia memiliki tiga orang anak, yaitu Pangeran Mangkubumi, Pangeran Tumenggung, dan Putri Galuh.  Saat itu, Pangeran Sukarama mewariskan tahtanya kepada Raden Samudra, cucunya, yang merupakan anak dari Putri Galuh. Tentu saja, Pangeran Tumenggung yang merasa berhak atas kekuasaan tersebut tidak terima. Konflik di internal kerajaan pun terjadi. Sebab, ketika itu Raden Samudra masih berusia 7 tahun.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan nama-nama kerajaan Islam yang terdapat di Kalimantan!

Pembahasan Soal:

Pasca masuk dan berkembanganya ajaran Islam di pulau Kalimantan, selanjutnya berdiri sejumlah kerajaan Islam di Kalimanta. Kerajaan-kerajaan tersebut yakni Kesultanan Banjar, Kesultanan Pasir, Kerajaan Sukadana, Kerajaan Sukadana, hingga Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Kesultanan Banjar atau Kesultanan Banjarmasin berdiri pada 1520 dan mendapat pengaruh Islam dari Kerajaan Demak di Jawa. Kesultanan Paser (yang sebelumnya bernama Kerajaan Sadurangas) adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada tahun 1516 dan dipimpin oleh seorang wanita (Ratu I) yang dinamakan Putri Di Dalam Petung. Kerajaan Sukadana terletak di bagian Barat Daya pulau Kalimantan. Islamisasi kerajaan Sukadana dilakukan oleh ulama-ulama dari kerajaan Demak. Selain dari Jawa, Islamisasi di kerajaan ini juga dilakukan oleh pedagang-pedagang Islam dari luar negeri. Kerajaan Sukadana bercorak ekonomi maritim dan pertambangan. Kerajaan ini terkenal dengan hasil tambang emas, perak dan intan. Kesultanan Kutai atau lebih lengkap disebut Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura (Martapura) merupakan kesultanan bercorak Islam yang berdiri pada tahun 1300 oleh Aji Batara Agung Dewa Sakti di Kutai Lama dan berakhir pada 1960. Kemudian pada tahun 2001 kembali eksis di Kalimantan Timur setelah dihidupkan lagi oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan adat Kutai Keraton.

Dengan demikian, beberapa kerajaan Islam di Kalimantan adalah Kesultanan Banjar, Kesultanan Pasir, Kerajaan Sukadana, dan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

0

Roboguru

Sebelum menjadi Kerajaan Banjar, apa nama kerajaan ini?

Pembahasan Soal:

Kesultanan Banjar adalah salah satu kerajaan Islam di Nusantara yang terletak di Kalimantan Selatan. Kesultanan Banjar didirikan pada 1520 M, dengan pusat pemerintahannya berada di Banjarmasin. Sebelumnya Kesultanan Banjar merupakan Kerajaan Negara Daha yang masih bercorak Hindu Buddha. Maharaja Sukarama, Raja Negara Daha telah berwasiat agar penggantinya adalah cucunya yang bernama Raden Samudera. Namun, wasiat tersebut menimbulkan konflik dalam internal kerajaan, dimana anak-anak dari Sukarama juga mempunyai ambisi menjadi raja. Akhirnya terjadi pertempuran, dimana Pangeran Samudera dibantu oleh Kerajaan Demak. Pertempuran tersebut pun dimenangkan oleh Pangeran Samudera. Pangeran Samudra selanjutnya menjadi raja pertama Kerajaan banjar dengan gelar Sultan Suriansyah dan berkedudukan di Bandarmasih.

Dengan demikian, sebelum menjadi Kerajaan Banjar kerajaan tersebut bernama Negara Daha.

0

Roboguru

Jelaskan proses Islamisasi di Maluku!

Pembahasan Soal:

Proses Islamisasi di Maluku terjadi sekitar abad ke-13, pada tahun 1465 seorang pedagang dari Gresik Datu Hussein Maulan datang ke Ternate. Selain seorang pedagang ia juga seorang muballigh dengan pengetahuan Islam yang cukup luas. Dalam proses penyebaran Islam ia berhasil menjalin hubungan dengan Kerajaan Ternate dan membuat seorang penerus kekuasaan Kerajaan Ternate Zainal Abidin berguru kepadanya. Selain itu ZainaL Abidin juga berguru agama Islam ke Sunan Giri.

Sehingga ketika Zainal Abidin diangkat menjadi seorang raja, ia membuat banyak perubahan mengenai sistem kehidupan di Ternate, seperti merubah gelar raja yang tadinya Kolano menjadi Sultan, Kerajaan menjadi Kesultanan, serta menempatkan agama Islam di posisi yang penting pada sistem pemerintahannya. Penyebaran Islam di Maluku melalui jalur perdamaian sehingga tidak ada konflik yang terjadi. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved