Roboguru

Pusat galaksi Bimasakti terletak pada rasi ....

Pertanyaan

Pusat galaksi Bimasakti terletak pada rasi ....

  1. Sagitarius

  2. Virgo

  3. Scorpio

  4. Pisces

  5. Leo

Pembahasan Soal:

Galaksi Bima Sakti atau Mllky Way, merupakan galaksi spiral dan termasuk galaksi tempat bumi berada. Pusat galaksi berada dalam gugusan bintang Sagitarius. Kutub utaranya di Coma Berenices, sedangkan kutub selatannya di Sculptor. Matahari ada di sudut dalam lengan spiral Carina Cygnus kira-kira 32.000 tahun cahaya (9.800 pc) dari pusat galaksi. Diperkirakan galaksi berumur 12-14 biliun tahun dan terdiri atas 100 biliun bintang.

Berdasarkan penjelasan diatas maka pusat dari galaksi Bima Sakti adalah gugusan rasi bintang Sagitarius.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 23 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Galaksi yang berbentuk spiral dan merupakan galaksi tempat Bumi berada adalah ....

Pembahasan Soal:

Galaksi merupakan sekumpulan bintang, planet, gas dan debu yang membentuk komponen sangat besar sehingga dapat diamati dengan teleskop. Bentuk galaksi dibagi menjadi empat, yaitu galaksi spiral, galaksi spiral berpalang, galaksi elips, galaksi tidak beraturan. Galaksi spiral merupakan galaksi dengan bentuk seperti roda atau kincir dengan lengan berbentuk spiral keluar dari pusatnya. Contoh galaksi spiral adalah Galaksi Bimasakti, Galaksi Magellan, Galaksi Triangulum, Galaksi Sculptor. Bumi merupakan salah satu planet yang terletak di dalam Galaksi Bimasakti.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 
 

0

Roboguru

Galaksi kecil yang paling dekat dengan galaksi Bimasakti dan tampak di belahan langit selatan dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem yang terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggotanya yang bergerak mengelilinginya secara teratur. Galaksi Bima Sakti dekat dengan salah satu galaksi kecil yang terlihat dilangit belahan bumi selatan, galaksi itu bernama Magellan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Galaksi Bimasakti disebut juga ....

Pembahasan Soal:

Galaksi adalah kumpulan dari planet, bintang, debu, gas, nebula, dan benda langit lainnya. Galaksi Bimasakti merupakan galaksi spiral dan di dalamnya terdapat tata surya. Galaksi Bimasakti memiliki sebutan dalam dunia internasional sebagai Milky Way, karena menggambarkan penampakannya dari bumi seperti jalur kabut yang terlihat putih seperti susu, atau karena strukturnya terlihat jalur putih di langit malam terbentuk dari bintang-bintang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Pernyataan: (1) mempunyai cahaya sendiri; (2) terdiri atas milyaran bintang; (3) mempunyai bentuk-bentuk tertentu; (4) tersusun dari awan yang mengembang; (5) mengalami pasang dan surut. Ciri-ci...

Pembahasan Soal:

Galaksi merupakan suatu sistem yang terdiri dari bintang, debu, dan gas yang amat luas, di mana anggotanya memiliki gaya tarik menarik (gravitasi). Suatu galaksi pada umumnya terdiri atas miliaran bintang yang memiliki warna, ukuran, dan karakteristik yang sangat beraneka ragam. Beberapa ciri dari galaksi adalah:

  • Galaksi mempunyai cahaya sendiri bukan cahaya pantulan
  • Galaksi-galaksi lainnya dapat terlihat berada di luar galaksi bima sakti
  • Jarak antara galaksi yang satu dengan yang lainnya jutaan tahun cahaya
  • Galaksi mempunyai bentuk-bentuk tertentu, misalnya bentuk spiral, bentuk elips, dan bentuk tidak beraturan (irregular galaxis)

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ciri-ciri galaksi pada soal ditunjukkan pada nomor (1), (2), dan (3). Jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara tata surya, galaksi, dan jagat raya!

Pembahasan Soal:

Jagat Raya adalah ruang tidak terbatas yang di dalamnya terdiri atas semua materi, termasuk tenaga dan radiasi. Jagat raya tidak  dapat diukur, dalam arti batas-batasnya tidak dapat diketahui dengan jelas.

Tata Surya adalah suatu sistem di jagat raya yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet , satelit-satelit alam , asteroid, komet, meteor, debu, kabut, dan benda-benda lainnya sebagai anggotanya yang beredar mengelilingi pusatnya, yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.

Galaksi adalah sekelompok bintang yang membentuk suatu sistem, terdiri atas lebih dari satu benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggota galaksi yang beredar mengelilingi secara teratur.

Jagat raya tidak dapat diukur, batasnya tidak diketahui, Terdiri dari galaksi-galaksi,planet-planet,dan benda angkasa lainnya, sedangkan Tata surya adalah bagian dari Jagat raya ,matahari & benda angkasa seperti planet,komet,dll yang mengelilinginya

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved