Roboguru

Pulau Kalimantan merupakan pulau yang paling aman dari bencana gempa bumi. Hal ini disebabkan oleh...

Pertanyaan

Pulau Kalimantan merupakan pulau yang paling aman dari bencana gempa bumi. Hal ini disebabkan oleh...

  1. tidak dilalui pertemuan lempeng tektonik

  2. tanahnya gambut yang berasal dari bahan organik

  3. banyak terdapat sumber mineral seperti batubara dan minyak bumi

  4. pulaunya terlalu luas

  5. dasar laut cukup dalam

Pembahasan Soal:

Pulau Kalimantan merupakan pulau yang paling aman dari bencana gempa bumi karena pulang ini tidak dilalui pertemuan lempeng tektonik maupun Ring of Fire. Pusat gempat biasanya berasal dari laut atau juga daratan, hal ini disebabkan karena terjadinya pergeseran lempeng yang terjadi kira-kira 7-10 sentimeter per tahunnya. Pergeseran lempeng di darat maupun laut inilah yang dapat menyebabkan guncangan. Selain itu, beberapa struktur sesar yang ada di Kalimantan kondisinya sudah berumur tersier sehingga segmentasinya banyak yang sudah tidak aktif lagi dalam menimbulkan gempa.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan mengapa di wilayah Indonesia banyak terjadi gempa

Pembahasan Soal:

Gempa adalah sebuah peristiwa begetarnya bumi akibat pelepasan energy secara tiba-tiba yang ditandai dengan adanya lapisan batuan kerak bumi yang pecah. Wilayah Indonesia banyak terjadi gempa karena Indonesia secara geografis Indonesia berada di pertemuan 3 lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik yang menyebabkan Indonesia terletak di serangkaian cinci api/ring of fire yang membentang sepanjang lempeng pasifik Pertemuan lempeng ini menciptakan gunung api yang aktivitasnya sering kali menimbulkan gempa bumi. Akibat pertemuan lempeng dan adanya deret gunung api menyebabkan Indonsia berada di busur depan atau zona aktif  yang sering mengalami gempa akibat terdapat patahan aktif atau zona subduksi. 

Roboguru

Erupsi gunung berapi mengeluarkan berbagai material baik eflata, eflusif maupun ekhalasi. Adapun dampak negatif dari letusan gunung berapi tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

 Dampak negatif letusan gunung berapi antara lain:

  1. Pencemaran udara yang disebabkan oleh abu gunung berapi. Abu gunung berapi tersebut mempunyai kandungan zat yang sangat berbahaya yaitu hidrogen sulfide (H²S), sulfur dioksida (SO²), nitrogen dioksida dan material debu yang mengandung racun.
  2. Gas beracun yang dikeluarkan dari gunung api sangat membahayakan bagi manusia ketika manusia menghisap gas tersebut.
  3. Awan panas yang dikeluarkan gunung berapi dapat menewaskan makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan.
  4. Lahar dingin dan panas dapat merusak daerah yang dilaluinya menjadi rata dengan tanah.
  5. Bom lapili dan pasir vulkanik dapat merusak rumah, jembatan, dan daerah pertanian.
  6. Hujan debu dari letusan gunung berapi dapat meluas dan membatasi jarak pandang. Lalu lintas, baik darat maupun udara, mulai terganggu.
  7. Berbagai macam materia yang dikeluarkan gunung berapi dapat menimbulkan bibit penyakit seperti batuk-batuk, infeksi saluran pernapasan, sakit kulit dan lain-lain.
Roboguru

Salah satu faktor fisik yang menyebabkan Jakarta menjadi wilayah langganan banjir adalah ....

Pembahasan Soal:

Daerah Aliran Sungai terbagi menjadi tiga bagian, yaitu daerah hulu, tengah, dan hilir. Daerah hilir sungai merupakan daerah yang paling banyak menerima air, oleh karena itu daerah ini harus memiliki penampang sungai yang besar agar bisa menampung aliran sungai yang menyatu ke sungai utama di bagian hilir sungai tersebut. Jakarta merupakan bagian hilir dari tiga belas sungai yang melaluinya, yaitu Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, Mookervart, Angke, Krukut, Grogol,  Baru Timur, Cipinang, Sunter, Buaran, Jati Kramat, dan Cakung. Hal inilah yang menyebabkan Jakarta menjadi wilayah langganan banjir. Perubahan penggunaan lahan yang sangat pesat di Jakarta memperparah keadaan banjir di Jakarta. Frekuensi banjir di Jakarta semakin sering terjadi seiring dengan perubahan penggunaan lahan yang terjadi di Jakarta. Penampang sungai di Jakarta menjadi lebih sempit akibat pembangunan yang terjadi, sehingga jalan air menjadi lebih kecil dan air akan meluap saat hujan lebat. Saat kondisi tersebut terjadi, maka banjir pun tidak dapat dielakkan. space space 

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan La nina dan El nino?

Pembahasan Soal:

El Nino dan La Nina merupakan gejala alam karena perubahan iklim Bumi, keduanya memiliki perbedaan:

  1. El Nina adalah kejadian di mana suhu air laut yang ada di Samudra Pasifik memanas di atas rata-rata suhu normal. sebuah peristiwa yang terjadi dan diamati oleh penduduk dan nelayan dari Peru dan Ekuador yang bermukim di sekitar pantai Samudera Pasifik bagian timur, yang basanya terjadi pada Desember.
  2. La Nina adalah peristiwa turunnya suhu air laut di Samudera Pasifik bagian timur di bawah suhu rata rata sekitarnya. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya suhu perairan di Pasifik timur dan tengah yang mengakibatkan meningkatnya suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada diatasnya
Roboguru

Perhatikan peta berikut! Sumber: https://todaybirthday.pw/sketsa-gambar-peta-indonesia-hitam-putih.html, diunduh 20 Juli 2019; Pengolah gambar: Annisa Yenita Potensi bencana yang ditimbulkan akibat...

Pembahasan Soal:

Gambar di atas adalah gambar peta jalur subduksi atau pertemuan lempeng benua dengan lempeng samudera. Zona subduksi adalah area di mana dua lempeng bertemu yang membentuk deretan gunung berapi dan gempa bumi. Daerah pertemuan antarlempeng di lokasi zona subduksi disebut sebagai patahan gempa, atau sebuah megathrust. Akibatnya daerah yang dilalui jalur subduksi dapat mengalami gempa tektonik dengan skala yang besar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved