Roboguru

Proses perubahan zat-zat anorganik menjadi zat organik menggunakan energi dari reaksi kimia yang disebut ....

Pertanyaan

Proses perubahan zat-zat anorganik menjadi zat organik menggunakan energi dari reaksi kimia yang disebut ....space space 

  1. fotosintesisspace space 

  2. fermentasispace space 

  3. kemosintesisspace space 

  4. plasmolisis space space 

  5. respirasispace space 

Pembahasan Soal:

Kemosintesis adalah proses perubahan zat-zat anorganik menjadi zat organik menggunakan energi dari reaksi kimia. Salah satu contoh dari kemosintesis adalah nitrifikasi yaitu proses perubahan amonia menjadi nitrit/nitrat dengan bantuan bakteri Nitrosococcus, Nitrosomonas dan Nitrobacter.space space 

Jadi, jawaban yang benar adalah Cspace space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. El

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Organisme yang termasuk kemoautotrof adalah ….

Pembahasan Soal:

Contoh organisme yang melakukan kemosintesis disebut  organisme kemoautotrof. Organisme kemoautotrof diantaranya adalah bakteri belerang, bakteri besi, bakteri nitrifikasi, bakteri hidrogen dan archaebacteria seperti kelompok metanogen. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Diantara pernyataan pernyataan berikut yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Selain fotosintesis, anabolisme juga meliputi kemosintesis. Kemosintesis adalah reaksi biosintesis yang menggunakan energi dari reaksi kimia. Kemosintesis dilakukan oleh beberapa jenis bakteri, misalnya bakteri nitrit (Nitrosomonas dan Nitrosococcus), bakteri nitrat (Nitrobacter), bakteri belerang (Thiobacillus, Beggiatoa, dan Thiothrix), serta bakteri besi (Cladothrix). Bakteri-bakteri tersebut dinamakan mikroorganisme kemosintetik. Reaksi-reaksi kimia tersebut menghasilkan energi yang akan digunakan untuk sintesis karbohidrat dari sumber karbon anorganik. Sumber karbon yang dapat digunakan dapat berupa karbon dioksida, karbonat, atau metana.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.  

Roboguru

Perhatikan reaksi kimia berikut ini!                Proses kemosintesis ditunjukkan pada reaksi ….

Pembahasan Soal:

Kemosintesis adalah sintesis zat makanan seperti karbohidrat dengan menggunakan sumber energi dari hasil oksidasi suatu molekul kimia. Umumnya kemosintesis dilakukan oleh bakteri, diantaranya bakteri sulfur yang menggunakan reaksi kimia nomor 2 dan bakteri hidrogen menggunakan reaksi nomor 4. Keduanya melakukan reaksi kimia untuk memperoleh energi yang akan digunakan untuk mensintesis zat makanan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Perhatikan molekul-molekul kimia dibawah ini!                Substrat yang digunakan dalam proses kemosintesis antara lain ….

Pembahasan Soal:

Proses kemosintesis menghasilkan molekul organik dengan sumber energi yang berasal dari reaksi kimia. Reaksi kimia dalam kemosintesis umumnya menggunakan substrat yang berasal dari sulfur (S), metana begin mathsize 12px style open parentheses C H subscript 4 close parentheses end style , ammonium begin mathsize 12px style open parentheses N H subscript 2 close parentheses end style , dan ion besi begin mathsize 12px style open parentheses Fe to the power of 2 plus sign close parentheses end style . Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Kemosintesis adalah pembentukan molekul organik dengan menggunakan energi kimia. Energi kimia tersebut didapatkan dari ….

Pembahasan Soal:

Organisme yang melakukan kemosintesis adalah kemoautotrof. Jadi sebelum melakukan penyusunan makanan, organisme kemoautotrof akan terlebih dahulu melakukan oksidasi atau reduksi terhadap suatu senyawa kimia sehingga akan dibebaskan sejumlah energi yang  selanjutnya akan digunakan untuk menyusun molekul organik seperti glukosa atau karbohidrat lainnya. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved